Unit imajiner

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
i di kompleks atau pesawat cartesius. Bilangan riil terletak pada sumbu horizontal, dan bilangan imajiner terletak pada sumbu vertikal

Unit imajiner atau angka imajiner unit () adalah solusi untuk persamaan kuadrat 2 . Meskipun tidak ada bilangan riil dengan properti ini, dapat digunakan untuk memperluas bilangan riil ke apa yang disebut bilangan kompleks, menggunakan penjumlahan dan perkalian. Contoh sederhana penggunaan dalam bilangan kompleks adalah .

Bilangan imajiner adalah konsep matematika yang penting, yang memperluas sistem bilangan riil ℝ ke sistem bilangan kompleks ℂ, yang pada gilirannya menyediakan setidaknya satu akar fungsi untuk setiap polinomial yang tidak konstan. Istilah "imajiner" digunakan karena tidak ada bilangan riil yang memiliki kuadrat negatif.

Ada dua akar kuadrat kompleks −1 , yaitu dan , sama seperti ada dua akar kuadrat kompleks dari setiap bilangan riil selain nol, yang memiliki satu akar kuadrat ganda.

Dalam konteks di mana ambigu atau bermasalah, atau ι Yunani kadang-kadang digunakan. Dalam disiplin teknik elektro dan rekayasa sistem kontrol, unit imajiner biasanya dilambangkan dengan bukan , karena biasanya digunakan untuk menunjukkan arus listrik.