Queen

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Queen (band))
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Queen
Konser Queen, 1984. John Deacon (paling kiri), Freddie Mercury (depan), Brian May (tengah), Roger Taylor (drum)
Konser Queen, 1984.
John Deacon (paling kiri), Freddie Mercury (depan), Brian May (tengah), Roger Taylor (drum)
Informasi latar belakang
AsalLondon, Inggris
GenreMusik rok
Tahun aktif1970[1]–sekarang[2]
LabelEMI, Parlophone, Elektra, Capitol, Hollywood, Island
Artis terkaitSmile, The Cross, Queen + Paul Rodgers, David Bowie, Queen + Adam Lambert
Situs webqueenonline.com
AnggotaBrian May
Roger Taylor
Mantan anggotaFreddie Mercury
John Deacon
Lambang Queen, dirancang oleh Freddie Mercury

Queen adalah grup musik rok dari Britania Raya yang dibentuk tahun 1970 di London. Semula, mereka terdiri dari Freddie Mercury (vokal, piano), Brian May (gitar, vokal), Roger Taylor (drum, vokal), dan John Deacon (gitar bas). Karya-karya awal Queen dipengaruhi oleh progressive rock, hard rock dan heavy metal, tetapi mereka mengambil risiko secara bertahap menuju karya-karya yang lebih konvensional dan bersahabat dengan pendengar radio, seperti arena rock dan pop rock.

Sebelum membentuk Queen, May dan Taylor telah bermain bersama dalam grup musik Smile. Mercury adalah salah satu fan Smile dan mendorong mereka untuk bereksperimen dengan teknik perekaman dan panggung yang lebih rumit. Ia kemudian bergabung pada 1970 dan mengusulkan nama "Queen". Deacon direkrut pada Maret 1971, sebelum grup itu merilis album debut eponim mereka pada 1973. Queen pertama kali masuk ke dalam tangga album di Britania dengan album kedua mereka, Queen II, pada 1974. Lalu, Sheer Heart Attack pada tahun yang sama dan A Night at the Opera pada 1975 sukses secara internasional. "Bohemian Rhapsody" adalah lagu unggulan dalam album A Night at the Opera, yang bertahan di peringkat pertama di Britania selama sembilan pekan dan membantu mempopulerkan format music video tersebut.

Album News of the World keluaran 1977 memuat "We Will Rock You" dan "We Are the Champions", yang telah menjadi lagu wajib dalam acara-acara olahraga. Pada awal 1980-an, Queen menjadi salah satu grup musik stadium rock terbaik di dunia. "Another One Bites the Dust" dari The Game (1980) menjadi single terlaris mereka, sementara compilation album keluaran 1981 mereka, Greatest Hits, adalah album terlaris di Britania dan tersertifikasi "platinum" delapan kali di AS. Penampilan mereka pada konser Live Aid 1985 dianggap salah satu yang terbaik dalam sejarah musik rok oleh berbagai publikasi. Pada Agustus 1986, Mercury mempersembahkan penampilan terakhirnya bersama Queen di Knebworth, Inggris. Pada 1991, ia meninggal karena bronchopneumonia - suatu komplikasi dari AIDS - dan Deacon mengundurkan diri pada 1997. Sejak 2004, May dan Taylor telah mengadakan tur di bawah nama "Queen +" bersama vokalis-vokalis Paul Rodgers dan Adam Lambert.

Rentang estimasi penjualan rekaman Queen berjumlah 170 juta sampai 200 juta rekaman, yang menjadikan mereka salah satu dari artis-artis terlaris di dunia. Pada 1990, Queen menerima Brit Award atas "Outstanding Contribution to British Music" ("Kontribusi Luar Biasa untuk Musik Britania") oleh British Phonographic Industry. Mereka dimasukkan ke dalam Rock and Roll Hall of Fame pad 2001. Setiap anggota telah menggubah single-single hit, dan keempatnya dimasukkan ke dalam Songwriters Hall of Fame pada 2003. Pada 2005, Queen menerima Ivor Novello Award atas "Outstanding Song Collection" ("Koleksi Lagu Terbaik") oleh British Academy of Songwriters, Composers, and Authors. Pada 2018, mereka dianugerahi Grammy Lifetime Achievement Award.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Awal Berdiri (1968 - 1974)[sunting | sunting sumber]

Berawal dari dua mahasiswa yang ingin membuat band, Tim Staffell (vokalis dan basis) dan Brian May (gitaris). Mereka mengaudisi mahasiswa yang akan menjadi drumer dan mendapatkan Roger Taylor dan membentuk band Smile, tetapi band tersebut hanya bertahan 2 tahun. Tim Staffell keluar dan membentuk band baru bernama Humpy Bong. Freddie Mercury masuk dan kemudian menguubah nama "Smile" menjadi "Queen".[3] Queen mengaudisi pemain bass dan mendapatkan John Deacon (1971).

Pada tahun 1973, Queen merilis album "Queen" dengan pengaruh dari Led Zeppelin dan The Who. Di album ini, Queen merilis dua single, yaitu Keep Yourself Alive dan Liar. Tahun berikutnya pun Queen merilis album Queen II dengan single Seven Seas of Rhye. Roger Taylor tidak menyukai nama album ini karena tidak kreatif. Pada kedua album ini, musik Queen menjadi lebih heavy metal dan hard rock, tetapi ada beberapa lagu yang ballad dan rock opera.

Sukses Pertama kali[sunting | sunting sumber]

Pada 8 September 1974 Queen merilis albumnya yg Ke-3 yaitu Sheer Heart Attack. Saat itu Queen meraih kesuksesan untuk pertama kalinya dan terkenal di tingkat Internasional lewat singel "Killer Queen". Dalam lagu ini terdapat lagu pertama ciptaan John Deacon, Misfire.

Pada 1975 Queen meminta bantuan pada John Reid (Manager Elton John) untuk mengatur ekonomi band yg kacau akibat perselisihan band dengan Trident Studio. Queen kemudian merilis album keempat yaitu A Night at the Opera. Pada saat itu A Night at the Opera adalah album termahal yang pernah dibuat.[4] Pada tahun 2004, rakyat Inggris memilih album ini sebagai album terbaik ke -13 sepanjang masa.[5]

Anggota Band[sunting | sunting sumber]

Anggota saat ini

  • Brian May – gitar, keyboard, vokal (1970–sekarang)
  • Roger Taylor – drum, gitar, keyboard, vocal (1970–sekarang)

Mantan Anggota

Queen + vokalis jangka panjang

Vokalis tamu lainnya

Anggota tur

  • Morgan Fisher – kibor, piano (1982)
  • Fred Mandel – kibor, piano (1982)
  • Spike Edney – kibor, piano, gitar ritme, vokal latar (1984–sekarang)
  • David Grosman – gitar bass (1998–2004)
  • Jamie Moses – gitar ritme, vokal latar (1998–2009)
  • Danny Miranda – gitar bass, vokal latar (2005–2009)
  • Rufus Tiger Taylor – perkusi, drum,vokal latar (2011–sekarang)
  • Neil Fairclough – gitar bass, vokal latar (2011–sekarang)

Anggota awal

  • Mike Grose – bass (1970)
  • Barry Mitchell – bass (1970–1971)
  • Doug Ewood Bogie – bass (1971)

Garis Waktu[sunting | sunting sumber]

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Album[sunting | sunting sumber]

Kompilasi[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Heritage award to mark Queen's first gig". Bbc.co.uk. 5 March 2013. 
  2. ^ "QOL F.A.Q." Queen Online. Are Queen still active as a band? Very much so. 
  3. ^ Hodkinson, Mark (2009). "Queen: The Early Years". p.118
  4. ^ "A Night at the Opera". Acoustic Sounds. 
  5. ^ "100 Greatest Albums". Channel 4. Diarsipkan dari versi asli tanggal 29 April 2009. Diakses tanggal 21 November 2006. 
  6. ^ Angermiller, Michele Amabile (27 August 2014). "Watch Lady Gaga Join Adam Lambert Onstage in Homage to the Queen "Mothership"". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal 26 September 2014. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]