TouchWiz

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

TouchWiz (atau Samsung TouchWiz ) adalah antarmuka pengguna yang dibuat, dirancang dan dikembangkan oleh Samsung Electronics bersama mitra, yang menampilkan antarmuka pengguna sentuhan penuh. TouchWiz hanya tersedia di perangkat Samsung. Kadang-kadang salah diidentifikasi sebagai sistem operasi. TouchWiz digunakan secara internal oleh Samsung untuk ponsel cerdas, ponsel fitur dan komputer tablet, dan tidak tersedia untuk di lisensi-kan oleh pihak eksternal. Versi Android TouchWiz juga hadir dengan toko aplikasi Samsung Galaxy Apps.

TouchWiz edisi asli pertama, dirilis pada tahun 2008. Versi 1.0 ini secara resmi diluncurkan dengan Samsung Solstice asli  pada tahun 2009. Versi TouchWiz terbaru adalah TouchWiz 6.0, yang ada pada Samsung Galaxy J1 mini Prime dan TouchWiz Nature UX 5.0 pada Samsung Galaxy J3 (2016) menampilkan antarmuka pengguna yang lebih halus dibandingkan dengan versi sebelumnya yang ditemukan pada ponsel lama Samsung yang dirilis sebelum rilis Galaxy S5. Bilah status sekarang transparan selama mode layar beranda di TouchWiz Nature UX 2.0 dan TouchWiz Nature UX 2.5. Di TouchWiz 4.0 pada Galaxy S II dan Galaxy Note (keduanya kemudian diperbarui ke Nature UX), beberapa fitur yang ditambahkan termasuk panning dan tilt,  yang memanfaatkan accelerometer dan giroskop di telepon untuk mendeteksi gerakan.

TouchWiz ditinggalkan oleh Samsung pada akhir 2016 demi Samsung Experience. TouchWiz digunakan oleh sistem operasi milik Samsung sendiri, Bada dan REX,  serta ponsel berbasis sistem operasi Android. Ini juga ada di ponsel yang menjalankan sistem operasi Tizen.

TouchWiz adalah masalah utama di Apple v. Samsung.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

TouchWiz 3.0[sunting | sunting sumber]

Dirilis pada 2010, untuk mendukung Android Froyo (2.1 - 2.2). Versi ini perdana dengan Samsung Galaxy S. Versi lite TouchWiz 3.0, dengan fitur yang diperkecil, digunakan pada Samsung Galaxy Proclaim.

TouchWiz 4.0[sunting | sunting sumber]

Galaxy S II menggunakan TouchWiz 4.0

Versi kedua TouchWiz dirilis pada 2011, untuk mendukung Android Gingerbread dan Android Honeycomb (2.3 - 3.2.6). Galaxy S II adalah perangkat pertama yang dimuat dengan TouchWiz 4.0. Versi ini mencakup akselerasi perangkat keras yang lebih baik daripada 3.0, juga beberapa opsi layar sentuh yang melibatkan gerakan multi-sentuh dan menggunakan akselerometer ponsel. Salah satu fitur tersebut memungkinkan pengguna untuk menempatkan dua jari di layar dan memiringkan perangkat ke arah dan menjauh dari mereka, masing-masing untuk memperbesar dan memperkecil. "Panning" pada TouchWiz 4.0 memungkinkan pengguna untuk menggulir layar awal dengan memindahkan perangkat dari sisi ke sisi.

TouchWiz Nature UX[sunting | sunting sumber]

Versi ketiga TouchWiz diubah namanya menjadi TouchWiz Nature UX. Ini dirilis pada 2012 dan didukung Android Ice Cream Sandwich (4.0). Galaxy S III, Galaxy Star dan Galaxy Note 10.1 adalah perangkat pertama yang dimuat dengan versi ini, meskipun versi lite telah digunakan sebelumnya pada Samsung Galaxy Tab 2 7.0. TouchWiz Nature UX mengandung lebih banyak elemen interaktif dari versi sebelumnya, seperti efek riak air pada layar kunci, dan "smart stay", sebuah fitur yang menggunakan teknologi pelacakan mata untuk menentukan apakah pengguna masih menonton layar. Untuk melengkapi antarmuka TouchWiz, dan sebagai respons terhadap Apple Siri , versi ini memperkenalkan S Voice , asisten pribadi cerdas Samsung.

Palet warna antarmuka pengguna telah disesuaikan dengan warna-warna alam, terutama hijau (tanaman, hutan, rumput) dan biru (lautan, langit), untuk secara visual mewakili slogan "Terinspirasi oleh Alam".

Versi TouchWiz ini juga menggunakan banyak gradien warna .

TouchWiz Nature UX 2.0[sunting | sunting sumber]

Samsung Galaxy S4 menggunakan TouchWiz di Android Jelly Bean

Versi ini mendukung Android Jellybean (4.2.2) dan dirilis pada 2013; Samsung Galaxy S4 adalah perangkat pertama yang menggunakan TouchWiz Nature UX 2.0. Bahkan lebih banyak kemampuan pelacakan mata diperkenalkan dengan versi ini, seperti "smart scroll", yang memungkinkan pengguna untuk menggulir ke bawah dan ke atas pada halaman web dengan memiringkan kepala mereka masing-masing ke bawah dan ke atas.

TouchWiz Nature UX 2.5[sunting | sunting sumber]

TouchWiz Nature UX 2.5 dirilis pada 2013 untuk mendukung pembaruan terakhir untuk Android Jellybean (4.3 - 4.4), dan pertama kali digunakan pada Galaxy Note 3 dan Galaxy Note 10.1 2014 Edition . Versi ini sepenuhnya mendukung solusi keamanan Samsung Knox, serta kemampuan multi-pengguna. Kamera juga ditingkatkan dalam pembaruan ini: lag shutter dikurangi, dan fitur seperti mode panorama 360 ° ditambahkan.

TouchWiz Nature UX 3.0[sunting | sunting sumber]

Pembaruan ini dirilis pada 2014 untuk mendukung Android KitKat. Pertama kali terlihat di Galaxy S5 dan Galaxy Note Pro 12.2 . Layar beranda dan menu pengaturan dibuat lebih ramah pengguna dengan ikon yang lebih besar dan lebih sedikit kekacauan. Juga, ikon dalam menu konteks telah dihapus, dan opsi yang dinonaktifkan, di mana sebelumnya mereka akan terlihat tetapi tidak dapat digunakan, sekarang tidak muncul sama sekali.

Beberapa perangkat anggaran, seperti Samsung Galaxy Trend 2 Lite, Galaxy J1 Ace, dan Galaxy V Plus, menampilkan versi TouchWiz Nature UX 3.0 yang lebih rendah yang disebut "TouchWiz Essence UX", yang disesuaikan untuk perangkat dengan RAM kurang dari 1 GB . Versi ini memiliki mode hemat daya ultra, yang secara drastis memperpanjang durasi baterai dengan membuat skala abu-abu , membatasi aplikasi yang dapat digunakan, dan mematikan fitur seperti Wi-Fi dan Bluetooth.

TouchWiz Nature UX 3.5[sunting | sunting sumber]

Ini adalah versi yang sedikit di modifikasi dari TouchWiz Nature UX 3.0, dirilis pada 2014 untuk Galaxy Note 4 , Galaxy Note Edge dan Galaxy A-series (2015) . Sebagian besar perubahan yang dilakukan adalah perubahan kecil, estetika, termasuk perbaikan menu pengaturan yang berantakan, dimasukkannya pintasan pengaturan cepat dan pemusatan jam layar kunci. Namun, aplikasi kamera dilucuti ke fitur yang paling mendasar, namun mendapatkan kunci AF / AE .

TouchWiz Nature UX 4.0[sunting | sunting sumber]

Versi ini hadir dengan Galaxy S5, dan karenanya mendukung Android Lollipop dan dirilis pada tahun 2015. Pembaruan 4.0 akhirnya tersedia untuk Galaxy S5, Note 3, Note 4, dan perangkat yang kompatibel dengan Lollipop lainnya, tetapi dengan lebih sedikit fitur.

Versi TouchWiz ini melanjutkan desain yang awalnya terlihat di Galaxy S5, dengan ikon yang sedikit lebih membulat, tetapi juga memasukkan penambahan dan perubahan Lollipop, seperti membuat menu drop-down notifikasi hanya overlay alih-alih laci layar penuh. TouchWiz Nature UX 4.0 juga menyertakan perbaikan visual untuk seluruh sistem, mengubah latar belakang hitam dalam aplikasi sistem menjadi tema putih, mirip dengan TouchWiz UX 3.5 yang terlihat pada seri Note 4 & A. Tema hitam telah ada sejak Galaxy S asli , karena mengurangi konsumsi baterai karena Samsung terutama menggunakan teknologi layar AMOLED. Itu diubah karena kesepakatan lisensi paten dengan Google , yang mengharuskan antarmuka TouchWiz mengikuti desain "stok" Android lebih dekat.

TouchWiz 5.0[sunting | sunting sumber]

Dengan TouchWiz 5.0, Samsung kembali ke sistem penamaan yang lebih awal dan lebih sederhana, tanpa infix "Nature UX", mungkin untuk mencerminkan perubahan estetika. Versi ini dirilis pada 2015 terutama untuk Samsung Galaxy S6, dan mendukung pembaruan selanjutnya untuk Android Lollipop (5.0.2 - 5.1.1). Pembaruan ini membersihkan antarmuka pengguna, mengurangi jumlah fungsi duplikat, dan menggunakan warna yang lebih terang dan lebih sederhana.

Versi baru TouchWiz 5.0 dirilis pada September 2015 untuk Galaxy Note 5 dan S6 Edge+. Versi baru ini menampilkan ikonografi yang diperbarui, dengan aplikasi stok sekarang menampilkan ikon " squircle " dan bukan bentuk yang unik .

TouchWiz 6.0[sunting | sunting sumber]

Versi TouchWiz ini dimulai selama pengujian beta awal Android Marshmallow di Galaxy S6 pada Desember 2015, untuk pengguna yang telah mendaftar untuk program beta,  dan menjadi tersedia secara resmi pada Februari 2016. Ini fitur drop-down notifikasi didesain ulang. dan perbaikan warna, mengganti rona biru dan hijau asli menjadi putih. Versi ini juga menghapus cuaca sambil memusatkan dan memperbesar jam di layar kunci , serta mengembalikan kemampuan untuk menyesuaikan pintasan di layar kunci. Ikon sedikit dimodifikasi dengan tampilan yang lebih rata, menghilangkan bayangan yang ditampilkan sebelumnya. Smart Manager dihapus sebagai aplikasi, dan malah dipindahkan ke opsi pengaturan.

Pada versi ini, Samsung juga menambahkan kemampuan untuk mengubah pengaturan kerapatan tampilan , meskipun ini pada awalnya hanya dapat diakses melalui aplikasi pihak ketiga karena pengaturan disembunyikan oleh sistem. Pembaruan untuk Galaxy S7 dan S7 Edge menjadikannya resmi, memungkinkan pengguna untuk mengubahnya di bawah pengaturan tampilan.

TouchWiz 6.0 juga menyertakan penambahan Google ke Android: Doze dan App Standby untuk meningkatkan kinerja baterai (meskipun fitur optimisasi aplikasi Samsung sendiri tetap tersedia, sehingga berarti ada dua pengaturan "optimasi aplikasi" yang terpisah: satu di dalam aplikasi Smart Manager, dan yang lain di dalam layar penggunaan baterai), Now on Tap untuk dengan cepat mengakses asisten pribadi yang cerdas Google Now , dan Kontrol Izin untuk membatasi izin yang diberikan untuk aplikasi tertentu.

TouchWiz Grace UX[sunting | sunting sumber]

Artikel utama: Pengalaman Samsung

Pertama kali dirilis dengan Samsung Galaxy Note 7 untuk Android Marshmallow , Grace UX dinamai dengan nama kode perangkat, dan akhirnya membuat jalan ke perangkat yang lebih tua, termasuk Galaxy Note 5 melalui pembaruan, Galaxy S7 dan S7 Edge melalui Android resmi. Pembaruan nougat. The Grace UX menampilkan tampilan ikonografi yang lebih bersih dan datar serta penggunaan ruang putih yang luas. Perangkat TouchWiz Grace UX juga mendapat manfaat dari fungsi Folder Aman, yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan data tertentu, dan bahkan aplikasi, di balik kata sandi aman.

Selain itu, untuk sebagian besar negara, semua bahasa yang tidak ada pada versi sebelumnya ( Android Marshmallow atau yang lebih lama) akan tersedia dalam rilis ini, dimulai dengan Galaxy Tab S3.