The Theory of Everything (film 2014)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
The Theory of Everything
The Theory of Everything Movie Poster 2014.jpg
Poster film The Theory of Everything
Sutradara James Marsh
Produser Tim Bevan
Eric Fellner
Lisa Bruce
Anthony McCarten
Skenario Anthony McCarten
Berdasarkan Travelling to Infinity: My Life with Stephen 
oleh Jane Wilde Hawking
Pemeran Eddie Redmayne
Felicity Jones
Charlie Cox
David Thewlis
Emily Watson
Simon McBurney
Musik Jóhann Jóhannsson
Sinematografi Benoît Delhomme
Penyunting Jinx Godfrey
Perusahaan
produksi
Working Title Films
Distributor Focus Features
(Amerika Serikat)
Universal Pictures
(internasional)
Tanggal rilis
  • 7 September 2014 (2014-9-7) (Festival Film Internasional Toronto)
  • 7 November 2014 (2014-11-7) (terbatas di Amerika Serikat)
  • 26 November 2014 (2014-11-26) (secara luas di Amerika Serikat)
  • 1 Januari 2015 (2015-1-1) (Britania Raya)
Durasi
123 menit[1][2]
Negara Britania Raya
Bahasa Inggris
Anggaran $15 juta[3]
Pendapatan kotor $123,726,688[3]

The Theory of Everything adalah film biografi drama Britania Raya tahun 2014[4] yang disutradarai oleh James Marsh dan diproduseri oleh Tim Bevan, Eric Fellner, Lisa Bruce dan Anthony McCarten. Naskah film ini ditulis oleh Anthony McCarten berdasarkan buku Travelling to Infinity: My Life with Stephen karya Jane Wilde Hawking.[5] Film ini dibintangi oleh Eddie Redmayne, Felicity Jones, Charlie Cox, David Thewlis, Emily Watson dan Simon McBurney.

Film The Theory of Everything ditayangkan secara perdana di Festival Film Internasional Toronto pada tanggal 7 September 2014[6] dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 7 November 2014 secara terbatas dan 26 November 2014 secara luas.[7] Film ini dirilis di Britania Raya pada tanggal 1 Januari 2015.[8] Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1963, mahasiswa jurusan astrofisika Universitas Cambridge Stephen Hawking (Eddie Redmayne) memulai hubungan romantis dengan mahasiswa jurusan sastra Jane Wilde (Felicity Jones). Meskipun Stephen unggul dalam matematika dan fisika, teman-teman dan profesornya prihatin karena tidak memiliki topik tesis. Setelah Stephen dan profesornya, Dennis Sciama (David Thewlis), menghadiri seminar tentang lubang hitam, Stephen menduga bahwa lubang hitam mungkin merupakan bagian dari penciptaan alam semesta dan memutuskan untuk menulis tesisnya tepat waktu.

Sambil mengejar penelitiannya, otot Stephen mulai tidak berfungsi, menyebabkan Stephen jatuh dan kepalanya terbentur ke tanah. Stephen mengetahui bahwa ia memiliki penyakit motor neuron; ia tidak dapat berbicara, menelan, bernafas atau menggerakan sebagian besar tubuhnya, dan hanya bisa hidup selama dua tahun. Stephen bertanya apa yang akan terjadi pada otaknya dan dokter memberitahu Stephen bahwa penyakit itu tidak akan memengaruhi otak atau pikirannya, namun pada akhirnya, tidak ada yang tahu apa penyakit yang sebenarnya. Saat Stephen menjadi tertutup dan fokus pada pekerjaannya, Jane mengaku bahwa ia mencintai Stephen. Ia mengatakan kepada ayah Stephen, Frank (Simon McBurney), bahwa ia bermaksud untuk tinggal dengan Stephen bahkan saat kondisinya memburuk. Mereka menikah dan memiliki seorang putra.

Stephen mempresentasikan tesisnya ke dewan pemeriksaan, berpendapat bahwa lubang hitam menciptakan alam semesta di dalam Big Bang yang akan memancarkan panas dan akan berakhir di dalam Big Crunch. Ketika ia merayakan keberhasilan tesisnya bersama Jane dan teman-temannya, Stephen menyadari bahwa ia tidak dapat berjalan dan mulai menggunakan kursi roda.

Setelah memiliki anak kedua, seorang putri, Stephen mengembangkan sebuah teori tentang visibilitas lubang hitam dan menjadi fisikawan terkenal di dunia. Jane, yang berfokus pada anak-anak dan kesehatan Stephen, tidak dapat mengerjakan tesisnya sendiri dan menjadi frustrasi. Stephen mengatakan kepada Jane bahwa Stephen akan mengerti jika Jane membutuhkan pertolongan. Jane bergabung dengan paduan suara gereja, di mana ia bertemu dengan seorang duda, Jonathan (Charlie Cox), dan mereka menjadi teman dekat. Jane mempekerjakan Jonathan sebagai guru piano untuk anaknya. Jonathan berteman dengan seluruh anggota keluarganya, membantu Stephen tentang penyakitnya, mendukung Jane dan bermain dengan anak-anak mereka.

Ketika Jane melahirkan anak laki-laki lain, ibu Stephen, Isobel (Abigail Cruttenden), bertanya kepada Jane apakah anak itu hasil dari Jonathan dan Jane membantahnya. Jane melihat bahwa Jonathan mendengar percakapan tersebut, dan terkejut, namun ketika mereka sendirian, mereka mengakui perasaan mereka satu sama lain. Jonathan menjauh dari keluarga, namun Stephen mengunjunginya, mengatakan bahwa Jane membutuhkannya.

Ketika Jane dan Jonathan membawa anak-anak mereka berkemah, Stephen diundang untuk menghadiri pertunjukan opera di Bordeaux dan menderita pneumonia. Di rumah sakit, para dokter memberitahu Jane bahwa Stephen membutuhkan trakeostomi, yang akan membuatnya tidak dapat berbicara. Jane setuju untuk operasi.

Stephen belajar menggunakan papan ejaan dan menggunakannya untuk berkomunikasi dengan Elaine (Maxine Peake), perawat barunya. Ia mendapatkan komputer dengan sintesis bunyi dan menggunakannya untuk menulis buku, A Brief History of Time, yang menjadi buku dengan penjualan terbaik secara internasional.

Stephen memberitahu Jane bahwa ia telah diundang ke Amerika untuk menerima sebuah penghargaan dan akan mengajak Elaine bersamanya. Jane menyadari bahwa pernikahannya dan Stephen tidak berhasil dan mengatakan kepadanya bahwa ia "melakukan yang terbaik". Jane dan Stephen setuju untuk bercerai. Stephen pergi ke kampus bersama Elaine, keduanya jatuh cinta, lalu Jane dan Jonathan bersatu kembali. Ketika di kampus, Stephen melihat seorang mahasiswa menjatuhkan penanya; ia membayangkan bahwa ia bisa bangkit untuk mengembalikannya. Ia hampir menangis mengingat bagaimana penyakitnya telah mempengaruhinya. Ia melanjutkan denganmemberikan pidato yang mengilhami, dengan mengatakan, "Seharusnya tidak ada batasan untuk usaha manusia. Kami semua berbeda, namun kehidupan buruk mungkin ada, selalu ada sesuatu yang dapat Anda lakukan, dan berhasil di sana. Meskipun ada kehidupan, ada harapan".

Stephen mengajak Jane untuk bertemu dengan Ratu Elizabeth II. Mereka berbagi hari bahagia bersama anak-anak mereka, dengan Stephen berkata, "Lihat apa yang kita buat".

Film diakhiri dengan momen-momen tertentu dari Stephen Hawking dan kilas balik, saat Stephen pertama kali bertemu dengan Jane. Jane dan Jonathan menikah dengan bahagia, dan ia telah menyelesaikan gelar PhD-nya. Ia dan Stephen tetap berteman dekat. Stephen menolak gelar ksatria dan melanjutkan penelitiannya tanpa rencana untuk pensiun.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Tanggapan Kritikus[sunting | sunting sumber]

Film The Theory of Everything mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 78%, berdasarkan 241 ulasan, dengan rating rata-rata 7.3/10.[12] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 72 dari 100, berdasarkan 47 kritik, menunjukkan "ulasan yang baik".[13]

Box Office[sunting | sunting sumber]

Film The Theory of Everything mendapatkan $35,893,537 di Amerika Utara dan $87,833,151 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $123,726,688, melebihi anggaran produksi film $14 juta.[3]

Pada pembukaan akhir pekan secara terbatas, film ini mendapatkan $208,763, menempati posisi ke-28 di box office. Namun, pada pembukaan akhir pekan secara luas, film ini mendapatkan $5,011,146, menempati posisi ke-7 di box office.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "THE THEORY OF EVERYTHING (12A)". British Board of Film Classification. 12 November 2014. Diakses tanggal 12 November 2014. 
  2. ^ "The Theory of Everything". Toronto International Film Festival. 6 August 2014. Diakses tanggal 6 August 2014. 
  3. ^ a b c d "The Theory of Everything (2014)". Box Office Mojo. Diakses tanggal November 17, 2017. 
  4. ^ Bullock, Dan (April 10, 2014). "Stephen Hawking Biopic 'Theory of Everything' Set for Nov. 7 Launch". Variety. Diakses tanggal November 17, 2017. 
  5. ^ "'The Theory Of Everything' Trailer Is A Heartbreaking Inspiration". Huffington Post. August 6, 2014. Diakses tanggal November 17, 2017. 
  6. ^ "Toronto film festival 2014: full lineup". TheGuardian.com. The Guardian. 29 July 2014. Diakses tanggal 29 July 2014. 
  7. ^ McNary, Dave (10 April 2014). "Stephen Hawking biopic 'Theory of Everything' set for Nov. 7 launch". Variety.com. Variety. Diakses tanggal 11 April 2014. 
  8. ^ Child, Ben (6 August 2014). "Stephen Hawking biopic The Theory of Everything trailer released, movie stars Eddie Redmayne". uk.eonline.com. E! Online. Diakses tanggal 6 August 2014. 
  9. ^ a b "The Theory of Everything". WorkingTitleFilms.com. Working Title Films. Diakses tanggal 6 October 2017. 
  10. ^ a b c d e f g h i j k "The Theory of Everything begins principal photography". Working Title Films. 8 October 2013. Diakses tanggal 8 October 2013. 
  11. ^ Anderson, L.V. (7 November 2014). "How accurate is The Theory of Everything?". Slate.com. Slate Magazine. Diakses tanggal 3 January 2015. 
  12. ^ "The Theory of Everything (2014)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal November 17, 2017. 
  13. ^ "The Theory of Everything reviews". Metacritic. Diakses tanggal November 17, 2017. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]