Trinil-lumpur Asia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Trinil-lumpur Asia
Limnodromus semipalmatus Edit nilai pada Wikidata

in winter plumage
Rekaman
Edit nilai pada Wikidata
Status konservasi
Hampir terancam
IUCN22693351 Edit nilai pada Wikidata
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoCharadriiformes
FamiliScolopacidae
GenusLimnodromus
SpesiesLimnodromus semipalmatus Edit nilai pada Wikidata
Blyth, 1848
Tata nama
Sinonim takson
  • Macrorhamphus semipalmatus Blyth, 1848

Trinil-lumpur Asia ( Limnodromus semipalmatus ) adalah burung perandai tepi pantai berukuran sedang-besar yang langka.

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Burung dewasa memiliki kaki yang gelap dan paruh gelap lurus yang panjang, agak lebih pendek dari burung trinil-lumpur paruh panjang. Tubuhnya berwarna coklat di bagian atas dan kemerahan di bagian bawah saat berkembang biak bulu. Ekornya memiliki pola berpalang hitam putih. Bulu saat musim dingin sebagian besar berwarna abu-abu.

Habitat berkembang biak mereka adalah lahan basah berumput di pedalaman Siberia dan Manchuria . Mereka bermigrasi ke Asia Tenggara hingga ke selatan hingga Australia utara, meskipun daerah berkembang biak dan musim dingin kurang diketahui. Burung ini selalu ditemukan di pantai selama migrasi dan musim dingin.

Burung ini mencari makan dengan cara mencari makan di perairan dangkal atau di lumpur basah. Mereka terutama memakan serangga, moluska, krustasea, dan cacing laut, tetapi juga memakan beberapa bahan tumbuhan.

Spesies yang lebih dekat[sunting | sunting sumber]

Spesies ini bukanlah burung trinil-lumpur yang tidak dapat ditemukan Amerika, yang bagaimanapun juga tidak tumpang tindih dalam jangkauannya, karena burung Asia jauh lebih besar. Burung ini sangat mirip dengan biru-laut ekor-blorok kecil, meskipun tindakan makan seperti "mesin jahit" burung trinil-lumpur dan seruan teriakannya merupakan perbedaan dari burung yang lebih tersebar luas.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ BirdLife International (2016). "Limnodromus semipalmatus". 2016: e.T22693351A93397892. doi:10.2305/IUCN.UK.2016-3.RLTS.T22693351A93397892.en.