Umukia merah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Tadorna ferruginea
Pair of ruddy shelducks
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Ordo:
Famili:
Subfamili:
Genus:
Spesies:
T. ferruginea
Nama binomial
Tadorna ferruginea
(Pallas, 1764)
Sinonim

Casarca ferruginea
Anas ferruginea
Casarca rutila

Tadorna ferruginea
Tadorna ferruginea

Tadorna ferruginea,atau umukia merah yang dikenal di India sebagai bebek Brahminy, adalah sebuah anggota dari famili Anatidae. Hewan tersebut memiliki panjang 58 hingga 70 cm (23 hingga 28 in) dengan rentang sayap seukuran 110 hingga 135 cm (43 hingga 53 in). Hewan tersebut memiliki tubuh jingga kecoklatan. Hewan tersebut merupakan seekor burung migratori, menjalani musim dingin di anak benua India dan melakukan pembuahan di tenggara Eropa dan Asia Tengah, meskipun terdapat sejumlah kecil di Afrika Utara.

Karakteristik[sunting | sunting sumber]

T. ferruginea jantan memiliki bulu berwarna oranye kemerahan yang mencolok. Pada wajahnya terdapat tanda berwarna keputihan. Sayapnya memiliki bulu berwarna putih yang kontras dengan sayap terbang berwarna gelap di atas dan di bawah. Paruhnya berwarna hitam. Begitu pula dengan bagian kerahnya. Betinanya ditandai dengan wajah yang sangat putih dan tanpa adanya corak hitam pada bagian kerahnya[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ BirdLife International (2012). "Tadorna ferruginea". IUCN Red List of Threatened Species. Version 2013.2. International Union for Conservation of Nature. Diakses tanggal 26 November 2013. 
  2. ^ Robson, Craig (2020-02-06). Field Guide to the Birds of South-East Asia (dalam bahasa Inggris). Bloomsbury Publishing. hlm. 40. ISBN 978-1-4729-8139-4. 

Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "AEWA" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Kear" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Stockley1923" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.

Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Garcia" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]