Android Marshmallow

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Android Marshmallow
Versi dari sistem operasi Android
Android Marshmallow logo.png
Android 6.0-en.png
Layar utama Android "Marshmallow", dengan aplikasi berpemilik
PembangunGoogle
Pratinjau terkiniPratayang Pengembang 3 MPA44I / 19 Agustus 2015; 4 tahun lalu (2015-08-19)
Didahului olehAndroid 5.0 s/d 5.1 "Lollipop"
Digantikan olehAndroid 7.0 s/d 7.1 "Nougat"
Situs resmiwww.android.com

Android 6.0 dan 6.0.1 "Marshmallow"adalah versi utama keenam dari sistem operasi Android dan versi ke 13 dari Android. Pertama kali dirilis sebagai versi beta pada 28 Mei 2015, secara resmi dirilis pada 5 Oktober 2015, dengan perangkat Nexus menjadi yang pertama menerima pembaruan.

Marshmallow terutama berfokus pada peningkatan pengalaman pengguna secara keseluruhan dari pendahulunya, Lollipop. Ini memperkenalkan arsitektur izin baru, API baru untuk asisten kontekstual (pertama kali digunakan oleh fitur baru "Now on Tap" untuk memberikan hasil pencarian yang peka terhadap konteks), sistem manajemen daya baru yang mengurangi aktivitas latar belakang ketika perangkat tidak ditangani secara fisik, dukungan asli untuk pengenalan sidik jari dan konektor USB-C, kemampuan untuk memigrasikan data dan aplikasi ke kartu microSD, dan perubahan internal lainnya.

Pada Maret 2020, 10% perangkat Android menggunakan ini tidak didukung (untuk pembaruan keamanan) Android 6.0 (API 23).[1]

Fitur[sunting | sunting sumber]

Android Marshmallow memperkenalkan model izin yang didesain ulang: sekarang ada hanya delapan kategori izin, dan aplikasi yang tidak lagi secara otomatis diberikan semua hak akses mereka ditentukan pada waktu instalasi. Sebuah sistem opt-in sekarang digunakan, di mana pengguna akan diminta untuk memberikan atau menolak izin individu (seperti kemampuan untuk mengakses kamera atau mikrofon) untuk aplikasi ketika mereka dibutuhkan. Aplikasi mengingat hibah izin mereka, dan mereka dapat disesuaikan oleh pengguna setiap saat. Model izin baru akan digunakan hanya oleh aplikasi yang dikompilasi untuk Marshmallow menggunakan kit pengembangan perangkat lunak (SDK) tersebut, sementara semua aplikasi lainnya akan terus menggunakan model izin sebelumnya.[2][3]

Marshmallow juga memiliki skema manajemen daya baru bernama Doze yang mengurangi tingkat aktivitas aplikasi latar belakang saat perangkat menentukan bahwa itu tidak sedang aktif ditangani oleh pengguna, yang, menurut Google, menggandakan pemakaian baterai perangkat.[4] Hal ini juga memperkenalkan pilihan untuk mengatur ulang semua pengaturan jaringan, tersedia untuk pertama kalinya pada Android, yang membersihkan pengaturan terkait jaringan untuk Wi-Fi, Bluetooth dan koneksi seluler.[5]

Android Marshmallow memberikan dukungan asli untuk pengenalan sidik jari, memungkinkan penggunaan sidik jari untuk membuka perangkat dan otentikasi Play Store dan pembelian Android Pay; API standar juga tersedia untuk melaksanakan otentikasi berbasis sidik jari dalam aplikasi lain. Android Marshmallow mendukung USB Type-C, termasuk kemampuan untuk menginstruksikan perangkat untuk mengisi daya perangkat lain melalui USB. Marshmallow juga memperkenalkan "pranala yang diverifikasi" yang dapat dikonfigurasi untuk membuka langsung dalam aplikasi tertentu mereka tanpa petunjuk pengguna lanjut.[2][3]

Versi API Android yang disediakan oleh Marshmallow adalah 23.[6] Alat pengembang Android Marshmallow tersedia di Pengelola SDK di bawah tingkat API "MNC".

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Mobile & Tablet Android Version Market Share Worldwide". StatCounter Global Stats (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-05-18. 
  2. ^ a b Chester, Brandon. "Google Announces Android M At Google I/O 2015". Anandtech. Purch, Inc. Diakses tanggal 28 Mei 2015. 
  3. ^ a b "Google announces Android M, available later this year". The Verge. Vox Media. Diakses tanggal 28 Mei 2015. 
  4. ^ Android Marshmallow: Google reveals name of Android 6.0 Telegraph.co.uk Retrieved 18 Agustus 2015.
  5. ^ "Top 10 Android Marshmallow Features that we liked". Technos Amigos. Diakses tanggal 22 Agustus 2015. 
  6. ^ "Google Play ready to accept apps using Android 6.0 Marshmallow's API 23". Android Authority. Diakses tanggal 20 Agustus 2015. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]