Ular tikus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
?Ular tikus
Ular sapi Sunda Kecil, Coelognathus subradiatus
Ular sapi Sunda Kecil, Coelognathus subradiatus
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Upafilum: Vertebrata
Kelas: Reptilia
Ordo: Squamata
Upaordo: Serpentes
Famili: Colubridae
Upafamili: Colubrinae
Bangsa:
  • Elapheini
  • Lampropeltini


Ular tikus bahasa Inggris: Rat snake atau Ratsnake adalah sebutan umum bagi beraneka jenis ular dalam familia colubridae dan upafamili colubrinae. Ular-ular ini kebanyakan ditemukan di belahan bumi utara. Di Indonesia juga ditemukan berapa spesies ular tikus. Mereka dianggap sebagai pemangsa tikus efektif di sawah, perkebunan, dan pekarangan.

Taksonomi[sunting | sunting sumber]

Ular banteng, Ptyas carinata
Ular tikus lintang utara, Elaphe sp.
Ular tikus Eropa, Zamenis sp.
Ular tikus raja, Pantherophis obsoletus
Ular jagung Amerika, Pantherophis guttatus

Belakangan ini, terjadi beberapa perdebatan taksonomi yang memperdebatkan marga ular tikus yang terdapat di Amerika utara. Berdasarkan DNA mitokondria, Utiger et al. (2002) menunjukan bahwa ular tikus Amerika Utara termasuk ke dalam genus Elaphe, bersama dengan beberapa marga lainya seperti Pituophis dan Lampropeltis, membentuk sebuah kelompok monofiletik yang terpisah dari spesies-spesies yang berasal dari dunia lama (Asia atau Eurasia). Namun ada juga yang menginginkan agar nama Pantherophis digunakan untuk menyebut seluruh marga ular tikus yang hidup di Amerika Utara (bagian utara Meksiko).[1][2] Crother et al. (2008) pada akhirnya sepakat untuk merubah nama marga menjadi Pantherophis.[3]

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Semua jenis ular tikus bertubuh ramping, silindris, dan gesit. Mereka membunuh mangsanya dengan cara membelit. Mangsa utama mereka adalah beraneka jenis hewan pengerat tanah berukuran kecil, terutama tikus, sesuai dengan namanya. Mereka hidup di berbagai habitat mulai dari hutan hujan, daerah sekitar sungai, sabana, pemukiman penduduk, perkebunan, persawahan, kuburan, bahkan tempat pembuangan sampah; Dimanapun mereka dapat menemukan tikus dengan jumlah yang banyak. Sehingga keberadaan ular-ular ini selalu dianggap menguntungkan bagi para petani karena mereka adalah pembasmi hama alami. Di Indonesia sendiri, sebutan ini paling umum mengacu pada jenis-jenis berikut:

Kelompok-kelompok ular tikus[sunting | sunting sumber]

Di Eurasia[sunting | sunting sumber]

Kelompok ular tikus di Eropa dan Asia umumnya adalah rumpun Elapheini. Marga ular tikus dari rumpun bangsa tersebut diantaranya:

Di Amerika[sunting | sunting sumber]

Kelompok ular tikus di Amerika umumnya adalah rumpun Lampropeltini, sekerabat dengan ular raja. Marga ular tikus dari Amerika diantaranya:

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Utiger, U., Helfenberger, N., Schätti, B., Schmidt, C., Ruf, M., & Ziswiler, V. (2002). "Molecular systematics and phylogeny of Old and New World ratsnakes, Elaphe auct., and related genera (Reptilia, Squamata, Colubridae)" (PDF). Russian Journal of Herpetology 9 (2): 105–124. 
  2. ^ Elaphe obsoleta at The Center for North American Herpetology. Accessed 20 June 2008.
  3. ^ Crother BI, et al. (2008) Scientific and Standard English Names of Amphibians and Reptiles of North America North of Mexico: 6th edition. Herp. Rev. 37, pp. 58–59. or see pp. 64 ff in the 7th edition.

Sumber utama[sunting | sunting sumber]