Too Much Love Will Kill You

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
"Too Much Love Will Kill You"
Lagu oleh Brian May
dari album Back to the Light
Sisi-B"I'm Scared"
Dirilis1992
FormatCD single, 7"
Direkam1988–1992
Durasi4:26
LabelParlophone (Europe)
Hollywood (North America)
PenciptaBrian May
Frank Musker
Elizabeth Lamers
ProduserBrian May, Justin Shirley-Smith
"Too Much Love Will Kill You"
Lagu oleh Queen
dari album Made in Heaven
Sisi-B"We Will Rock You"/"We Are the Champions"
"Spread Your Wings"
Dirilis26 February 1996
FormatCD single, 7"
Direkam1988–1995
Durasi4:20
3:52 (promo edit)
LabelParlophone (Europe)
Hollywood (North America)
PenciptaBrian May
Frank Musker
Elizabeth Lamers
ProduserQueen

"Too Much Love Will Kill You" (Indonesia: Terlalu Banyak Cinta Akan Membunuhmu) adalah sebuah lagu yang ditulis bersama oleh gitaris Brian May (dari Queen), Frank Musker, dan Elizabeth Lamers.[1] Lagu ini merupakan refleksi atas kegagalan pernikahan pertama Brian May serta ketarikannya pada Anita Dobson, yang kemudian menjadi istri keduanya.[2] Lagu ini pertama kali direkam oleh Queen sekitar tahun 1988 atau sebelumnya, dan direncanakan sebagai bagian dari album The Miracle yang dirilis pada tahun 1989, namun tidak terpilih karena ketidakjelasan hukum terkait keputusan band tersebut bahwa semua lagu dalam album ditulis atas nama kelompok dan bukan individu. Setelah meninggalnya Freddie Mercury pada tahun 1991, Brian May membuat versi solo lagu ini, yang kemudian dipentaskannya dalam The Freddie Mercury Tribute Concert pada tahun 1992,[3] serta dimasukkan juga dalam album solonya Back to The Light yang diedarkan pada tahun yang sama. Ketika dirilis sebagai singel, lagu tersebut mencapai No. 5 pada UK Singles Chart. Karena lagu ini pertama kali dinyanyikan secara terbuka dalam The Freddie Mercury Tribute Concert, umumnya terjadi kesalahpahaman bahwa lagu itu ditulis sebagai suatu persembahan (tribute) untuk mengenang Freddie Mercury, meskipun sesungguhnya lagu itu telah menulis beberapa tahun sebelum ia meninggal.

Penjualan dan sertifikasi[sunting | sunting sumber]

Negara Sertifikasi Penjualan/unit tersertifikasi
Britania Raya (BPI)[4] Silver 200.000^

^ Jumlah pengiriman menurut seritifikasinya.

Versi Queen[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1995, para anggota Queen yang masih hidup memilih untuk menyertakan rekaman asli "Too Much Love Will Kill You" dengan Mercury pada vokal dalam album Made in Heaven, yang dirilis empat tahun setelah meninggalnya Mercury.[5] Versi Queen adalah sebuah lagu balada bertenaga yang khas periode akhir 1980-an, yaitu pada waktu lagu itu direkam, dengan permainan keyboard dan gitar listrik yang mendominasi. Versi tersebut mencapai No. 15 di UK Singles Chart pada tahun 1996. Meskipun gagal mengikuti keberhasilan versi solo Brian May, lagu versi Queen ini telah dianggap sebagai versi yang definitif, setelah mendapatkan penghargaan "Best Song Musically and Lyrically " di Novello Awards pada tahun 1997 (May di kemudian hari mengatakan bahwa jika ada satu lagu yang ia ingin untuk memenangkan penghargaan, itu adalah lagu ini), dan kemudian lagu ini juga dimasukan dalam album Queen's Greatest Hits III.[6]

Video musik[sunting | sunting sumber]

Video untuk lagu versi Brian May disutradarai oleh David Mallet dan menampilkan May menyanyikan lagu sambil menghadap kamera, diselingi dengan berbagai potongan berbagai film rekaman rumah. Video untuk lagu versi Queen disutradarai oleh DoRo dan bebentuk video montase berbagai klip video yang terutama diambil dari pertunjukan live dan video promo Queen, dan menggunakan versi Promo Edit dari lagu tersebut.

Personil[sunting | sunting sumber]

Versi asli
Versi Queen

Versi lain[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2003, May dan Luciano Pavarotti tampil membawakan lagu "Too Much Love Will Kill You" pada konser amal penyanyi tenor tersebut, yang diselenggarakan di Modena, Italia.[7]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Billboard 21 Jun 1997 Billboard. Retrieved 16 January 2011
  2. ^ Purvis, Georg (2012-08-24). Queen: Complete Works. Titan Books. hlm. 869–871. ISBN 9781781162873. Diakses tanggal 2 September 2016. 
  3. ^ The Freddie Mercury Tribute Concert: Too Much Love Will Kill You Ultimate Queen. Retrieved 2 July 2011
  4. ^ "British single certification – Too Much Love Will Kill You". British Phonographic Industry.  Select singles in the Format field. Select Silver in the Certification field. Type Too Much Love Will Kill You in the "Search BPI Awards" field and then press Enter.
  5. ^ Made in Heaven (Track 8) Ultimate Queen. Retrieved 2 July 2011
  6. ^ Brian May interview. BBC Radio 2. Broadcast 12 September 2005.
  7. ^ Pavarotti and Friends 2003; Press and News Diarsipkan 2015-09-23 di Wayback Machine. Retrieved 21 January 2011

Pautan luar[sunting | sunting sumber]