Dulce de leche

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Segelas dulce de leche

Dulce de leche (bahasa Spanyol:"Gula-gula susu") atau Doce de Leite (bahasa portugis: Gula-gula susu), adalah sebuah konsentrat yang terbuat dari susu. Konsentrat ini tersedia dalam bentuk cair dan gula-gula. Cara pembuatannya adalah dengan merebus susu manis dengan api kecil sehingga rasanya berubah seperti karamel. Dulce de leche juga merupakan pelengkap roti dan berbagai hidangan penutup Argentina.

Dulce de leche sangat terkenal di Argentina dan Uruguay, juga Paraguay dan Brasil. Di Prancis, dulce de leche dikenal sebagai Confiture de lait.

Asal[sunting | sunting sumber]

Banyak cerita mengenai asal muasal dulce de leche. Salah satunya adalah seorang caudillo Argentina Juan Manuel de Rosas, pada abad ke-19. Suatu hari di musim dingin di rumah Rosas, saat itu pembantu Rosas sedang membuat lechada—sebuah minuman yang terbuat dari susu dan gula yang direbus sampai berubah seperti karamel—lalu seseorang mengetuk pintu. Sang pembantu secara tidak sengaja lupa mematikan api ketika membuka pintu, tetapi saat kembali ke dapur, susu itu telah hangus dan berubah menjadi dulce de leche.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]