John Deacon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
John Deacon
Deacon tampil bersama Queen di RDS Arena, Dublin pada 1979
Informasi latar belakang
Lahir19 Agustus 1951
Oadby, Leicester,  Inggris
Genre
Pekerjaan
Instrumen
Tahun aktif1965-1997, (pensiun)
Artis terkait

John Richard Deacon (lahir 19 Agustus 1951) adalah seorang pensiunan musisi Inggris, yang dikenal sebagai pemain bass untuk band rock Queen. Dia menggubah beberapa lagu untuk band, termasuk 10 top hits You're My Best Friend, Another One Bites the Dust, Back Chat, dan I Want to Break Free serta terlibat dalam pengelolaan keuangan band.

Deacon dibesarkan di Oadby, Leicestershire, bermain bass di sebuah band lokal, The Opposition, sebelum pindah untuk belajar elektronik di Chelsea College, London. Dia bergabung dengan Queen pada tahun 1971 pada kekuatan keterampilan musik dan elektroniknya, terutama Deacy Amp buatan rumah yang digunakan oleh gitaris Brian May untuk menciptakan orkestra gitar sepanjang karier Queen. Dari album ketiga, Sheer Heart Attack, dan seterusnya, ia menulis setidaknya satu lagu per album, beberapa di antaranya menjadi hits. Selain bass, Deacon juga memainkan beberapa gitar dan keyboard di studio milik Queen.

Setelah kematian penyanyi utama Freddie Mercury pada tahun 1991 dan Konser Tribute tahun berikutnya, Deacon hanya tampil secara sporadis dengan anggota Queen yang tersisa sebelum pensiun dari industri musik pada tahun 1997 setelah merekam No-One but You (Only the Good Die Young). Dia belum melakukan reuni dengan dua anggota yang tersisa, Brian May dan Roger Taylor.

Kehidupan Awal[sunting | sunting sumber]

John Richard Deacon lahir pada tanggal 19 Agustus 1951 di Leicester[1] dari pasangan Arthur Henry dan Lilian Molly Deacon (Perkins).[2] Ayahnya bekerja di perusahaan asuransi Norwich Union dan pada tahun 1960 keluarga mereka pindah ke Oadby, sebuah kota asrama.[3] Deacon dikenal oleh teman dan rekan bandnya sebagai 'Deaks' atau 'Deaky' dan bersekolah di Linden Junior School di Leicester, Gartree High School dan Beauchamp Grammar School di Oadby. Ia menjadi tertarik dengan elektronika, membaca majalah tentang elektronika dan membuat peralatan kecil, termasuk modifikasi dari sebuah gulungan pita rekaman untuk merekam musik langsung dari radio.[4][3] Ia belajar dengan baik dan meraih 8 GCE O level dan 3 A level, semua lolos dengan nilai A.[3] Ia sangat menikmati musik soul.[1]

Kehidupan Pribadi[sunting | sunting sumber]

Deacon sering kali dijelaskan sebagai anggota paling "pendiam" di band. Walaupun anggota lainnya merasa ia merupakan pemain bass yang paling cocok untuk mereka, ia jarang bicara pada saat latihan dan menghindari argumen. Ia tinggal di Putney di Barat Daya London bersama istrinya Veronica Tetzlaff, yang ia nikahi pada 18 Januari 1975, dan merupakan ayah dari enam anak. Salah satu alasan Queen berpisah dengan Trident, perusahaan pertama mereka, adalah karena mereka menolak meminjamkan Deacon uang untuk deposit rumahnya.

Menurut Daftar orang kaya versi Sunday Times, kekayaan Deacon bernilai £65 juta, atau sekitar $103 juta pada tahun 2019

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Lagu-lagu Queen yang ditulis oleh Deacon dan dirilis sebagai singel:

Lagu-lagu dari album Queen terpilih:

Lagu-lagu solo terpilih:

  • Jive Junior dan Man Friday: "Picking Up Sounds" (singel 7", 1983)
  • The Immortals: "No Turning Back" (singel dari soundtrack Biggles: Adventures in Time) (1986)

Referensi[sunting | sunting sumber]

Kutipan

  1. ^ a b Ken., Dean, (1986). Queen : a visual documentary. London: Omnibus Press. ISBN 0711908575. OCLC 17477626. 
  2. ^ Rider, Stephen (1993). Queen: these are the days of our lives (dalam bahasa Inggris). Castle Communications. ISBN 9781898141204. 
  3. ^ a b c Mark., Hodkinson, (2004). Queen : the early years. London: Omnibus Press. ISBN 1844490122. OCLC 56450858. 
  4. ^ "Official International Queen Fan Club > About John Deacon... Freddie Mercury | Brian May | Roger Taylor | John Deacon..." www.queenworld.com. Diakses tanggal 2018-11-27. 

Sumber

Bacaan lebih lanjut

  • Mark Blake (Editor) (2005). MOJO Classic Queen Special Edition. EMAP Metro Limited.