The Woman in Black (film 2012)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
The Woman in Black
Woman in black ver4.jpg
Poster rilis bioskop
Sutradara James Watkins
Produser Richard Jackson
Simon Oakes
Brian Oliver
Skenario Jane Goldman
Berdasarkan The Woman in Black 
oleh Susan Hill
Pemeran Daniel Radcliffe
Ciarán Hinds
Janet McTeer
Liz White
Musik Marco Beltrami
Sinematografi Tim Maurice-Jones
Penyunting Jon Harris
Perusahaan
produksi
Cross Creek Pictures
Hammer Film Productions
Alliance Films
UK Film Council
Talisman Productions
Exclusive Media Group
Film i Väst
Filmgate Films
Distributor Momentum Pictures (Britania Raya)
CBS Films
(Amerika Serikat)
Alliance Films (Kanada)
Tanggal rilis
  • 3 Februari 2012 (2012-2-3) (Amerika Serikat)
  • 10 Februari 2012 (2012-2-10) (Britania Raya)
Durasi
95 menit[1]
Negara Britania Raya[2]
Bahasa Inggris
Anggaran $15 juta[3]
Pendapatan kotor $127.730.736[4]

The Woman in Black adalah film psikologis/supranatural, horor-thriller Britania Raya tahun 2012 yang disutradarai oleh James Watkins dan diskenarioi oleh Jane Goldman, diangkat dari novel berjudul sama karangan Susan Hill. Film ini diproduksi oleh Hammer Film Productions dan dibintangi oleh Daniel Radcliffe, Ciarán Hinds, Janet McTeer, Sophie Stuckey, dan Liz White. The Woman in Black dirilis di Amerika Serikat dan Kanada pada tanggal 3 Februari 2012, dan mendapat ulasan yang umumnya positif. Di Britania Raya, film ini dirilis pada 10 Februari 2012. [5][6]

Plot[sunting | sunting sumber]

Di era Edward, di sebuah kota kecil di Inggris, tiga gadis kecil sedang bermain boneka. Tiba-tiba mereka menoleh ke arah atas dan melihat sesuatu (off-screen), mereka kemudian bangun dan berjalan dalam keadaan trans ke arah jendela dan melompat keluar menuju kematian mereka. Di London, Arthur Kipps (Daniel Radcliffe), seorang pengacara miskin dan duda yang memiliki putra berumur empat tahun bernama Joseph, diperintahkan oleh kantornya untuk mengurus dokumen yang akan digunakan untuk menjual sebuah rumah besar suram bernama Eel Marsh, yang terisolasi dan terpencil. Meskipun ia ragu-ragu untuk meninggalkan putranya sendirian dengan pengasuhnya, bos Arthur memperingatkannya bahwa jika ia gagal dalam menyelesaikan tugasnya ini, maka ia akan kehilangan pekerjaannya.

Arthur diperlakukan dengan sangat dingin dan tidak ramah pada saat kedatangannya, dan ia hampir tidak bisa mendapatkan kamar untuk bermalam. Beruntung ia bertemu dengan seorang pria setempat yang baik bernama Samuel Daily (Ciarán Hinds) dan istrinya Elisabeth (Janet McTeer), yang mengizinkannya untuk tinggal di rumah mereka. Arthur mengunjungi kontak hukumnya, Mr Jerome, yang menyodorinya dengan tumpukan dokumen yang ia butuhkan dan menyuruhnya untuk kembali ke London. Sebaliknya, Arthur tidak kembali ke London, ia malah membayar seorang kusir untuk membawanya ke Eel Marsh, dan berniat untuk menyelesaikan pekerjaannya di sana. Di tempat itu, ia dihantui oleh suara-suara aneh, jejak kaki misterius, dan penampakan seorang wanita berpakaian hitam. Arthur kemudian mendengar keributan di luar Eel Marsh, ia mencari tahu, namun yang ia temukan hanyalah suara kuda dan kusirnya yang sedang menunggunya untuk kembali. Arthur lalu melaporkan kejadian tersebut kepada polisi. Saat di kantor polisi, tiga orang anak datang ke sana; dua anak laki-laki yang membawa adik perempuannya yang pucat dan mengungkapkan bahwa ia baru saja meminum alkali. Anak perempuan itu kemudian roboh dalam pelukan Arthur dan tewas. Malam itu, Sam mengungkapkan bahwa ia dan istrinya kehilangan putranya yang tenggelam di laut saat ia masih kecil, dan Elisabeth – yang telah kehilangan akal sehatnya akibat kesedihan yang mendalam – mengukir pola tak jelas di meja makan, Arthur kemudian mengetahui bahwa pola itu berbentuk seorang wanita yang sedang gantung diri.

Keesokan harinya, Arthur memutuskan menginap di Eel Marsh untuk menyelesaikan pekerjaannya. Di sana, ia menemukan surat dari Alice Drablow, wanita pemilik rumah yang telah meninggal, dan saudarinya yang mengalami gangguan jiwa, Jennet Humfrye (Liz White). Jennet menulis bahwa Alice telah mencuri putranya, Nathaniel, darinya dan meminta untuk mengizinkannya melihat putranya. Dalam surat berikutnya, ia mengungkapkan bahwa putranya tenggelam di rawa dan Jennet menyalahkan Alice atas kematian putranya sebelum memutuskan untuk bunuh diri. Mainan mulai membuat kebisingan di kamar Nathaniel di lantai atas, Arthur memeriksanya dan ia sekali lagi melihat penampakan "Woman in Black". Keesokan harinya, Arthur mengetahui bahwa kematian anak-anak di desa adalah hasil perbuatan Jennet si "Woman in Black", yang mengutuk penduduk desa karena putranya direnggut dari sisinya. Elisabeth kemudian mengungkapkan bahwa Joseph, yang akan dibawa ke desa oleh pengasuhnya pada esok hari, merupakan target dari "Woman in Black" berikutnya. Dalam upayanya untuk menghilangkan kutukan Jennet, Arthur memutuskan untuk mempersatukan kembali Nathaniel dan Jennet dengan cara menemukan mayat Nathaniel yang terkubur di rawa. Dengan bantuan Sam, ia berhasil mengeluarkan jasad Nathaniel dari rawa. Selanjutnya, mereka menaruh jasad Nathaniel di Eel Marsh, dan Jennet akhirnya bisa bertemu kembali dengan putranya, dan ia puas. Arthur dan Sam kemudian menguburkan Nathaniel di makam tempat Jennet bersemayam.

Malam berikutnya, Joseph dan Arthur bertemu kembali di stasiun kereta dan berniat untuk segera kembali ke London, namun Joseph menyelinap pergi selagi Arthur dan Sam sibuk berbicara. Arthur tiba-tiba melihat penampakan "Woman in Black" di seberang rel kereta dan ia menyadari bahwa putranya sedang berjalan di sepanjang rel di bawah perintah dari "Woman in Black". Hal ini menjelaskan bahwa ia belum mencabut kutukannya. Arthur melompat ke arah rel kereta untuk menyelamatkan putranya, namun terlambat. Sebuah kereta melintas dan menabrak mereka berdua. Sementara itu, Sam sekilas melihat penampakan "Woman in Black" dan anak-anak yang telah dibunuhnya di jendela kereta. "Woman in Black" memekik dan kemudian lenyap. Setelah kereta lewat, Arthur yang kebingungan berupaya untuk memanggil Sam dan pengasuh Joseph, namun ia tidak melihat siapapun di sekitarnya. Joseph menunjuk dan menanyakan identitas seorang wanita bergaun putih yang tak dikenalnya yang tiba-tiba muncul di hadapan mereka. Arthur tersenyum dan mengatakan bahwa wanita itu adalah almarhumah ibunya. Stella Kipps meraih tangan suaminya dan mereka bertiga menghilang ke dalam kabut. Sementara itu, di kegelapan, Jennet terisak dan memandang mereka dengan iri. Film berakhir, wajah Jennet perlahan menoleh ke arah penonton dan layar berubah menjadi hitam.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Daniel Radcliffe sebagai Arthur Kipps, seorang pengacara muda
  • Ciarán Hinds sebagai Sam Daily, seorang tuan tanah lokal
  • Janet McTeer sebagai Elisabeth Daily, istri Sam Daily
  • Liz White sebagai Jennet Humfrye, "The Woman in Black"
  • Roger Allam sebagai Mr. Bentley, rekan senior Arthur di firma hukumnya
  • Tim McMullen sebagai Jerome, pengacara lokal
  • Jessica Raine sebagai pengasuh Joseph
  • Daniel Cerqueira sebagai Keckwick, kusir kereta
  • Shaun Dooley sebagai Fisher, pemilik penginapan di desa
  • Mary Stockley sebagai Mrs Fisher
  • Molly Harmon, Emma Shorey, dan Ellisa Walker-Reid sebagai putri-putri Fisher
  • David Burke sebagai PC Collins, polisi desa
  • Sophie Stuckey sebagai Stella Kipps, istri Arthur
  • Misha Handley sebagai Joseph Kipps, putra Arthur
  • Aoife Doherty sebagai Lucy Jerome, putri Jerome
  • Victor McGuire sebagai Gerald Hardy, warga desa
  • Alexia Osborne sebagai Victoria Hardy, putri Hardy
  • Alisa Khazanova sebagai Alice Drablow
  • Ashley Foster sebagai Nathaniel Drablow, putra "Woman in Black"/Jennet
  • Sidney Johnston sebagai Nicholas Daily, putra Daily

Produksi[sunting | sunting sumber]

Pengembangan[sunting | sunting sumber]

Jane Goldman diumumkan sebagai penulis skenario pada awal 2009.

Proyek produksi film ini diumumkan pada tahun 2009,[7] Jane Goldman diumumkan sebagai penulis skenario[7] dan kemudian James Watkins diumumkan sebagai sutradara.[8] Pada tanggal 19 Juli 2010, Daniel Radcliffe diumumkan sebagai aktor yang memerankan Arthur Kipps.[9] Dua bulan kemudian, diumumkan bahwa pemeran Harry Potter Ciarán Hinds juga akan bergabung bersama Radcliffe, yang akan memerankan Sam Daily.[10] Sebelum pengambilan gambar dilakukan, Radcliffe menemui psikolog agar ia lebih bisa memahami karakternya.[11] Karakter Joseph Kipps, putra Arthur Kipps, diperankan oleh Misha Handley, yang merupakan anak baptis Radcliffe di kehidupan nyata.[12]

Pengambilan gambar[sunting | sunting sumber]

Film ini pada awalnya direncanakan akan di syut dalam format 3D,[7] namun rencana tersebut kemudian dibatalkan.[13] Pengambilan gambar secara resmi dimulai pada tanggal 26 September 2010.[14] Keesokan harinya, Radcliffe dilaporkan sedang berada di Peterborough, Inggris, untuk syuting.[15] Pada awal Oktober, para kru terlihat sedang melakukan pengambilan gambar di Layer Marney Tower, Essex.[16] Pengambilan gambar berakhir secara resmi pada 4 Desember 2010.[17]

Pasca-produksi[sunting | sunting sumber]

Di Kapow! Comic Con London pada bulan April 2011, sutradara James Watkins mengkonfirmasi bahwa syuting telah selesai pada bulan Desember 2010 dan proses pasca-produksi akan berlangsung hingga Juni 2011.[18] Untuk perilisannya di Britania, beberapa perubahan dilakukan supaya film tersebut memenuhi syarat untuk memperoleh sertifikat 12A. Momentum Theatrical, distributor film ini, memotong enam detik adegan film dan melakukan beberapa pengeditan gambar lainnya.[19] Adegan yang dipotong ini tidak pernah diungkapkan kepada publik, namun dengan membandingkan penayangannya di AS dan di Britania, maka dipastikan bahwa adegan yang dipotong di Britania adalah adegan gantung diri Jennet dan adegan saat Lucy Jerome membakar dirinya hidup-hidup.

Musik[sunting | sunting sumber]

The Woman in Black Original Motion Picture Soundtrack
Thewomaninblackost.jpg
Album soundtrack karya Marco Beltrami
Dirilis 12 Maret 2012
Genre Skor
Durasi 55:24
Label Silva Screen Records
Produser Marco Beltrami
Jalur suara oleh Marco Beltrami
The Thing
(2011)The Thing2011
The Woman in Black
(2012)
Trouble with the Curve
(2012)Trouble with the Curve2012

Jalur suara untuk film ini dikomposeri oleh komposer film Amerika Marco Beltrami. Ini menerima ulasan positif dan dirilis sebagai album jalur suara pada 12 Maret 2012 oleh Silva Screen Records.[20][21]

Seluruh musik diciptakan oleh Marco Beltrami.

No. Judul Durasi
1. "Tea for Three Plus One"   1:40
2. "The Woman in Black"   1:56
3. "Crossing the Causeway"   2:24
4. "Bills Past Due"   1:22
5. "Voices in the Mist"   2:00
6. "Journey North"   2:56
7. "Cellar Eye"   2:49
8. "First Death"   2:00
9. "The Attic Room"   1:56
10. "The Door Opens"   1:46
11. "Fireside"   2:30
12. "You Could Have Saved Him"   2:58
13. "Crazy Writing"   2:16
14. "In the Graveyard"   2:56
15. "Elisabeth's Vision"   3:40
16. "Into the Fire"   3:57
17. "Jennet's Letters"   2:12
18. "Race to the Marsh"   2:11
19. "Rising From the Mud"   3:13
20. "Summoning the Woman in Black"   4:27
21. "Reunion"   1:42
22. "Arthur's Theme"   2:46
Durasi total:
55:24

Rilis[sunting | sunting sumber]

Kritik[sunting | sunting sumber]

Pada 24 Mei 2012, film ini memperoleh rating 65% di situs film Rotten Tomatoes, berdasarkan 171 ulasan, dengan nilai rata-rata 6/10.[22] The Woman in Black diberi rating 62/100 di Metacritic, berdasarkan 39 ulasan, dan dengan ulasan yang "umumnya positif".[23]

Box office[sunting | sunting sumber]

Selama pembukaan akhir pekannya, The Woman in Black meraup pendapatan sekitar $ 20 juta, menjadi film produksi Hammer dengan pendapatan terbesar saat pembukaannya di AS,[24] dan bertengger di tangga kedua box office, di bawah Chronicle.[25][26][27] Pada bulan Juni 2012, The Woman in Black telah meraup total pendapatan kotor senilai $ 127.730.736 di seluruh dunia.[4] Film ini juga menjadi film horor Britania dengan pendapatan kotor tertinggi dalam 20 tahun terakhir.[28]

Rilis media[sunting | sunting sumber]

The Woman in Black dirilis dalam bentuk DVD dan cakram Blu-ray pada tanggal 18 Juni 2012 di Britania Raya,[29] dan pada 22 Mei 2012 di Amerika Serikat.[30]

Sekuel[sunting | sunting sumber]

Pada bulan April 2012, Hammer Films mengumumkan bahwa mereka akan memproduksi sekuel The Woman in Black, yang berjudul The Woman in Black: Angel of Death. Sinopsis resmi untuk sekuel ini adalah: "Setelah disita oleh pemerintah dan diubah menjadi rumah sakit jiwa militer selama Perang Dunia II, kedatangan para tentara ke Eel Marsh telah membangunkan penghuni tergelapnya. Eve, seorang perawat muda yang cantik, dikirim ke sana untuk merawat pasien. Namun, Eve menyadari bahwa ia harus menyelamatkan pasien-pasiennya dari setan yang telah mereka bangunkan. Satu per satu, mereka menjadi korban Woman in Black."[31]

Penulis novel asli Susan Hill akan membantu mengembangkan ceritanya, sedangkan skenarionya ditulis oleh Jon Croker.[28][32][33] Pada bulan Oktober 2012, Tom Harper diumumkan sebagai sutradara filmnya.[34] Pemeran filmnya belum diumumkan, namun ada rumor yang menyatakan bahwa Daniel Radcliffe akan muncul sebentar untuk mengulangi perannya di film pertama.[35]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The Woman in Black (12A)". British Board of Film Classification. Diakses tanggal 20 January 2012. 
  2. ^ Felperin, Leslie (25 January 2012). "Film Front Reviews". Variety. Diakses tanggal 7 February 2012. 
  3. ^ Dawtrey, Adam (2 March 2012). "Hammer nails coin from next gen". Variety. Diakses tanggal 24 March 2012. 
  4. ^ a b "The Woman in Black". Box Office Mojo. Diakses tanggal 3 April 2012. 
  5. ^ "Release Date Moves: Searchlight's 'The Descendants', CBS Films' 'The Woman In Black'". Deadline.com. Mail.com Media. 28 July 2011. Diakses tanggal 28 July 2011. 
  6. ^ "The Woman in Black Teaser Trailer". Good Film Guide. 10 April 2011. Diakses tanggal 10 April 2011. 
  7. ^ a b c "3D Version of the Woman in Black Coming from Hammer". DreadCentral.com. 4 November 2009. Diakses tanggal 27 September 2010. 
  8. ^ "Hammer Options Rights to Famous Horror Novel "The Woman in Black"". HammerFilms.com. 1 February 2010. Diakses tanggal 2 October 2010. 
  9. ^ "Daniel Radcliffe to star in The Woman in Black". BBC News. 19 July 2010. Diakses tanggal 27 September 2010. 
  10. ^ Martyn Conterio (8 September 2010). "Two More Actors Set To Join 'The Woman in Black'". FilmShaft.com. Diakses tanggal 27 September 2010. 
  11. ^ Kristy Kelly (20 September 2010). "Daniel Radcliffe 'prepares for Black role'". Daily Spy. Diakses tanggal 27 September 2010. 
  12. ^ Chris Evan's Breakfast Show. 10 February 2012.
  13. ^ Russ Fischer (27 September 2010). "First Look: Daniel Radcliffe in 'Woman in Black'". /Film. Diakses tanggal 27 September 2010. 
  14. ^ "Hammer's official Twitter account". Twitter. 7 September 2010. Diakses tanggal 27 September 2010. via @RoomofRadcliffe @hammerfilms Have heard that The Woman in Black starts filming on Sept.26! Can't wait to see this!! 
  15. ^ "Daniel Radcliffe pictured in The Woman in Black". Telegraph. 27 September 2010. Diakses tanggal 27 September 2010. 
  16. ^ "Layer Marney News: The Woman in Black". LayerMarneyTower.co.UK. Diakses tanggal 22 October 2010. 
  17. ^ "Hammer's official Twitter account". Twitter. 4 December 2010. Diakses tanggal 4 April 2011. On this day in 2010, production wraps on THE WOMAN IN BLACK. 
  18. ^ "Kapow! Adrian reports in on Hammer's The Woman In Black and more genre goodies!". AintItCool.com. 10 April 2011. Diakses tanggal 2011-10-10. 
  19. ^ "The Woman in Black". British Board of Film Classification. Diakses tanggal 2012-02-11. In addition to the 6 seconds of visual cuts, substitutions were also made by darkening some shots and by reducing the sound levels on others. 
  20. ^ Southall, James (6 April 2012). "The Woman in Black". MovieWave.net. Diakses tanggal 24 May 2012. 
  21. ^ Paton, Atila (13 March 2012). "The Woman in Black". SoundTrack.Net. Diakses tanggal 24 May 2012. 
  22. ^ "The Woman in Black (2012)". Rotten Tomatoes. Flixster. Diakses tanggal 24 May 2012. 
  23. ^ "The Woman in Black". Metacritic. Diakses tanggal 24 May 2012. 
  24. ^ Barry, Vic (6 February 2012). "The Woman In Black has highest ever opening for Hammer". The Movie Bit. Diakses tanggal 24 May 2012. 
  25. ^ Smith, Grady (6 February 2012). "Box office report: 'Chronicle' earns a super powerful $22 million on Super Bowl weekend". Entertainment Weekly. Diakses tanggal 24 May 2012. 
  26. ^ Subers, Ray (2 February 2012). "Forecast: 'Chronicle' To Crush Super Bowl Weekend". Box Office Mojo. Diakses tanggal 24 May 2012. 
  27. ^ "Weekend Predictions: 'Chronicle,' 'The Woman in Black' and 'Big Miracle'". BoxOffice.com. 1 February 2012. Diakses tanggal 31 May 2012. 
  28. ^ a b "'The Woman in Black' Sequel Moving Forward". Fused Film. Diakses tanggal 24 May 2012. 
  29. ^ "The Woman in Black [DVD]". Amazon.co.UK. Diakses tanggal 24 May 2012. 
  30. ^ "The Woman in Black (+ UltraViolet Digital Copy) [Blu-ray] (2012)". Amazon.com. Diakses tanggal 24 May 2012. 
  31. ^ Schwartz, Terri (13 June 2012). "'Woman In Black' Sequel Story Details Revealed". MTV. Diakses tanggal 13 June 2012. 
  32. ^ Newman, Nick (2 April 2012). "'The Woman in Black' Gets Sequel Treatment, 'Angels of Death'". The Film Stage. Diakses tanggal 24 May 2012. 
  33. ^ Miller, Jenni (2 April 2012). "'The Woman in Black' Becomes a Frightening Franchise with 'The Angels of Death'". Next Movie. Diakses tanggal 24 May 2012. 
  34. ^ Trumbore, Dave (13 October 2012). "Tom Harper Set to Direct THE WOMAN IN BLACK: ANGELS OF DEATH". Collider. Diakses tanggal 13 October 2012. 
  35. ^ Keene, Allison (18 June 2012). "Daniel Radcliffe Hinted to Return in THE WOMAN IN BLACK Sequel, ANGELS OF DEATH". Collider. Diakses tanggal 13 October 2012. 

Bacaan lanjutan[sunting | sunting sumber]

  • Grunert, Andrea. "The Woman in Black". Enzyklopädie des Phantastischen Films. Issue 97, Meitingen: Corian Verlag. March 2012. p. 1–19. ISBN 978-3-89048-497-6.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]