Ular babi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Ular babi
Status konservasi
Klasifikasi ilmiah
Kingdom: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Reptilia
Ordo: Squamata
Subordo: Serpentes
Famili: Colubridae
Subfamili: Colubrinae
Genus: Coelognathus
Spesies: C. flavolineatus
Nama binomial
Coelognathus flavolineatus
(Schlegel, 1837)
Sinonim
  • Coluber flavolineatus Schlegel, 1837
  • Elaphe flavolineata

Ular babi atau yang juga dikenal dengan nama ular tembaga hitam atau ular bergaris kuning adalah sejenis ular dari genus Coelognathus.[2] Tersebar di Asia Tenggara.

Pengenalan[sunting | sunting sumber]

Deskripsi tubuh[sunting | sunting sumber]

Ular ini berukuran besar panjang totalnya dapat mencapai 1800 mm. Bagian atas kepala berwarna coklat atau kehitaman. Bibirnya berwarna pucat. Ada garis coreng hitam di bawah mata berlanjut sampai ke bibir bawahnya. Selanjutnya ada garis coreng berwarna hitam di belakang mata dan dari sisik temporal ke daerah leher. Punggung berwarna coklat gelap atau kehitaman dengan garis vertebral berwarna kemerahan (merah bata) yang sisinya hitam. Pada ventrolateral bintik-bintik hitam di kedua sisi yang hanya ada di bagian anterior badan. Perut bagian anterior kekuningan, dan di bagian posterior coklat atau kehitaman. Ular yang muda pada bagian anterior badan mempunyai bentuk lingkaran hitam dengan warna kuning ditengahnya.

Panjang jarak antara moncong-anus mencapai 1400 mm. Sisik pada bibir atasnya berjumlah 9, sisik keempat sampai keenam menyentuh mata. Sisik preocular tunggal dan besar. Sisik-sisik postocular 2. Sisik loreal panjang. Sisik-sisik temporal 2+2 atau 2+3. Sisik dorsal pada bagian tengah badannya berjumlah 19 baris, berlunas kuat kecuali satu atau dua baris dekat bagian ventral. Sisik-sisik ventral berjumlah 193-234 dan bagian pinggirnya berlunas lemah. Seluruh sisik pada supracaudal sangat berlunas. Sisik anal tunggal. Sisik-sisik subcaudal berjumlah 89-115 dan ganda, semua sisiknya berlunas lemah pada bagian pinggirnya.

Kebiasaan[sunting | sunting sumber]

Ular ini umum ditemukan pada habitat dataran rendah dengan ketinggian mencapai 1000 m di atas permukaan laut, terutama sekali daerah-daerah yang habitatnya terganggu. Aktifitas hariannya di pagi dan siang hari, kadangkala terlihat di atas pohon. Makanannya utamanya adalah mamalia kecil seperti tikus. Perkembang-biakannya dengan cara bertelur, betina akan mengeluarkan kira-kira sebanyak 12 telur.

Agihan[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Informasi Lainnya[sunting | sunting sumber]