Pembaca umpan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Dalam terminologi perkomputeran, pembaca umpan (bahasa Inggris: feed reader), atau kadang disebut juga agregator, pengumpul, atau pembaca berita (news reader), adalah situs web atau aplikasi yang mengambil informasi dari berbagai sumber internet dan menampilkannya di satu tempat.[1]

Fungsi[sunting | sunting sumber]

Banyaknya situs web yang tersedia dapat membuat pengguna memakan waktu yang lama dalam memperoleh informasi. Teknologi agregator membantu menggabungkan banyak situs web menjadi satu halaman, yang hanya daoat menampilkan informasi terbaru yang diperbarui dari banyak situs, sehingga agregator dapat mengurangi waktu dan upaya yang dibutuhkan untuk mengecek situs web dalam pemutakhiran informasi secara reguler, membuat suatu ruang informasi yang unik atau "surat kabar pribadi". Jika sudah berlangganan suatu umpan, pembaca umpan akan dapat mengecek isi baru sesuai dengan interval waktu yang ditentukan oleh pengguna dan memperoleh pembaharuan tersebut. Muatan isi kadang digambarkan sebagai muatan isi "yang ditarik" kepada pelanggan, sebagai kebalikan dari " yang didorong" seperti pada surat elektronik atau pengirim pesan instan. Berhenti berlangganan pun lebih mudah dilakukan oleh pengguna agregator dibandingkan dengan penerima informasi "yang didorong".

Fitur pembaca umpan sering kali terpasang sebagai bawaan dalam suatu situs portal (seperti My Yahoo! dan iGoogle), penjelajah web modern, dan klien surat elektronik.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Isbell, Kimberly (30 Agustus 2010). "The Rise of the News Aggregator: Legal Implications and Best Practices". SSRN Electronic Journal. doi:10.2139/ssrn.1670339.