Tom Odell

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Tom Odell
Tom Odell-2140.jpg
Latar belakang
Nama lahir Thomas Peter Odell
Lahir 24 November 1990 (umur 28)
Chichester, West Sussex
Genre Indie pop
Pekerjaan penyanyi, penulis lagu
Tahun aktif 2012–sekarang
Label Columbia, In the Name Of
Situs web tomodell.com

Thomas Peter Odell (lahir di Chichester, West Sussex, 24 November 1990; umur 28 tahun) adalah seorang penyanyi-penulis lagu asal Inggris. Ia telah merilis album mini pertamanya, Songs from Another Love, pada tahun 2012 dan menang dalam BRITs Critics' Choice Award pada awal tahun 2013. Album debutnya, Long Way Down, dirilis pada tanggal 24 Juni 2013.

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Odell lahir di Chichester, West Sussex, dari ayah yang bekerja sebagai pilot dan ibu yang bekerja sebagai guru sekolah dasar. Ia memiliki seorang kakak perempuan. Odell menghabiskan sebagian masa kecilnya di Selandia Baru karena pekerjaan ayahnya. Ia dididik di Seaford University. Ia mulai belajar piano klasik ketika masih kelas 7. Ia mulai menulis lagunya sendiri pada umur 13 tahun, namun tidak mengatakan hal itu pada siapa pun, karena ia merasa itu "tidak keren".

Pada umur 18 tahun, Odell membatalkan rencananya untuk masuk ke University of York dan berusaha untuk mendapatkan tempat di sebuah perguruan tinggi musik di Liverpool. Ia muncul di acara open-mic malam di bar. Setelah setahun, ia pindah kembali ke Chichester setelah dibuat berlebihan oleh pekerjaannya di bar. Dengan memakai mobil neneknya, ia melakukan perjalanan ke London untuk bermain pertunjukan dan menempatkan iklan di sekolah musik. Ia kemudian pindah ke London untuk bermain sebagai bagian dari band "Tom and Tides". Namun, ia kemudian memutuskan untuk menjadi artis solo karena ia "tidak mau harus mengandalkan orang lain".

Karier[sunting | sunting sumber]

Odell menandatangani kontrak dengan label In the Name Of, sebuah label rekaman di bawah Columbia Records. Ia ditemukan oleh kepala label, Lily Allen, yang mengatakan bahwa, "energinya di panggung mengingatkan saya pada David Bowie".

Odell merilis album mini pertamanya, Songs from Another Love, pada bulan Oktober 2012. Ia membuat debut televisinya pada bulan November 2012 di acara TV Later ... with Jools Holland. Odell diumumkan sebagai salah satu dari lima belas nominasi untuk jajak pendapat BBC Sound of 2013 pada Januari 2013. Pada bulan yang sama, single "Another Love" digunakan BBC untuk mengiklankan jadwal tahun 2013 mereka. Lagu-lagu Odell telah digunakan dalam berbagai pementasan mode fesyen Burberry. Odell dinobatkan sebagai pemenang BRITs Critics' Choice Award, yang sebelumnya dimenangkan oleh artis-artis termasuk Adele dan Florence and the Machine, dan diwawancarai bersama pemenang sebelumnya, Emeli Sandé selama upacara pembukaan televisi pada bulan Februari 2013.

Album debut Odell, Long Way Down, dirilis pada tanggal 24 Juni 2013 dan mencapai posisi pertama di UK Official Chart.

Odell membawakan lagu pertamanya yang baru dari albumnya, Long Way Down, berjudul "Alex", pada tanggal 7 Februari 2014 di Pavilions Plymouth. Pertunjukannya itu dimulai di kaki terakhir dari tur "Long Way Down"-nya di Inggris. Namun, baru-baru ini, di Manchester Apollo pada tanggal 11 Februari 2014, Odell menyatakan bahwa ia tidak memiliki nama untuk lagu terbarunya. Lagu ini dianggap tentang mantan pacarnya, Alexandra Mcdermott.

Pengaruh musik[sunting | sunting sumber]

Odell tumbuh dengan mendengarkan lagu-lagu Elton John. Salah satu dari album-album pertama yang ia dengarkan adalah Goodbye Yellow Brick Road. Ia juga mengutip David Bowie, Jeff Buckley, Bob Dylan, Arthur Russell, Leonard Cohen, Leon Russell, Billy Joel, Randy Newman, Tom Waits, Rodríguez, dan Bruce Springsteen sebagai pengaruh musiknya.

Odell juga merupakan penggemar dari Arcade Fire, James Blake, Cat Power, Blur, Beach House, Radiohead, dan Ben Folds.

Odell mengatakan lirik lagu-lagunya terinspirasi dari "ketidakmampuan untuk mempertahankan hubungan dengan seseorang selama lebih dari enam bulan." Ia mengatakan, "Aku menemukan bahwa aku menulis lagu yang lebih baik ketika sedang jujur​​, dan menulis tentang hal-hal yang terjadi padaku."

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Album Studio

Album Mini (EP)

Penghargaan dan nominasi[sunting | sunting sumber]

Tahun Organisasi Kategori Hasil
2013 MTV Brand New For 2013[1] Nominasi
BRIT Awards Critics' Choice[2] Menang
BBC Sound of 2013[3] Nominasi
2014 BRIT Awards British Male Solo Artist Nominasi
British Breakthrough Act Nominasi

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "MTV's Brande New For 2013 Nominees announced". MTV. 2012-11-28. Diakses tanggal 2013-01-14. 
  2. ^ "Brit Awards tip Tom Odell for the top". BBC. 2012-12-20. Diakses tanggal 2012-12-22. 
  3. ^ "Sound of 2013 Profile: Tom Odell". BBC. 2012-12-10. Diakses tanggal 2012-12-22. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]