Carol W. Greider

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Carol Greider
Carol Greider 2009-01.JPG
Lahir15 April 1961 (umur 58)
San Diego, Kalifornia
Tempat tinggalAS
KebangsaanAmerika Serikat
AlmamaterUniversitas California, Santa Barbara
Universitas California, Berkeley
Dikenal ataspenemuan telomerase
PenghargaanPenghargaan Lasker, Penghargaan Louisa Gross Horwitz, Nobel Fisiologi atau Kedokteran (2009)
Karier ilmiah
BidangAhli Biologi
InstitusiLaboratorium Cold Spring Harbor
Universitas Johns Hopkins
Pembimbing doktoralElizabeth Blackburn

Carol W. Greider (lahir di San Diego, Kalifornia, Amerika Serikat, 15 April 1961; umur 58 tahun) adalah seorang profesor di Universitas Johns Hopkins, Amerika Serikat yang terlahir dari keluarga akademisi. Ibu kandung Carol meninggal ketika ia masih berumur 7 tahun dan menyebabkan Carol terbiasa menjadi seorang wanita yang mandiri sejak belia hingga kini. Walaupun terlahir dari keluarga akademisi, Carol kerap menemukan kesulitan dalam menerima pelajaran di sekolah karena disleksia yang ia miliki.[1] Namun, hal tersebut tidak berangsur lama ketika ada seorang guru yang menyadari ketertarikan Carol terhadap pelajaran Biologi.

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Selepas sekolah menengah, Carol melanjutkan studinya hingga meraih gelar Ph.D. dari Universitas California, Berkeley pada tahun 1987 di bawah bimbingan Elizabeth Blackburn. Setelah resmi mendapat gelar Ph.D., Carol kemudian melanjutkan risetnya serta menjadi profesor di Universitas Johns Hopkins, Baltimore, Maryland, Amerika Serikat.[2]

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1984, Carol Greider meneliti bagaimana kromosom dapat disalin dan terlindungi secara sempurna saat pembelahan sel. Carol menyelesaikan penelitian tersebut bersama Elizabeth Blackburn dan Jack Stozak dengan hasil temuan bahwa kromosom dilindungi oleh telomer dan enzim telomerase yang menghasilkan DNA dari telomer tersebut.

Pada tahun 2009, Greider mendapat Penghargaan Nobel Fisiologi atau Kedokteran bersama dengan Elizabeth Blackburn dan Jack W. Szostak atas penemuan enzim telomerase dan telomer yang dapat melindungi kromosom.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Carol Greider". Dyslexia the Gift (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 24 Maret 2019. 
  2. ^ "The Nobel Prize in Physiology or Medicine 2009". NobelPrize.org (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-03-24. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]


  1. ALIH Templat:Penghargaan Nobel Fisiologi atau Kedokteran