Universitas Hafshawaty Zainul Hasan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Universitas Hafshawaty Zainul Hasan disingkat sebagai UNHASA, adalah perguruan tinggi di Indonesia. Kampus utamanya terletak di bagian Utara dari Pesantren Zainul Hasan Genggong Probolinggo, Jawa Timur. UNHASA merupakan institusi pendidikan tinggi yang dicanagkan untuk fokus pada Kesehatan dan Kedokteran bebrbasis Kepesantrenan.

Cikal-bakal terbentuknya Universitas Hafshawaty Zainul Hasan adalah ketika Pesantren Zainul Hasan Genggong mendirikan sebuah akademi yang bertujuan untuk menghasilkan asisten kesehatan tambahan yang memegang sertifikat untuk melakukan perawatan-perawatan dan Kebidanan. Secara resmi, UNHASA memulai kegiatannya pada 2002 dengan nama Resmi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Hafshawaty (saat Itu disebut STIKES & AKBID Hafshawaty) Kampus ini diprakarsai oleh KH. Moh. Hasan Mutawakkil 'Alallah, S.H., M.M.. Tanggal tersebut dijadikan hari kelahiran UNHASA.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pesantren Zainul Hasan Genggong Melalui Yayasan Hafshawaty memiliki 3 institusi Pendidikan Kesehatan yaitu Akademi Keperawatan, Akademi Kebidanan dan STIKES Hafshawaty Zainul Hasan. Akademik Keperawatan didirikan sejak tahun 2002 dengan Ijin operasional Kepmendiknas RI Nomor 201/ D/ O/ 2002, dan Akademi Kebidanan didirikan sejak tahun 2007 dengan ijin operasional 234/ D/ O/ 2007, sedangkan STIKES Hafshawaty Zainul Hasan di dirikan sejak 30 Oktober 2008. Penyelenggaraan Sekolah Tinggi Ilmu kesehatan (STIKES) Hafshawaty Pesantren Zainul Hasan berdasarkan Keputusan Menteri pendidikan Nasional No. 234 /D /O / 2008 tanggal 22 Desember 2008 tentang Pemberian Ijin penyelenggaraan program Studi S1 Keperawatan dan D IV Kebidanan dan pendirian STIKES Hafshawaty Pesantren Zainul Hasan Genggong diselenggarakan oleh Yayasan Hafshawaty Pesantren Zainul Hasan Genggong. Pada tahun 2014 terselengara Pendidikan profesi Ners dengan ijin Operasional No.265/E/O/2014 STIKES Hafshawaty Pesantren Zainul Hasan Genggong mengelola 3 program studi, yaitu: S1 Keperawatan, D IV Kebidanan dan Profesi Ners.

Alih Bentuk ke Universitas[sunting | sunting sumber]

Mula mula Ketiga institusi Kesehatan yaitu Akademi Keperawatan, Akademi Kebidanan dan STIKES Hafshawaty Zainul Hasan mulai merger pada tahun 2018 dan berganti nama menjadi STIKES HAFSHAWATY PESANTREN ZAINUL HASAN (STIKES HPZH) dengan Ijin Operasional Kepmenristekdikti Nomor 106/ KPT/ I/ 2018 pada tanggal 2 Februari 2018. Kemudian Pada 31 Oktober 2023 Diumumkan Bahwa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Hafshawaty Pensantren Zainul Hasan Genggong Menjadi; Universitas Hafshawaty Zainul Hasan.

sebelumnya STIKES HPZH telah melakukan pengembangan program Pendidikan dengan menyelenggarakan Program Pendidikan Profesi Bidan (S1 Kebidanan dan Profesi Bidan), Prodi S1 Farmasi Klinik dan Komunitas. Dengan didirikannya Prodi Pendidikan Profesi Bidan pada tahun 2019, maka secara resmi Program Studi D IV Kebidanan di tutup dan diganti menjadi program studi Pendidikan Profesi Bidan pada tahun 2020. Adapun ijin operasional program studi Pendidikan Profesi Bidan yaitu Kepmenristekdikti Nomor 834/ KPT/I/2019 dan Ijin Operasional Program Studi Farmasi Klinik dan Komunitas yaitu Kepmendikbud RI Nomor 191/M /2020.

UNHASA dianggap memiliki tujuan dasar yaitu menciptakan alumni yang memiliki daya saing. Hasil tracer studi bahwa lama waktu tunggu lulusan untuk program regular pada seluruh program studi ≤ 3 bulan dan bekerja sesuai bidang ≥ 90%. Sedangkan untuk program alih jenjang, alumni telah bekerja sejak saat menjadi mahasiswa dan melanjutkan studi untuk kepentingan peningkatan jenjang karir. Alumni program reguler berasal dari berbagai provinsi meliputi Jawa Timur, Kalimantan, Bali, Lombok, NTT, NTB, Sulawesi. Sedangkan Program alih jenjang berasal dari dalam dan luar negeri yaitu seluruh Provinsi Jawa Timur, dan Timor Leste.

Peluang kerja alumni selain di institusi pelayanan meliputi RS, Puskesmas, Klinik, Praktik Mandiri dan Institusi Pendidikan Kesehatan, Juga memiliki peluang bekerja di Luar negeri dengan negara tujuan Taiwan, China, Jepang, Arab dan akan berlanjut Kerjasama dengan Negara Singapura

Kerjasama Luar Ngeri[sunting | sunting sumber]

  • CHEERS Corparation
  • Prachomklao college of nursing,Phetchaburi, Petchaburi, Phetchaburi, Thailand
  • eTraining SEAMEO SEAMOLEC
  • The Board of Trustees (BOT) of Mountain Province State Polytechnic College (MPSPC)
  • Emilio Aguinaldo College (EAC) Manila
  • Burapha University Thailand

Lihat Pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • PWNU Jawa Timur, Majalah Aula PWNU No. 08 tahun IX/Oktober/1987. PWNU Jatim, Surabaya.
  • Umar, Arif. dkk. 1989. Pesantren Zainul Hasan Genggong; 150 Tahun menebar ilmu di jalan Allah, YPPZH Genggong, Probolinggo.
  • Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Jawa Timur, Majalah Aula PWNU Jatim No. 07 Tahun XIII/Juli/1991, PWNU Jatim, Surabya.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]