Toffee

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Toffee
Thorntonstoffee.jpg
JenisMakanan Manis
SajianMakanan penutup
Bahan utamaGula or Gula Tetes, Mentega
VariasiEnglish toffee, honeycomb toffee
Permen batangan merek Heath yang merupakan toffee yang dilapisi cokelat susu

Toffee merupakan makanan manis yang dibuat dengan mengkaramelkan gula atau gula tetes (untuk membuat sirup gula) bersama dengan mentega dan terkadang tepung. Campuran ini dipanaskan sehingga mencapai temperatur hard crack untuk gula yaitu 149 hingga 154 °C (300 hingga 310 °F). Saat dibuat, toffee terkadang dicampur dengan geluk atau kismis.

Pembuatan[sunting | sunting sumber]

Proses pembuatan toffee membutuhkan bahan-bahan yang direbus sehingga campuran bahan menjadi cukup kaku untuk dibentuk yang akan bertahan dan bentuk tersebut memiliki lapisan yang mengkilap. Hasil dari campuran biasanya dituangkan ke dalam nampan dangkal, dibiarkan untuk menjadi dingin untuk membentuk sebuah lempengan. Perbedaan bahan campuran, proses, dan paling penting adalah temperatur akan menghasilkan perbedaan tekstur dan kekerasan, dari berbentuk lembut, sering kali berbentuk lengket sampai keras, dan berbentuk rapuh. Warna cokelat dan rasa asap terdapat pada toffee karena proses pengaramelan gula.

Varian dan Aplikasi[sunting | sunting sumber]

Variasi popular di Amerika Serikat adalah English toffee, yaitu toffee dengan rasa mentega yang sering kali ditambahkan kacang almond. Variasi ini tersedia dalam bentuk lembut dan keras. Heath barsmerupakan merek makanan manis yang dibuat berdasarkan English toffee. Walaupun memiliki nama English toffee, makanan manis ini hanya memiliki sedikit kemiripan dengan makanan manis yang dikenal sebagai toffee di Britania Raya. Namun, satu produk mirip bernama butter crunch bisa ditemukan di Britania Raya, di Italia produk tersebut dikenal sebagai "mou candies"[1].

Variasi lainnya adalah honeycomb toffee yaitu versi aerasi dengan gelembung yang dibuat dengan menambahkan soda kue dan cuka saat mengaduk bahan. Terjadi reaksi antara karbon dioksida yang terjebak dalam campuran yang sangat kental. di Britania Raya dan Kanada, makanan manis honeycomb yang terkenal adalah Crunchie bar, serupa dengan cokelat Australia bernama Violet Crumble, sedangkan di Selandia Baru, es krim vanila dengan taburan honeycomb disebut dengan hokey pokey.

Pengaplikasian lain dari toffee adalah toffee apples, terkadang disebut sebagai permen apel, makanan manis ini adalah buah apel yang dilapisi dengan toffee keras yang dipasang pada batang. Toffee apples serupa dengan taffy apples dan caramel apples yang dilapisi dengan karamel.

Toffee bisa dicampur dengan beragam bahan untuk menghasilkan variasi rasa, toffee bisa dicampur dengan rum dan mentega, lapisan cokelat, vanila dan cokelat, rum dan kismis, raspberry, dan honeycomb.

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Asal muasal kata ini tidak diketahui, penulis Harold McGeemengklaim bahwa kata ini berasal "dari Creole untuk campuran gula dan molase", tetapi bahasa kreol tidak bisa ditentukan[2]. Oxford English Dictionary mencantumkan kata ini pada 1825 dan diidentifikasi berasal dari variasi kata taffy (1817), dimana keduanya dicatat sebagai dialek bahasa Inggris untuk pertama kalinya[3][4].

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Hughes, Glyn Lloyd (2010). The Foods of England. Tomato. hlm. 265. ISBN 9780955694837. 
  2. ^ McGee, Harold (2004). On Food and Cooking: The Science and Lore of the Kitchen. Scribner. hlm. 650. ISBN 9780684800011. 
  3. ^ "toffee, n. and a.", Oxford English Dictionary Second Edition 1989
  4. ^ "taffy1", Oxford English Dictionary Second Edition 1989