Biru-laut

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Biru-laut
Periode Barstovian–recent[1]
Limosa

Black-tailed (front) and Bar-tailed godwit (back)
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoCharadriiformes
FamiliScolopacidae
GenusLimosa
Brisson, 1760
Species
4, see text

Burung biru-laut adalah sekelompok penyeberang besar, berparuh panjang, berkaki panjang, dan sangat suka bermigrasi dari genus burung Limosa . Paruhnya yang panjang memungkinkan mereka menyelidiki jauh di dalam pasir untuk mencari cacing air dan moluska . Di daerah jelajah musim dingin, mereka berkumpul di tempat yang banyak makanannya. Mereka sering berada di garis pantai pasang surut, berkembang biak di iklim utara pada musim panas dan bermigrasi ke selatan pada musim dingin. Biru-laut ekor-blorok betina melakukan penerbangan sebanyak 29.000 orang km (18.000 mi), terbang sejauh 11.680 kilometer (7.260 mi) tanpa henti.[2] Pada tahun 2020, seekor biru-laut ekor-blorok jantan terbang sekitar 12,200 kilometer (7,581 mi) migrasi nonstop dari Alaska ke Selandia Baru, yang sebelumnya merupakan rekor penerbangan nonstop unggas.[3] Pada bulan Oktober 2022, seekor biru-laut ekor-blorok jantan berusia 5 bulan dilacak dari Alaska ke Tasmania, perjalanan yang memakan waktu 11 hari, dan mencatat penerbangan nonstop sejauh 8.400 mil (13.500 km) .[4]

Burung biru-laut berbeda dari burung gajahan , itu ditandai dengan paruhnya yang lurus atau sedikit terbalik, dan burung biru-laut juga berbeda dari burung kedidi , itu ditandai dengan kakinya yang lebih panjang dna paruh yang lebih panjang. Bulu musim dingin cukup menjemukan, tetapi tiga spesies memiliki bagian bawah berwarna kemerahan saat berkembang biak. Betina jauh lebih besar daripada jantan.

Taksonomi[sunting | sunting sumber]


Kutipan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Limosa Brisson 1760 (godwit)". PBDB. 
  2. ^ "Bird Completes Epic Flight Across the Pacific". ScienceDaily. US Geological Survey. 17 September 2007. 
  3. ^ Boffey, Daniel (13 October 2020). "'Jet fighter' godwit breaks world record for non-stop bird flight". The Guardian. 
  4. ^ "An Incredible Bird Was Tracked As It Made A Cross-Globe Journey From Alaska To Tasmania (video)". The Weather Channel. 27 October 2022. Diakses tanggal 27 October 2022.