The Imitation Game

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
The Imitation Game
International Teaser Poster for The Imitation Game.jpg
Poster film The Imitation Game
Sutradara Morten Tyldum
Produser Nora Grossman
Ido Ostrowsky
Teddy Schwarzman
Skenario Graham Moore
Berdasarkan Alan Turing: The Enigma 
oleh Andrew Hodges
Pemeran Benedict Cumberbatch
Keira Knightley
Matthew Goode
Mark Strong
Charles Dance
Allen Leech
Matthew Beard
Rory Kinnear
Musik Alexandre Desplat[1]
Sinematografi Óscar Faura
Penyunting William Goldenberg
Perusahaan
produksi
Black Bear Pictures[2]
Bristol Automotive
Distributor The Weinstein Company
Tanggal rilis
  • 29 Agustus 2014 (2014-8-29) (Festival Film Telluride)
  • 14 November 2014 (2014-11-14) (Britania Raya)
  • 28 November 2014 (2014-11-28) (terbatas di Amerika Serikat)
  • 25 Desember 2014 (2014-12-25) (secara luas di Amerika Serikat)
Durasi
114 menit[3]
Negara Amerika Serikat[4][5]
Britania Raya
Bahasa Bahasa Inggris
Anggaran $14 juta[6]
Pendapatan kotor $233,555,708[7]

The Imitation Game adalah film biografi drama sejarah tahun 2014 yang disutradarai oleh Morten Tyldum dan diproduseri oleh Nora Grossman, Ido Ostrowsky dan Teddy Schwarzman. Naskah film ini ditulis oleh Graham Moore berdasarkan buku Alan Turing: The Enigma karya Andrew Hodges. Film ini dibintangi oleh Benedict Cumberbatch, Keira Knightley, Matthew Goode, Mark Strong, Charles Dance, Allen Leech, Matthew Beard dan Rory Kinnear.

Film The Imitation Game ditayangkan secara perdana di Festival Film Telluride pada tanggal 29 Agustus 2014[8] dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 28 November 2014 secara terbatas dan 25 Desember 2014 secara luas.[9] Film ini dirilis di Britania Raya pada tanggal 14 November 2014. Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1951, dua polisi, Nock (Rory Kinnear) dan Staehl (Tom Goodman-Hill), menyelidiki seorang matematikawan bernama Alan Turing (Benedict Cumberbatch) setelah mendobrak pintu rumahnya. Selama diinterogasi oleh Nock, Alan Turing menceritakan tentang waktunya bekerja di Bletchley Park.

Pada tahun 1927, Alan Turing muda (Alex Lawther) merasa tidak bahagia dan diintimidasi di asrama sekolahnya. Ia mulai berteman dengan Christopher Morcom (Jack Bannon), yang memicu ketertarikannya pada kriptografi, dan Alan memiliki perasaan romantis terhadapnya. Sebelum Alan bisa mengakui perasaannya, Christopher meninggal mendadak karena tuberkulosis.

Ketika Britania Raya mengumumkan perang terhadap Jerman pada tahun 1939, Alan Turing pergi ke Bletchley Park, di mana di bawah arahan Komandan Alastair Denniston (Charles Dance), ia bergabung dengan tim kriptografi Hugh Alexander (Matthew Goode), John Cairncross (Allen Leech), Peter Hilton (Matthew Beard), Keith Furman (Ilan Goodman) dan Charles Richards (Jack Tarlton). Tim tersebut mencoba untuk mendekripsi mesin Enigma yang digunakan Nazi untuk mengirim pesan berkode.

Alan sulit untuk bekerja sama dengan mereka dan menganggap rekan-rekannya kurang cerdas sehingga ia bekerja sendiri dengan merancang sebuah mesin untuk memecahkan Enigma. Setelah Alastair menolak untuk mendanai pembuatan mesin tersebut, Alan menulis surat kepada Perdana Menteri Winston Churchill, yang menempatkan Alan untuk bertanggung jawab atas tim tersebut dan mendanai mesin tersebut. Alan memecat Keith Furman dan Charles Richards, lalu membuat ujian teka-teki silang yang sulit di koran untuk menemukan pengganti mereka. Joan Clarke (Keira Knightley), mahasiswa Cambridge, lulus ujian Alan, namun orang tuanya tidak mengizinkannya bekerja dengan kriptografer pria. Alan mengatur agar Joan tinggal dan bekerja dengan karyawan wanita yang bertugas mencegat pesan, lalu memberitahukan rencananya bersama Joan.

Mesin Alan, yang dinamakan Christopher, dibangun, namun tidak dapat menentukan pengaturan Enigma sebelum Jerman mengganti enkripsi Enigma setiap hari. Alastair memerintahkan anak buahnya untuk memusnahkan mesin itu dan memecat Alan, namun kriptografer lainnya mengancam untuk keluar jika Alan keluar. Setelah Joan berencana untuk meninggalkan keinginan orang tuanya, Alan mengusulkan pernikahan dan Joan menerimanya. Selama resepsi mereka, Alan melakukan homoseksualitasnya dengan John Cairncross, yang memperingatkan Alan untuk merahasiakannya. Setelah mendengar percakapan dengan petugas wanita tentang pesan yang diterimanya, Alan memiliki ide dan menyadari bahwa ia dapat memprogram mesin untuk memecahkan kode dari kata-kata yang sudah diketahui di dalam pesan tertentu. Setelah ia menyesuaikan kembali mesin tersebut, ia dengan cepat menerjemahkan pesan dan sukses, membuat tim tersebut senang. Namun, Alan menyadari bahwa mereka tidak dapat bertindak atas setiap pesan yang dipecahkan atau orang Jerman akan menyadari bahwa Enigma telah dipecahkan.

Alan menemukan bahwa John Cairncross adalah mata-mata Soviet. Ketika Alan bertemu dengannya, John Cairncross berpendapat bahwa Soviet adalah sekutu yang bekerja untuk tujuan yang sama dan mengancam untuk membalas Alan dengan mengungkapkan homoseksualitas Alan jika perannya sebagai agen terungkap. Ketika agen MI6 Stewart Menzies (Mark Strong) tampaknya mengancam Joan, Alan mengungkapkan bahwa John Cairncross adalah mata-mata. Stewart mengungkapkan bahwa ia sudah mengetahui hal ini dan menempatkan John Cairncross dalam tim mereka untuk membocorkan pesan ke Soviet untuk keuntungan Inggris. Karena takut akan keselamatan Joan, Alan meminta Joan untuk meninggalkan Bletchley Park, mengungkapkan bahwa dia homoseksual dan berbohong tentang Alan yang tidak pernah perhatian pada Joan. Setelah perang, Stewart meminta para ahli kriptografi untuk memusnahkan pekerjaan mereka dan mereka tidak dapat saling bertemu lagi atau memberitahukan apa yang telah mereka lakukan.

Pada tahun 1950-an, Alan dihukum karena ketidaksenonohannya dan sebagai pengganti hukuman penjara, ia menjalani pengebirian kimia sehingga ia dapat melanjutkan pekerjaannya. Joan mengunjungi Alan dan melihat fisik dan mentalnya yang semakin memburuk. Joan menghibur Alan dengan mengatakan bahwa karyanya menyelamatkan jutaan nyawa.

Film berakhir dengan pernyataan bahwa Alan Turing bunuh diri pada tanggal 7 Juni 1954 setelah menjalani pengebirian kimia selama setahun. Antara tahun 1886 sampai dengan tahun 1967, sekitar 49,000 pria homoseksual dihukum karena ketidaksenonohan di bawah hukum Britania Raya. Pada tahun 2013, Ratu Elizabeth II memberikan pengampunan dan gelar anumerta kerajaan kepada Alan Turing karena hasil karyanya. Para sejarawan memperkirakan bahwa memecahkan kode Enigma mempersingkat perang selama lebih dari dua tahun dan menyelamatkan lebih dari 14 juta nyawa, dan hal ini menjadi rahasia pemereintahan selama lebih dari 50 tahun. Karya Alan Turing menginspirasi para ilmuwan muda yang menamai karyanya "mesin Turing" dan sekarang dikenal sebagai komputer.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Benedict Cumberbatch sebagai Alan Turing
  • Keira Knightley sebagai Joan Clarke[10]
  • Matthew Goode sebagai Hugh Alexander[11]
  • Rory Kinnear sebagai Detektif Nock[12]
  • Mark Strong sebagai Mayjen Stewart Menzies[13]
  • Charles Dance sebagai Komandan Alastair Denniston
  • Allen Leech sebagai John Cairncross[14]
  • Matthew Beard sebagai Peter Hilton[15]
  • James Northcote sebagai Jack Good
  • Steven Waddington sebagai Supt Smith
  • Tom Goodman-Hill sebagai Sersan Staehl
  • Alex Lawther sebagai Alan Turing muda
  • Jack Bannon sebagai Christopher Morcom
  • Tuppence Middleton sebagai Helen Stewart
  • David Charkham sebagai William Kemp Lowther Clarke, ayah Joan
  • Victoria Wicks sebagai Dorothy Clarke, ibu Joan
  • Ilan Goodman sebagai Keith Furman
  • Jack Tarlton sebagai Charles Richards
  • Dominic Charman sebagai siswa Sherborne 1
  • James G. Nunn sebagai siswa Sherborne 2
  • Charlie Manton sebagai siswa Sherborne 3

Tanggapan Kritikus[sunting | sunting sumber]

Film The Imitation Game mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 91%, berdasarkan 254 ulasan, dengan rating rata-rata 7.7/10.[16] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 73 dari 100, berdasarkan 49 kritik, menunjukkan "pengakuan universal".[17]

Box Office[sunting | sunting sumber]

Film The Imitation Game mendapatkan $91,125,683 di Amerika Utara dan $142,430,025 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $233,555,708, melebihi anggaran produksi film $14 juta.[7]

Pada pembukaan akhir pekan secara terbatas, film ini mendapatkan $479,352, menempati posisi ke-18 di box office. Namun, pada pembukaan akhir pekan secara luas, film ini mendapatkan $7,932,292, menempati posisi ke-8 di box office.[7]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Alexandre Desplat Takes Over Scoring Duties on ‘The Imitation Game’". Film Music Reporter. June 17, 2014. Diakses tanggal September 10, 2014. 
  2. ^ Sneider, Jeff (December 26, 2013). "Benedict Cumberbatch as Alan Turing in First Look at 'The Imitation Game' (Photo)". TheWrap. Diakses tanggal September 10, 2014. 
  3. ^ "THE IMITATION GAME (12A)". British Board of Film Classification. September 15, 2014. Diakses tanggal November 6, 2014. 
  4. ^ "The Imitation Game (2014)". BFI. 
  5. ^ "Detail view of Movies Page". afi.com. 
  6. ^ "The Weinstein Co. Special: How They Turned 'Imitation Game' Director Into an Oscar Contender". The Hollywood Reporter. January 8, 2015. 
  7. ^ a b c "The Imitation Game (2014)". Box Office Mojo. Diakses tanggal November 15, 2017. 
  8. ^ Bailey, Cameron (2014). "The Imitation Game". TIFF.net. Diakses tanggal 10 September 2014. 
  9. ^ Ford, Rebecca (May 2, 2014). "'Imitation Game,' Tim Burton's 'Big Eyes' Get Release Dates". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal November 15, 2017. 
  10. ^ Kit, Borys (4 June 2013). "Keira Knightley to Star Opposite Benedict Cumberbatch in 'Imitation Game'". Hollywood Reporter. Diakses tanggal 10 September 2014. 
  11. ^ Puchko, Kristy (17 June 2013). "Matthew Goode Joins Benedict Cumberbatch For Alan Turing Biopic". Cinemablend. Diakses tanggal 10 September 2014. 
  12. ^ Wiseman, Andreas (16 September 2013). "Benedict Cumberbatch and Keira Knightley begin shoot on The Imitation Game". Screen Daily. Diakses tanggal 10 September 2014. (subscription required (help)). 
  13. ^ Chitwood, Adam (September 2013). "Mark Strong Joins THE IMITATION GAME, Ben Kingsley and Patricia Clarkson Lead LEARNING TO DRIVE". Collider. Diakses tanggal 10 September 2014. 
  14. ^ Kroll, Justin (27 August 2013). "‘Downton Abbey’ Actor Allen Leech Joins Cumberbatch in ‘Imitation Game’". Variety. Diakses tanggal 10 September 2014. 
  15. ^ Kemp, Stuart (16 September 2013). "Matthew Goode, Mark Strong and Rory Kinnear Join Cast of 'The Imitation Game'". Hollywood Reporter. Diakses tanggal 10 September 2014. 
  16. ^ "The Imitation Game (2014)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal November 17, 2017. 
  17. ^ "The Imitation Game reviews". Metacritic. Diakses tanggal November 17, 2017. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]