Trinil-lumpur paruh-pendek

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Trinil-lumpur paruh-pendek
Limnodromus griseus
Status konservasi
Risiko rendah
IUCN22693344
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoCharadriiformes
FamiliScolopacidae
GenusLimnodromus
SpesiesLimnodromus griseus
(Gmelin, 1789)
Tata nama
Sinonim takson
  • Scolopax grisea Gmelin, 1789
ProtonimScolopax grisea
Distribusi

     Breeding     Migration     Nonbreeding

Ia merupakan penghuni Amerika Utara, Amerika Tengah, Karibia, dan Amerika Selatan bagian utara. Ia sangat bermigrasi; ia benar-benar mengosongkan diri di area berkembang biak selama bulan-bulan bersalju. Spesies ini menyukai berbagai habitat termasuk tundra di utara hingga kolam dan dataran lumpur di selatan. Ia sering memakan invertebrata dengan cepat memasukkan paruhnya ke dalam lumpur dengan cara mesin jahit. Ia dan trinil-lumpur paruh-panjang secara sekilas sangat mirip dan pernah dianggap sebagai satu spesies hingga tahun 1950. Identifikasi lapangan terhadap dua Limnodromus Amerika masih sulit dilakukan hingga saat ini. Membedakan Trinil-lumpur paruh-pendek musim dingin atau remaja dari spesies Trinil-lumpur paruh-panjang sangatlah sulit dan, bahkan jika diperiksa kehalusan bentuk tubuh mereka yang berbeda, tidak selalu dapat diisolasi pada spesies tertentu. Mereka hanya bisa dibedakan melalui suaranya saja.

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Tubuh burung dewasa berwarna coklat tua di bagian atas dan kemerahan di bagian bawah. Ekornya memiliki pola bergaris hitam putih. Kakinya berwarna kekuningan.

Ketiga subspesies mempunyai sedikit variasi dalam penampilan:

  • L.g. griseus memiliki perut berwarna putih dan panggul berjeruji.
  • L.g. hendersoni mempunyai perut kemerahan dan panggul berbintik.
  • L.g. caurinus memiliki perut berwarna putih dengan panggul yang sangat berjeruji dan dada yang berbintik-bintik padat.

Tak satu pun dari ini menggabungkan perut kemerahan dan sisi-sisi berjeruji dari bulu pembiakan Trinil-lumpur paruh panjang. Bulu musim dingin sebagian besar berwarna abu-abu. Burung ini bisa berkisar antara 23 hingga 32 cm (9,1 hingga 12,6 in) panjangnya, 46 hingga 56 cm (18 hingga 22 in) dalam lebar sayap dan 73–155 g (2,6–5,5 oz) dalam massa tubuh.

Suara burung ini lebih lembut dibandingkan dengan burung Trinil-lumpur paruh panjang, dan berguna dalam identifikasi, khususnya pada bulu dewasa yang sulit.

Distribusi dan habitat[sunting | sunting sumber]

Habitat perkembangbiaka trinil-lTrinil-lumpur paruh-pendek meliputi rawa, rawa pasang surut, dataran lumpur, atau pembukaan hutan di selatan garis pohon di Amerika Utara bagian utara. L.g. griseus berkembang biak di Quebec bagian utara; L.g. hendersoni berkembang biak di Kanada tengah utara; L.g. caurinus berkembang biak di Alaska selatan dan Yukon selatan.

Burung-burung tersebut bermigrasi ke Amerika Serikat bagian selatan dan sejauh selatan Brasil . Burung ini lebih mungkin terlihat di dekat pantai laut selama migrasi dibandingkan burung dowitcher paruh panjang. Spesies ini terdapat di Eropa Barat hanya sebagai gelandangan yang sangat langka.

Perilaku dan ekologi[sunting | sunting sumber]

Pembiakan[sunting | sunting sumber]

Burung ini bersarang di tanah, biasanya di dekat air. Sarangnya berupa cekungan dangkal di rumpun rumput atau lumut, yang dilapisi rumput halus, ranting, dan dedaunan. Mereka bertelur empat, kadang tiga, telur berwarna zaitun hingga coklat. Inkubasi berlangsung selama 21 hari dan dilakukan oleh kedua jenis kelamin.

Burung remaja berbulu halus meninggalkan sarangnya segera setelah menetas. Peran sebagai orang tua tidak begitu diketahui, namun diyakini bahwa betina akan meninggalkan pejantannya untuk merawat anak-anaknya, yang akan mencari makan sendiri.

Makanan dan pemberian makan[sunting | sunting sumber]

Burung ini mencari makan dengan cara mencari makan di perairan dangkal atau di lumpur basah. Mereka terutama memakan serangga, moluska, krustasea, dan cacing laut, tetapi juga memakan beberapa bahan tumbuhan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ BirdLife International (2016). "Limnodromus griseus". 2016: e.T22693344A93396788. doi:10.2305/IUCN.UK.2016-3.RLTS.T22693344A93396788.en.