Trinil-lumpur (burung)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Trinil-lumpur
Limnodromus
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoCharadriiformes
FamiliScolopacidae
GenusLimnodromus
Wied-Neuw., 1833
Species
See text.

Trinil-lumpur adalah spesies burung perandai panjang berukuran sedang dalam genus Limnodromus . Nama Inggris untuk Trinil-lumpur adalah, "dowitcher" yang berasal dari Iroquois, direkam dalam bahasa Inggris pada tahun 1830-an. [1]

Mereka menyerupai burung biru-laut dalam bentuk tubuh dan paruh, dan bagian bawah berwarna kemerahan di musim panas, tetapi berkaki jauh lebih pendek, lebih mirip burung berkik dan mereka juga berkerabat lebih dekat.[2] Ketiganya bermigrasi kuat.

Kedua spesies Amerika Utara ini sulit dipisahkan di sebagian besar bulunya, dan dianggap sebagai satu spesies selama bertahun-tahun. Burung Asia ini langka dan tidak terkenal.

Taksonomi[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Dowitcher"Perlu langganan berbayar. Oxford English Dictionary (edisi ke-Online). Oxford University Press.  Templat:OEDsub
  2. ^ Thomas, Gavin H.; Wills, Matthew A.; Székely, Tamás (2004). "A supertree approach to shorebird phylogeny". BMC Evolutionary Biology. 4: 28. doi:10.1186/1471-2148-4-28. PMC 515296alt=Dapat diakses gratis. PMID 15329156. 28.