Trade (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Trade
Poster promosi untuk film
SutradaraMarco Kreuzpaintner
ProduserRoland Emmerich
Rosilyn Heller
SkenarioJose Rivera
CeritaPeter Landesman
Jose Rivera
Berdasarkan
"The Girls Next Door"
oleh Peter Landesman
PemeranKevin Kline
Cesar Ramos
Paulina Gaitán
Alicja Bachleda-Curus
Penata musikLeonardo Heiblum
Jacabo Lieberman
SinematograferDaniel Gottschalk
PenyuntingHansjörg Weißbrich
Perusahaan
produksi
DistributorRoadside Attractions
Lionsgate
Tanggal rilis
  • 28 September 2007 (2007-09-28)
Durasi120 menit
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
Spanyol
Polandia
Rusia
Pendapatan
kotor
$1,455,890[1]

Trade adalah sebuah film drama Amerika tahun 2007 yang disutradarai oleh Marco Kreuzpaintner dan dibintangi Kevin Kline. Diproduseri oleh Roland Emmerich dan Rosilyn Heller. Film ini ditayangkan di tanggal 23 Januari 2007 di Festival Film Sundance 2007 dan di rilis terbatas pada tanggal 28 September 2007. Ini berdasarkan artikel Peter Landesman "The Girls Next Door" tentang budak seks, yang tampil sebagai cerita sampul di The New York Times Magazine edisi 24 Januari 2004.[2]

Plot[sunting | sunting sumber]

Film ini mengikuti 2 orang yang diculik oleh geng perbudakan seksual internasional di Mexico City. Adriana ( Gaitán ), seorang gadis lokal berusia 13 tahun, ditangkap saat sedang mengendarai sepedanya. Veronica ( Bachleda ), seorang wanita muda dari Polandia, diculik saat tiba di bandara. Dia segera menyadari bahwa seluruh perjalanan diatur oleh geng tersebut. Mereka ditahan bersama beberapa wanita Amerika Latin dan seorang anak laki-laki Thailand.

Kakak laki-laki Adriana yang berusia 17 tahun, Jorge, mengetahui bahwa saudara perempuannya diculik. Dia meminta teman-temannya untuk membantunya menemukannya, tetapi mereka akan lebih baik jika mengetahui betapa kuatnya geng tersebut. Jorge mengetahui bahwa para penculik "menjual" korbannya sebagai budak seks melalui koneksi di New Jersey. Saat mencari Adriana, dia melihatnya diantara korban lainnya saat mereka dilarikan ke dalam van oleh para penculik. Dia mencuri mobil teman-temannya dan berhasil mengikuti van tersebut ke Juárez, tapi kemudian kehilangan jejaknya.

Adriana, Veronica dan anak laki-laki Thailand diselundupkan ke AS dengan bantuan polisi Meksiko yang korup, namun kelompok tersebut ditangkap oleh Patroli Perbatasan AS. Anggota geng mencegah orang-orang yang diculik untuk memberitahu polisi bahwa mereka diculik dengan mengancam akan menyakiti keluarga mereka. Para penculik dan korban dikirim kembali ke Meksiko, setelah itu mereka menyelinap ke AS lagi.

Ketika Jorge menemukan rumah di Juárez tempat para korban ditahan, mereka sudah pergi. Seorang Amerika, Ray ( Kline ), juga datang untuk menyelidiki rumah tersebut. Jorge bersembunyi di bagasi mobilnya, menampakkan dirinya setelah mereka menyeberang kembali ke Texas. Ray memutuskan untuk membantu Jorge menyelamatkan saudara perempuannya. Jorge mengetahui bahwa Ray berada di Juárez untuk mencari putrinya yang terasing, yang mungkin juga menjadi korban geng tersebut. Mereka melakukan perjalanan ke New Jersey, tempat para korban dibawa dan tempat internet akan dilelang untuk dilelang kepada penawar tertinggi. Di tempat peristirahatan makan malam bersama Ray, Jorge mengenali anak laki-laki itu. Ray membebaskannya dan memaksa orang yang membelinya untuk memberinya akses ke pelelangan.

Saat berhenti, Adriana dan Veronica berjaya melarikan diri. Veronica melihat seorang polisi dan memberitahu Adriana untuk memberitahunya apa yang terjadi, sementara Veronica sendiri menelepon orangtuanya di Polandia untuk memberitahu mereka, namun mengetahui bahwa putra kecilnya telah diambil oleh organisasi kriminal. Adriana gagal memberitahu polisi, dan selama panggilan telepon, Adriana dan Veronica ditangkap kembali oleh para penculik. Di perhentian lain, Veronica bunuh diri dengan melompat dari tebing, memberitahu penculiknya bahwa dia akan membayar dosa-dosanya. Penculik tiba bersama Adriana di sebuah rumah tempat bosnya menahan lebih banyak korban. Dia menegurnya karena kehilangan Veronica.

Ray dan Jorge meminta polisi New Jersey untuk membebaskan Adriana, tapi mereka menolak; hal ini akan mengganggu strategi mereka melawan organisasi kriminal geng yang lebih besar. Ray, dibantu oleh Jorge, kemudian berpartisipasi dalam pelelangan dan membeli gadis itu seharga $32.000, untuk membebaskannya. Ray membawa uang itu ke rumah, tapi menanyakan pertanyaan pribadi kepada bos geng, yang membuatnya curiga. Ia kemudian harus membuktikan bahwa dirinya bukan polisi dengan berhubungan seks dengan Adriana sebelum pergi. Sebaliknya, Ray dan Adriana meyakinkan penculik laki-laki tersebut untuk membiarkan mereka pergi. Polisi, yang memeriksa rumah tersebut, menangkap 2 penculik dan membebaskan beberapa anak yang mereka temukan di ruang bawah tanah. Kakak beradik itu kembali ke Mexico City, tempat Adriana dengan gembira bertemu kembali dengan ibunya, dan Jorge berusaha membalas dendam.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Produksi[sunting | sunting sumber]

Setelah perilisan film pertamanya Summer Storm, sutradara Marco Kreuzpaintner dihubungi oleh Roland Emmerich yang terkesan dengan film debutnya dan memulai dialog dengan Kreuzpaintner. Dalam salah satu kunjungan Kreuzpaintner ke Emmerich di Los Angeles, Kreuzpaintner menemukan naskah Trade di kantor Emmerich miliknya yang terinspirasi oleh cerita Majalah New York Times "The Girls Next Door" oleh Peter Landesman dan ditulis oleh Jose Rivera. Kreuzpaintner mengaku cemburu pada Emmerich yang terikat langsung dengan naskahnya. Emmerich telah mencari direktur lain untuk memimpin Trade karena komitmennya pada 10.000 BC dan menawarkan pekerjaan itu kepada Kreuzpaintner.

Perilisan[sunting | sunting sumber]

Film laris[sunting | sunting sumber]

Film ini dibuka dalam rilis terbatas di Amerika Serikat dan Kanada di tanggal 28 September 2007, dan meraup sekitar $114.000 di 90 bioskop, rata-rata $1.266 per bioskop.

Penerimaan kritis[sunting | sunting sumber]

Trade menerima ulasan beragam hingga negatif dari para kritikus. Di situs agregator ulasan Rotten Tomatoes, film ini mendapat rating persetujuan 34%, berdasarkan 73 ulasan dengan rating rata-rata 5/10. Para kritikus situs tersebut membaca konsensus : "Dengan gaya eksploitatif yang tampaknya lebih cocok untuk acara TV seperti CSI, pesan Trade tentang realitas eksploitasi anak mudah hilang". Di Metacritic, film ini mendapat skor rata-rata 42 dari 100, berdasarkan 22 ulasan yang menunjukkan "ulasan campuran atau rata-rata".

Robert Koehler dari Variety mengatakan bahwa "Dengan semua ciri-cirinya sebagai sebuah drama serius dan bijaksana yang ditulis dan berdasarkan pada pekerjaan investigasi Peter Landesman di jaringan perdagangan budak seks internasional, sungguh mengejutkan saat mengetahui bahwa film terakhirnya tidak lebih dari itu. daripada film thriller eksploitatif".

Jeannette Catsoulis dari The New York Times menyebut Trade "sangat ingin terjun ke dalam palung perdagangan seks", menambahkan bahwa "[itu] terhuyung-huyung antara pengungkapan yang sungguh-sungguh dan melodrama cabul, tetapi mengkritik "beban hati nurani yang hampir terlihat" dalam film tersebut", yang jika bukan karena itu, dijamin sukses di kategori kedua."

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]