Tujuan Pembangunan Berkelanjutan 4

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Tujuan Pembangunan Berkelanjutan 4 (Pendidikan Berkualitas)
Misi"Menjamin Kualitas Pendidikan yang Inklusif dan Merata serta Meningkatkan Kesempatan Belajar Sepanjang Hayat untuk Semua"
Komersial?Tidak
Jenis proyekNon-Profit
LokasiGlobal
PendiriPerserikatan Bangsa-Bangsa
Dimulai2015
Situs websdgs.un.org

Tujuan Pembangunan Berkelanjutan 4 merupakan salah satu tujuan yang dirumuskan dan disepakati bersama oleh para pemimpin negara anggota PBB pada tahun 2015, tujuannya yaitu pendidikan berkualitas. Pernyataan misi dari tujuan keempat ini adalah "Menjamin Kualitas Pendidikan yang Inklusif dan Merata serta Meningkatkan Kesempatan Belajar Sepanjang Hayat untuk Semua".[1] Dengan pendidikan kita dapat menciptakan manusia yang intelek sehingga pendidikan merupakan suatu nilai dasar pada setiap manusia.[2] Untuk menciptakan generasi muda yang dapat membawa perubahan-perubahan positif, dunia ini membutuhkan pendidikan berkualitas. Bukan hanya pendidikan formal, namun juga pendidikan yang dapat membimbing pola pikir generasi muda dan pendidikan yang inovatif agar dapat mendorong jiwa kreatif mereka sehingga dapat melaksanakan konsep pembangunan berkelanjutan dalam kehidupan yang aplikatif.[3]

Untuk mengukur tingkat capaian, tujuan keempat ini memiliki 10 target dan 11 indikator. Dari 10 target, 7 diantaranya adalah outcome yang diharapkan yaitu pendidikan dasar dan menengah gratis; akses yang sama ke pendidikan pra-sekolah dasar dan pendidikan anak usia dini yang berkualitas; pendidikan teknik, kejuruan dan tinggi yang terjangkau; peningkatan jumlah orang dengan keterampilan yang relevan untuk kesuksesan finansial; penghapusan segala diskriminasi dalam pendidikan; literasi dan numerasi universal; dan pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan dan kewarganegaraan global. 3 target lainnya berupa cara untuk mencapai tujuan, yaitu membangun dan meningkatkan sekolah inklusif dan aman; memperluas beasiswa pendidikan tinggi untuk negara berkembang; dan meningkatkan jumlah tenaga pendidik yang berkualitas di negara-negara berkembang.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ MM, Dr Adis Imam Munandar, S. Si; MM, Dr Agus Heru Darjono, SE; M.Si, Zeffa Aprilasani, ST (2019-05-01). Pembangunan Berkelanjutan: Studi Kasus Di Indonesia. Bypass. ISBN 978-602-1667-67-5. 
  2. ^ "Goal 4: Quality education". The Global Goals. Diakses tanggal 2023-01-01. 
  3. ^ Bappenas. "Tujuan 3-Pendidikan Berkualitas". Bappenas. Diakses tanggal 2023-01-01. 
  4. ^ Said, Ali; et al. Potret Awal Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals) di Indonesia (PDF). Jakarta: Badan Pusat Statistik. ISBN 9786024380717.