Tusam batu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Tusam batu
Pinus pinea
Status konservasi
Risiko rendah
IUCN42391
Taksonomi
DivisiPinophyta
KelasPinopsida
OrdoPinales
FamiliPinaceae
GenusPinus
SpesiesPinus pinea
Linnaeus, 1753
Distribusi

Distribution map

Tusam batu, nama botani Pinus pinea, juga dikenal sebagai tusam batu Italia, tusam batu mediterania, tusam payung dan tusam parasol, merupakan pohon dari keluarga tusam ( Pinaceae ). Pohon ini berasal dari wilayah Mediterania, tumbuh di Eropa Selatan dan Levant . Spesies ini diperkenalkan ke Afrika Utara ribuan tahun yang lalu, dan juga dinaturalisasi di Kepulauan Canary, Afrika Selatan, dan New South Wales .

Tusam batu telah digunakan dan dibudidayakan untuk diambil kacang pinusnya sejak zaman prasejarah. Mereka tersebar luas dalam budidaya hortikultura sebagai pohon hias, ditanam di kebun dan taman di seluruh dunia. Tanaman ini telah mendapatkan Penghargaan Garden Merit dari Royal Horticultural Society . [2]

Distribusi[sunting | sunting sumber]

Kisaran Pinus pinea prasejarah mencakup Afrika Utara di wilayah Gurun Sahara dan Maghreb selama periode iklim yang lebih lembab, di Maroko, Aljazair, Tunisia, dan Libya saat ini. Sebaran alam kontemporernya berada di hutan Mediterania, kawasan hutan, dan ekoregion serta negara-negara bioma semak belukar, termasuk berikut ini:

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Tusam batu di Brissago, di Danau Maggiore

Tusam batu adalah pohon malar hijau jenis konifera yang tingginya bisa melebihi 25 meter (80 kaki), tetapi tingginya 12–20 m (40–65 ft) lebih khas. Di masa muda, bentuknya bulat lebat, saat tua, kanopi payung di batang tebal, dan, di usia dewasa, mahkota lebar dan datar berusia lebih dari 8 m (26 ft) . lebarnya. [3] Kulit kayunya tebal, berwarna merah kecokelatan, dan retak dalam menjadi pelat vertikal lebar.

Dedaunan

Daun hijau tengah yang fleksibel berbentuk seperti jarum, dalam tandan dua, dan berukuran 10–20 cm (4–8 in) panjang (sangat sampai 30 cm or 12 in ). Pohon muda hingga 5–10 berumur tahun mempunyai daun juvenil yang sangat berlainan, tunggal (tidak berpasangan),2–4 cm (341+12 in) panjang, biru kehijauan mengkilap; daun dewasa tampak bercampur dengan daun remaja mulai tahun keempat atau kelima, menggantikannya sepenuhnya sekitar tahun kesepuluh. Daun remaja juga dihasilkan dalam pertumbuhan kembali setelah cedera, seperti patah pucuk, pada pohon tua.

Kerucutnya lebar, bulat telur, 8–15 cm (3–6 in) panjang, dan ambil 36 bulan untuk matang, lebih lama dari pinus lainnya. Bijinya ( kacang pinus, piñones, pinhões, pinoli, atau pignons ) berukuran besar,2 cm (34 in) panjang, berwarna coklat pucat dengan lapisan hitam pekat yang mudah terkelupas, dan belum sempurna4–8 mm (532516 in) sayap yang mudah lepas. Sayapnya tidak efektif untuk penyebaran angin, dan benihnya disebarkan oleh hewan, awalnya terutama oleh kucica iberia, namun belakangan ini sebagian besar oleh manusia .

Manfaat[sunting | sunting sumber]

Makanan[sunting | sunting sumber]

Pinus pinea telah dibudidayakan secara luas setidaknya selama 6.000 pohon bertahun-tahun untuk kacang pinus yang dapat dimakan, yang telah menjadi barang dagangan sejak masa awal sejarah. Pohon ini telah lama dibudidayakan di seluruh wilayah Mediterania sehingga telah dinaturalisasi, dan sering dianggap asli di luar jangkauan alaminya.

Hiasan[sunting | sunting sumber]

Pohon tusam batu adalah salah satu simbol Roma saat ini.[4] Ini pertama kali ditanam di Roma pada masa Republik Romawi, di mana banyak jalan bersejarah Romawi, seperti Via Appia, (dan masih) dihiasi dengan barisan pohon tusam batu. Tusam batu ditanam di perbukitan selat Bosphorus di Istanbul untuk tujuan hiasan selama periode Ottoman . Di Italia, tusam batu telah menjadi elemen lanskap estetika sejak periode taman Renaisans Italia . Pada tahun 1700-an, P. pinea mulai diperkenalkan sebagai pohon hias ke kawasan beriklim Mediterania lainnya di dunia, dan kini sering ditemukan di kebun dan taman di Afrika Selatan, California, dan Australia. Ia telah dinaturalisasi di luar kota-kota di Afrika Selatan hingga terdaftar sebagai spesies invasif di sana. Itu juga ditanam di Eropa Barat hingga Skotlandia selatan, dan di Pantai Timur Amerika Serikat hingga New Jersey.

Lainnya[sunting | sunting sumber]

Produk lain yang bernilai ekonomi termasuk resin, kulit kayu untuk ekstraksi tanin, dan cangkang kerucut pinus kosong untuk bahan bakar. Pinus pinea juga saat ini banyak dibudidayakan di sekitar Mediterania untuk perlindungan lingkungan seperti konsolidasi bukit pasir pantai, konservasi tanah dan perlindungan tanaman pertanian pesisir.[5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Farjon, A. (2013). "Pinus pinea": e.T42391A2977175. doi:10.2305/IUCN.UK.2013-1.RLTS.T42391A2977175.en. 
  2. ^ "Pinus pinea". Royal Horticultural Society. Diakses tanggal 23 July 2013. 
  3. ^ "Pinus pinea". Royal Horticultural Society. Diakses tanggal 23 July 2013. 
  4. ^ Povoledo, Elisabetta (2023-08-13). "Rome's Iconic Umbrella Pines Imperiled by Pests and the Ax". The New York Times (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-08-14. 
  5. ^ Fady, B.; Finesch, S.; Vendramin, G. (2004), Italian stone pine − Pinus pinea: Technical guidelines for genetic conservation and use (PDF), European Forest Genetic Resources Programme