Tugu Pensil Kulon Progo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Tugu Pensil Kulon Progo
ꦠꦸꦒꦸꦥꦺꦴꦠ꧀ꦭꦺꦴꦠ꧀ꦏꦸꦭꦺꦴꦤ꧀ꦥꦿꦒ
JenisTugu ikonik
LokasiDusun Kenteng, Desa Demangrejo, Kecamatan Sentolo, Kabupaten Kulon Progo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta
Dibuka1962 (perkiraan)
Dioperasikan olehPemerintah Kabupaten Kulon Progo
StatusDibuka (sepanjang hari)

Tugu Pensil Kulon Progo atau Tugu B3B Kulon Progo (Jawa: ꦠꦸꦒꦸꦥꦺꦴꦠ꧀ꦭꦺꦴꦠ꧀ꦏꦸꦭꦺꦴꦤ꧀ꦥꦿꦒ, translit. Tugu Potlot Kulon Praga) adalah tugu ikonik berbentuk pensil raksasa yang berlokasi di Dusun Kenteng, Desa Demangrejo, Kecamatan Sentolo, Kabupaten Kulon Progo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Tugu ini menjadi monumen penanda upaya Pemerintah Kabupaten Kulon Progo dalam memberantas B3B.

Keadaan bangunan[sunting | sunting sumber]

Tugu Pensil merupakan monumen yang menadakan upaya Pemerintah Kabupaten Kulon Progo dalam memberantas B3B, yaitu buta aksara dasar, buta bahasa Indonesia, dan buta pengetahuan dasar. Inilah yang membuat tugu ini juga disebut dengan Tugu Bebas 3 Buta (B3B) Kulon Progo.

Tugu tersebut terletak di pertigaan jalan provinsi yang menghubungkan akses antara Kulon Progo dan Purworejo (ke arah barat), Bantul (ke arah selatan), dan Yogyakarta (ke arah utara).[1] Tugu itu memiliki tinggi + 4 meter dan berwarna merah hati. Untuk memperindah tugu ini, dibangun taman di sekitarnya, meskipun tidak terlalu luas. Tidak jauh dari tugu tersebut terdapat tugu peringatan kecelakaan yang menggunakan bangkai mobil kijang, serta halte untuk menunggu bus yang melalui jalan provinsi.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]