Thiokol

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Thiokol (variasi Thiokol Chemical Corporation(/Company), Morton Thiokol Inc. (MTI), Cordant Technologies Inc., Thiokol Propulsion, AIC (Alcoa Industrial Components) Group, yang kemudian menjadi bagian dari Alliant Techsystems (ATK) Inc., kemudian ATK Thiokol, ATK Launch Systems Group; akhirnya Orbital ATK sebelum menjadi bagian dari Northrop Grumman Innovation Systems dan Northrop Grumman) adalah sebuah perusahaan Amerika yang awalnya bergerak di bidang karet dan bahan kimia terkait, dan kemudian dengan sistem propulsi roket dan rudal. Namanya merupakan gabungan dari kata Yunani untuk belerang (θεῖον "theion") dan lem (κόλλα "kolla"), mengacu pada produk awal perusahaan, polimer Thiokol.

Perusahaan Kimia Thiokol didirikan pada tahun 1929. Bisnis awalnya adalah rangkaian produk karet sintetis dan sealant polimer. Thiokol adalah pemasok utama sealant polimer cair selama Perang Dunia II. Ketika para ilmuwan di Laboratorium Propulsi Jet menemukan bahwa polimer Thiokol dapat menjadi pengikat ideal untuk bahan bakar roket padat, Thiokol pindah ke bidang baru, membuka laboratorium di Elkton, Maryland, dan kemudian fasilitas produksi di Elkton dan di Redstone Arsenal di Huntsville, Alabama. Huntsville memproduksi sistem XM33 Pollux, TX-18 Falcon, dan TX-135 Nike-Zeus. Itu ditutup pada tahun 1996. Pada pertengahan 1950-an perusahaan membeli tanah yang luas di Utah untuk uji coba roketnya.[1][2]

Produk[sunting | sunting sumber]

Produk yang dibuat oleh divisi kedirgantaraan RMI dan Thiokol antara lain motor yang digunakan di Subroc, rudal Pershing, rudal Peacekeeper, rudal Poseidon, rudal Minuteman, serta rudal Trident I dan Trident II. Thiokol memproduksi pembangkit listrik untuk berbagai sistem rudal militer AS, termasuk AIM-9 Sidewinder, AGM-88 HARM, AGM-65 Maverick, AGM-69 SRAM, dan AIR-2 Genie.

Thiokol juga memproduksi berbagai motor roket cair dan padat untuk program luar angkasa AS, termasuk motor deorbit untuk program Merkurius dan Gemini, motor roket tahap dan pemisah untuk program Apollo, motor untuk Pioneer, Surveyor, Viking, Voyager, dan Misi Magellan, penguat CASTOR yang diperbarui untuk roket Delta, dan Penguat Roket Padat Pesawat Ulang-alik. Pembangkit listrik Reaction Motors menggerakkan pesawat X-1 dan X-15, dan kemudian teknologi Thiokol juga digunakan pada pesawat luar angkasa berawak Tier Satu pribadi. Pada tanggal 1 Maret 2006, NASA mengumumkan bahwa Thiokol akan menjadi kontraktor utama untuk Crew Launch Vehicle (CLV) baru, yang dikenal sebagai Ares I, yang akan menempatkan pesawat ruang angkasa Orion (sebelumnya dikenal sebagai "Crew Exploration Vehicle") ke orbit rendah Bumi, bersama dengan SRB lima segmen untuk Kendaraan Peluncuran Kargo (CaLV) angkat berat, yang dikenal sebagai Ares V.

Selain lift ski, Thiokol juga memproduksi berbagai peralatan untuk resor ski termasuk kucing salju dan kendaraan perawatan salju. Bisnis ini dipisahkan pada tahun 1978 ketika perusahaan merestrukturisasi dirinya untuk berkonsentrasi pada produk roket dan teknologi terkait. John Z. DeLorean membeli operasi kucing salju Thiokol dan menamainya DMC. DMC terus memproduksi kucing salju hingga tahun 1988, ketika perusahaan tersebut berganti nama menjadi LMC. LMC terus membuat kucing salju selama 12 tahun lagi tetapi berhenti beroperasi pada tahun 2000. Thiokol memproduksi kendaraan salju dengan berbagai kemampuan dan tugas. Perusahaan juga memproduksi beberapa kendaraan berbasis utilitas berdasarkan kendaraan pelacak kucing salju mereka, selain mesin perawatan salju yang lebih besar yang cocok untuk digunakan di lereng ski yang curam. Mesin Thiokol digunakan di resor ski, dioperasikan oleh USAF di Alaska dan wilayah utara lainnya, dan sekarang populer di kalangan pemilik swasta sebagai kucing salju yang dapat diandalkan dan untuk transportasi segala medan.

Thiokol memelopori motor roket pembakaran pendek yang digunakan di kursi lontar pesawat. Perusahaan juga memproduksi sejumlah sistem kantung udara praktis paling awal, dengan membangun generator gas eksotermik natrium azida berkecepatan tinggi yang digunakan untuk menggembungkan kantung. Tas Thiokol pertama kali digunakan di pesawat militer AS, sebelum diadaptasi untuk eksplorasi ruang angkasa (Mars Pathfinder memantul di Mars menggunakan kantung udara Thiokol) dan kantung udara otomotif. Generator Thiokol merupakan inti dari lebih dari 60% airbag yang dijual di seluruh dunia.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Rogers, William P.; Armstrong, Neil A.; Acheson, David C.; Covert, Eugene E.; Feynman, Richard P.; Hotz, Robert B.; Kutyna, Donald J.; Ride, Sally K; Rummel, Robert W.; Sutter, Joseph F.; Walker, Arthur B.C.; Wheelon, Albert D.; Yeager, Charles E. (June 6, 1986). "Report of the Presidential Commission on the Space Shuttle Challenger Accident" (PDF). NASA. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal July 13, 2021. Diakses tanggal July 13, 2021. 
  2. ^ Morton Thiokol: Getting off easy. Gregory R. Bell, Harvard Crimson, December 10, 1986