Tionghoa Kamboja

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Tionghoa Kamboja
柬埔寨華人
ចិនកម្ពុជា
Khmerhokkienwedding.JPG
Tionghoa Kamboja pada sebuah acara pernikahan di Kampong Thom
Total populasi
1,500,000 (est.)
10% dari populasi Kamboja (2013)[1]
Kawasan dengan populasi yang signifikan
Phnom Penh, Kampong Thom, Battambang, Kampot, soung
Bahasa
Khmer, Min Nan (Teochew, Hokkien dan Hainan), Hakka, Kanton
Agama
Agama tradisional Tionghoa (Tao dan Konghucu), Buddha Mahayana, Buddha Theravada[2]
Kelompok etnis terkait
Tionghoa perantauan

Tionghoa Kamboja adalah orang Kamboja keturunan atau memiliki darah Tionghoa. Istilah Khmer Khmer kat Chen (ខ្មែរកាត់ចិន) digunakan untuk orang-orang campuran Kamboja & Tionghoa sementara Khmer Chen (ខ្មែរចិន) memiliki arti warga negara kelahiran Kamboja keturunan Tionghoa (Khmer merupakan kelompok etnis mayoritas di Kamboja dan Chen artinya "Tionghoa" dalam bahasa Khmer). Pada akhir 1960an dan awal 1970an, mereka menjadi etnis minoritas terbesar di Kamboja dengan jumlah sekitar 425,000 orang. Namun, pada 1984, hanya ada 61,400 orang Kamboja keturunan Tionghoa. Penurunan tersebut dikarenakan peperangan, kesenjangan ekonomi, penganiayaan Khmer Merah dan Vietnam, dan emigrasi. Namun, terdapat sepuluh ribu keturunan campuran Tionghoa dan Khmer.

Meskipun jumlah mereka kecil, Tionghoa Kamboja terwakili dalam sebagian besar aspek menonjol dalam masyarakat Kamboja, yang seringkali menimbulkan perasaan mulai dari kebencian terhadap diskriminasi langsung oleh Khmer "murni". Tionghoa Kamboja memainkan peran utama dalam sektor bisnis Kamboja serta ranah politik Kamboja. Tionghoa Kamboja juga memiliki pengaruh dalam ekonomi Kamboja dan diperkirakan memiliki pembagian besar darinya.[3]

Tionghoa Khmer terkenal[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Cambodia Socio-Economic Survey 2013" (PDF). National Institute of Statistics, Ministry of Planning, Government of Cambodia. July 2014. hlm. 12. Diakses tanggal 2015-01-16. 
  2. ^ Willmott (1967), p. 38-9
  3. ^ China-Cambodia: More than just friends?

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]