Fritz Albert Lipmann

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Fritz Albert Lipmann

Fritz Albert Lipmann (12 Juni 189924 Juli 1986) ialah biokimiawan Jerman-Amerika Serikat.

Ia lahir di Konigsberg, Jerman (kini Kaliningrad, Rusia). Dari 1917 hingga 1922, ia belajar kedokteran di Koenigsberg, Berlin, dan Munchen. Pada 1924, Lipmann mendapatkan gelar dokter di Universitas Berlin. Pada 1926, ia menjadi asisten di Institut Kaiser Wilhelm di bawah arahan Otto Meyerhof. Pada 1927, Lipmann kembali ke Berlin Universität untuk mendapatkan gelar PhD. Ia kembali ke Kaiser-Wilhelm-Gesellschaft pada 1930, namun menghabiskan waktu setahun sebagai Mahasiswa Rockefeller yang mengadakan penelitian di laboratorium universitas itu. Pada 1932, ia pindah ke Kopenhagen, di mana ia diangkat sebagai Kolega Riset di Lembaga Biologi Yayasan Carlsberg.

Pada 1939, Lipmann bermigrasi ke Amerika Serikat, melarikan diri dari rezim Nazi. Pada tahun itu, ia menjadi Kolega Riset di Bagian Biokimia di Cornell Medical School di New York. Di Massachusetts General Hospital di Boston, Massachusetts (1941-1957), di mana ia mengepalai bagian penelitian biokimia, Lipmann mengisolasi (1947) dan menentukan struktur molekul aktif (1953) sebagai koenzim A. Koenzim A ialah salah satu katalis terpenting yang terlibat dalam metabolisme sel dan pengubahan makanan menjadi energi yang dapat digunakan.

Dari 1949 hingga 1957, ia diangkat sebagai Profesor Kimia Biologi di Harvard Medical School. Setelah itu, ia mengajar dan meneliti di Universitas Rockefeller di New York City.

Ia dianugerahi Penghargaan Nobel dalam Fisiologi atau Kedokteran pada 1953 (bersama dengan Hans Krebs dengan bidang yang berbeda) untuk penemuannya pada koenzim A. Di samping menerima Penghargaan Nobel, Lipmann dianugerahi National Medal of Science pada 1966. Ia juga anggota beberapa kelompok istimewa termasuk Anggota Asing Royal Society di London, Faraday Society, dan Akademi Ilmiah Kerajaan Denmark.

Lipmann meninggal di Poughkeepsie, New York.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]