Tu Youyou

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Tu Youyou
屠呦呦
Lahir 30 Desember 1930 (umur 87)
Ningbo, Zhejiang, Tiongkok
Kebangsaan Chinese
Bidang Clinical medicine
Medicinal chemistry
Institusi China Academy of Traditional Chinese Medicine
Alma mater Peking University Medical School / Beijing Medical College (now Peking University Health Science Center)
Dikenal karena Traditional Chinese medicine
Chinese herbology
Artemisinin
Dihydroartemisinin
Penghargaan Albert Lasker Award for Clinical Medical Research (2011)
Warren Alpert Foundation Prize (2015)
Nobel Prize in Physiology or Medicine (2015)
Tu Youyou
Hanzi: 屠呦呦

Tu Youyou (lahir 30 Desember 1930; umur 87 tahun) adalah seorang ilmuwan biologi dan farmasi, warga-negara Tiongkok yang memperoleh Penghargaan Nobel Kedokteran tahun 2015 bersama William C. Campbell dan Satoshi Ōmura untuk hasil karya mereka dalam menemukan metode terapi melawan infeksi cacing dan penyakit malaria.

Empat puluh ahun lalu sebuah proyek militer rahasia di China menghasilkan salah satu penemuan terbesar dalam pengobatan modern. Artemisinin tetap menjadi pengobatan yang paling efektif bagi malaria hingga saat ini dan telah menyelamatkan jutaan nyawa. Hingga saat ini asal muasal obat tersebut masih menjadi misteri.

“Saya berada dalam sebuah pertemuan dengan semua ahli malaria China di Shanghai pada tahun 2005 dan saya bertanya siapa yang menemukan artemisinin,” kata Louis Miller, seorang peneliti malaria di Institute Kesehatan Nasional (National Institute of Health) di Rockville, Maryland, Amerika. “Saya terkejut bahwa tidak ada seorangpun yang tahu.”

Miller dan  koleganya di NIH, Xinzhuan Su mulai menggali sejarah obat tersebut. Setelah mempelajari berbagai surat, buku-buku catatan dan transkrip-transkrip asli dari para peneliti dari pertemuan-pertemuan yang pada saat itu masih menjadi rahasia, mereka menyimpulkan bahwa penghargaan utama harus diberikan kepada ahli farmasi Tu Youyou. Tu menerima penghargaan tertinggi di bidang medis di Amerika, yaitu The Lasker. [1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Nobel Prize goes to modest woman who beat malaria for China". New Scientist (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2018-03-10. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]