Triwarno, Banyuurip, Purworejo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Triwarno
Desa
Negara  Indonesia
Provinsi Jawa Tengah
Kabupaten Purworejo
Kecamatan Banyuurip
Pemerintahan
 • Kepala desa Bagiyo
Kodepos 54171
Luas ... km²
Jumlah penduduk ... jiwa
Kepadatan ... jiwa/km²

Triwarno adalah desa di kecamatan Banyuurip, Purworejo, Jawa Tengah, Indonesia. |Triwarno adalah nama kelurahan yang terdiri dari tujuh desa yang dikelompokan menjadi tiga (tri) pedukuan yaitu Nawangan, Cabean, Popohan satu kelompok dan Ketos, Munggang satu kelompok serta Plenden dan Banden satu kelompok

Triwarno adalah sebuah desa yang terletak di Provinsi Jawa Tengah, tepatnya Kec. Banyuurip Kab. Purworejo. Sebuah Desa yang sebagian Besar penduduknya berprofesi sebagai Petani Ini Terbagi menjadi beberapa dusun. Dusun dusun Kecil Yang Terbentang Dari Ujung Timur ( berbatasan Dengan Desa Bajangrejo) sampai Ujung Barat (berbatasan Desa Seborokrapyak) ini Memiliki Panjang kira" 1 KM, Tepatnya Dari Dusun Nawangan ( Dusun paling Timur) sampai Dusun Banden ( Dusun Paling Barat).

Selain Dusun Nawangan Dan Dusun Banden Desa Triwarno Ini Memiliki Dusun Lainya Seperti, Cabean,Popohan, Ketos, Demplo dan Plenden.

Selain terbagi menjadi berbagai Dusun, Desa Triwarno Juga Dibagi Menjadi 4 RW, Dusun Banden dan Plenden Sebagai RW 1, dan RW 2 untuk Dusun Demplo dan Ketos, RW3 untuk Dusun Popohan dan Cabean, Dan RW4 Untuk Dusun Yang paling banyak Penduduknya yaitu Dusun Nawangan..

Desa Triwarno Juga Memiliki Aset Untuk Para Pedagang, yakni Pasar Tradisional yang terletak Di tengah" desa, Tepatnya berada di Dusun Demplo, Pasar Ini Lebih dikenal dengan Sebutan Pasar Demplo, Pasar Ini hanya beroprasi 2 kali setiap Minggunya, yakni setiap hari Selasa dan Jum'at.. Setiap Hari" itu Pasar pasti ramai sekali , karena semua pedagang di Kecamatan Banyuurip Berkumpul di satu pasar itu..

Selain Pasar, Di desa triwarno Juga terdapat Sekolah Taman Kanak" dan Sekolah Dasar, Sekolah tersebut juga Terletak di Dusun Demplo, Sekolah Taman Kanak" tersebut Bernama TK Siwi Astri, sedang Sekolah Dasar Tersebut Lebih di Kenal SD negeri Triwarno, Karena hanya SD itu yang terdapat Di desa triwarno.

Setiap Dusun Di desa triwarno terpisah Oleh sawah , orang sekitar menyebut (Bulak), Oleh karena itu tidaklah Sulit untuk membedakan Setiap Dusun di desa triwarno..