The Disaster Artist (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
The Disaster Artist
The Disaster Artist James Franco Poster 2017.jpg
Poster film The Disaster Artist
SutradaraJames Franco
ProduserJames Franco
Vince Jolivette
Seth Rogen
Evan Goldberg
James Weaver
SkenarioScott Neustadter
Michael H. Weber
BerdasarkanThe Disaster Artist: My Life Inside The Room, the Greatest Bad Movie Ever Made
oleh Greg Sestero dan Tom Bissell
PemeranJames Franco
Dave Franco
Seth Rogen
Alison Brie
Ari Graynor
Josh Hutcherson
Jacki Weaver
MusikDave Porter
SinematografiBrandon Trost
PenyuntingStacey Schroeder
Perusahaan
produksi
New Line Cinema[1]
RatPac-Dune Entertainment[2]
Good Universe[1]
Point Grey Pictures[1]
Rabbit Bandini Productions[1]
Ramona Films
DistributorA24 (Amerika Serikat)
Warner Bros. Pictures (internasional)
Tanggal rilis
  • 12 Maret 2017 (2017-3-12) (South by Southwest)
  • 1 Desember 2017 (2017-12-1) (terbatas di Amerika Serikat)
  • 8 Desember 2017 (2017-12-8) (secara luas di Amerika Serikat)
Durasi
104 menit[3]
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$10 juta[4]
Pendapatan kotor$29.820.616[5][6]

The Disaster Artist adalah film biografi drama komedi Amerika Serikat tahun 2017 yang disutradarai oleh James Franco dan diproduseri oleh James Franco, Vince Jolivette, Seth Rogen, Evan Goldberg dan James Weaver. Naskah film ini ditulis oleh Scott Neustadter dan Michael H. Weber berdasarkan buku The Disaster Artist: My Life Inside The Room, the Greatest Bad Movie Ever Made karya Greg Sestero dan Tom Bissell. Film ini dibintangi oleh James Franco, Dave Franco, Seth Rogen, Alison Brie, Ari Graynor, Josh Hutcherson dan Jacki Weaver.

Film The Disaster Artist merupakan film kolaborasi kedelapan James Franco dan Seth Rogen setelah film Knocked Up, Pineapple Express, The Green Hornet, This Is the End, The Interview, The Sound and the Fury dan Sausage Party. Film ini juga merupakan film kolaborasi ketiga James Franco dan Dave Franco setelah film Milk dan The Broken Tower. Film ini ditayangkan secara perdana di South by Southwest (SXSW) pada tanggal 12 Maret 2017[7][8][9] dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 1 Desember 2017 secara terbatas dan 8 Desember 2017 secara luas.[10] Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1998, di San Francisco, Greg Sestero (Dave Franco), seorang aktor berusia 19 tahun, bertemu dengan seorang pria misterius bernama Tommy Wiseau (James Franco) di kelas aktingnya bersama Jean Shelton (Melanie Griffith). Setelah Tommy mencoba untuk melakukan adegan dari Streetcar Named Desire karya Tennessee Williams, pertunjukannya dipotong oleh Jean. Greg terkesima oleh keberanian Tommy di atas panggung. Beberapa bulan kemudian, Greg dan Tommy membentuk persahabatan yang kuat, meski aneh. Akhirnya, atas saran Tommy, keduanya pindah ke Los Angeles untuk kesempatan berfokus pada karier akting mereka.

Setelah beberapa minggu, Greg menandatangani kontrak dengan Iris Burton (Sharon Stone), salah satu agen bakat muda saat itu. Tommy, di sisi lain, menghadapi penolakan dari agen, sutradara casting dan orang-orang di dalam Hollywood. Greg juga menjalin hubungan dengan Amber (Alison Brie), yang ia temui di sebuah klub malam. Tommy mulai cemburu, emosional, sedih dan putus asa dan siap untuk kembali ke San Francisco. Audisi Greg juga gagal. Greg berbagi rasa frustrasinya dengan Tommy, berharap bisa membuat film untuk memberi peran dirinya sendiri. Tommy benar-benar menerima saran ini.

Selama tiga tahun, Tommy menulis The Room dan menunjukkannya kepada Greg. Meski mengakui ketidakpercayaannya, Greg bersikeras kepada Tommy bahwa naskahnya hebat. Tommy memberinya peran sebagai Mark, bersama dengan kredit produser asosiasi. Greg terpaksa menerimanya. Mereka menyewa Birns & Sawyer, sebuah rumah produksi di Hollywood Utara. Tommy bersikeras membeli semua peralatan produksi itu sendiri, sekaligus bersikeras agar film tersebut direkam di film 35 mm dan HD Digital secara bersamaan. Karyawan Birns & Sawyer mengenalkan Tommy kepada Raphael Smadja (Paul Scheer) dan Sandy Schklair (Seth Rogen), yang masing-masing bekerja sebagai pengawas sinematografer dan naskahnya. Sandy, bagaimanapun, pada dasarnya melakukan semua tanggung jawab sutradara untuk Tommy. Produksi awalnya dimulai dengan mulus, namun Tommy tumbuh semakin narsis dan menuntut. Ia secara lisan menghina anggota kru, berulang kali tidak menghafal naskahnya, muncul hampir setiap hari dan menolak untuk memberikan krunya dengan kebutuhan dasar seperti air minum. Hal ini berpuncak pada Carolyn Minnott (Jacki Weaver), yang berperan sebagai Claudette, pingsan karena kelelahan.

Para kru semakin membenci Tommy, dengan banyak mempertanyakan perilakunya meskipun biaya produksi dikeluarkan tanpa henti tanpa ada yang tahu sumbernya. Ketika persiapan untuk adegan seks, Tommy mempermalukan Juliette Danielle (Ari Graynor), yang berperan sebagai Lisa, di depan seluruh kru, dengan menunjukkan bagaimana "menjijikkan" tubuh Juliette karena jerawat. Kesabaran Raphael habis dan Tommy cepat memecat Raphael. Ketika merekam film The Room di balik layar yang nyaris konstan, Tommy mengungkapkan bahwa ia tahu semua orang membencinya, dan percaya bahwa tidak seorang pun, termasuk Greg, tertarik untuk melihat visinya. Siang harinya, Greg dan Amber kebetulan mendapat tawaran dari aktor Bryan Cranston dari sitkom Malcolm in the Middle, yang mengundang Greg untuk berperan sebagai penebang kayu kecil dalam episode yang saat ini sedang syuting. Greg memohon Tommy untuk menunda pengambilan gambar sehari demi membantu kesempatan Bryan Cranston, namun Tommy menolak, membuat Greg semakin kecewa dan menyebabkan Amber berpisah dengannya. Pada hari terakhir, Greg akhirnya memanggil Tommy untuk diberi hak dan bersifat egois selama persahabatan mereka dan mempertanyakan umur, latar belakang, dan sumber pendapatannya. Mereka mengalami perkelahian fisik singkat dan tidak bertemu selama delapan bulan.

Akhirnya, Tommy mengundang Greg ke pemutaran perdana film The Room. Greg terkejut bahwa Raphael, Sandy dan seluruh pemeran dan kru hadir. Tommy memperkenalkan film tersebut dan terus berlanjut, seluruh penonton perlahan-lahan tertawa terbahak-bahak karena film tersebut dibuat dengan mengerikan. Tommy berjalan keluar dari teater, kesal dengan reaksi ini, namun Greg menghiburnya, memberitahu Tommy bahwa meski mungkin itu bukan reaksi yang diharapkan, mereka belum pernah melihat penonton bersenang-senang di bioskop. Dengan sedikit perspektif ini, Tommy kembali ke depan teater saat kredit bergulir, mendapat pujian atas film yang bernuansa "komedi" tersebut dan mendapat tepuk tangan meriah dari penonton.

Film ini mengungkapkan video klip nyata Tommy menghadiri pemutaran perdana film The Room dan menjelaskan bahwa film tersebut mendapatkan $1,800 dari anggaran $6 juta yang dilaporkan selama rilis awalnya (Tommy mempertahankannya selama dua minggu, yang diduga lolos ke Academy Award), namun sejak saat itu, film The Room menjadi film kultus yang menguntungkan. Tommy dan Greg tetap berteman, dan hingga saat ini, usia Tommy, latar belakangnya dan sumber pendapatannya tetap menjadi misteri. Adegan dari film The Room kemudian dibandingkan berdampingan dengan pemunculan ulang adegan yang dilakukan oleh pemeran The Disaster Artist.

Dalam adegan pasca-kredit, Tommy memiliki pertukaran verbal yang aneh dengan Henry (yang diperankan oleh Tommy Wiseau nyata), yang menawarkan untuk mengobrol, namun Tommy menolaknya.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • James Franco sebagai Tommy Wiseau, penulis naskah, sutradara, produser dan aktor yang berperan sebagai "Johnny" dalam film The Room
  • Dave Franco sebagai Greg Sestero, produser dan aktor yang berperan sebagai "Mark" dalam film The Room
  • Seth Rogen sebagai Sandy Schklair, pengawas penulis naskah
  • Alison Brie sebagai Amber, kekasih Greg Sestero[11]
  • Ari Graynor sebagai Juliette Danielle, aktris yang berperan sebagai "Lisa" dalam film The Room
  • Josh Hutcherson sebagai Philip Haldiman, aktor yang berperan sebagai "Denny" dalam film The Room
  • Jacki Weaver sebagai Carolyn Minnott, aktris yang berperan sebagai "Claudette" dalam film The Room
  • Zac Efron sebagai Dan Janjigian, aktor yang berperan sebagai "Chris-R" dalam film The Room
  • Hannibal Buress sebagai Bill Meurer, pemilik Birns and Sawyer, panggung yang disewa oleh Tommy
  • Andrew Santino sebagai Scott Holmes, aktor yang berperan sebagai "Mike" dalam film The Room
  • June Diane Raphael sebagai Robyn Paris, aktris yang berperan sebagai "Michelle" dalam film The Room
  • Nathan Fielder sebagai Kyle Vogt, aktor yang berperan sebagai "Peter" dalam film The Room
  • Brian Huskey sebagai Teller, aktor yang berperan sebagai "James" dalam film The Room
  • Sharon Stone sebagai Iris Burton, agen Greg Sestero
  • Melanie Griffith sebagai Jean Shelton, guru kelas akting Tommy dan Greg[12]
  • Paul Scheer sebagai Raphael Smadja, sinematographer pertama
  • Jason Mantzoukas sebagai Peter Anway
  • Megan Mullally sebagai Mrs. Sestero, ibu Greg Sestero[13]
  • Casey Wilson sebagai sutradara casting
  • Zoey Deutch sebagai Bobbi
  • Dylan Minnette
  • Bob Odenkirk sebagai guru Stanislavsky
  • Jerrod Carmichael sebagai rekan sesama aktor
  • Randall Park sebagai aktor
  • Sugar Lyn Beard sebagai Bonnita Boudreau

Peran kameo dalam film ini antara lain Bryan Cranston, Zach Braff, J. J. Abrams, David DeCoteau, Lizzy Caplan, Kristen Bell, Keegan-Michael Key, Adam Scott, Danny McBride, Judd Apatow, Dylan Minnette, Kate Upton, Angelyne, Kevin Smith dan Ike Barinholtz sebagai diri sendiri.[14][15] Bob Odenkirk dan Brett Gelman berperan sebagai guru kelas akting di Los Angeles. Kameo lain termasuk Charlyne Yi, Tom Franco, Zoey Deutch, Christopher Mintz-Plasse dan Jason Mitchell. Greg Sestero berperan sebagai agen casting, namun adegannya dipotong,[16] sementara Tommy Wiseau berperan sebagai Henry pada adegan pasca-kredit.[17][18]

Tanggapan Kritikus[sunting | sunting sumber]

Film The Disaster Artist mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 91%, berdasarkan 289 ulasan, dengan rating rata-rata 7,7/10.[19] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 76 dari 100, berdasarkan 44 kritik, menunjukkan "ulasan yang baik".[20]

Box Office[sunting | sunting sumber]

Film The Disaster Artist mendapatkan $21.120.616 di Amerika Utara dan $8.700.000 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $29.820.616, melebihi anggaran produksi film $10 juta.[5]

Pada pembukaan akhir pekan secara terbatas, film ini mendapatkan $1.211.345, menempati posisi ke-12 di box office. Namun, pada pembukaan akhir pekan secara luas, film ini mendapatkan $6.366.242, menempati posisi ke-4 di box office di belakang film Coco, Justice League dan Wonder.[5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d Rechtshaffen, Michael (March 13, 2017). "'The Disaster Artist': Film Review | SXSW 2017". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal May 15, 2017. 
  2. ^ McNary, Dave (May 15, 2017). "James Franco Comedy 'The Disaster Artist' Gets Awards-Season Release From A24". Variety. Diakses tanggal May 16, 2017. 
  3. ^ "The Disaster Artist (15)". British Board of Film Classification. November 26, 2017. Diakses tanggal April 26, 2018. 
  4. ^ Anthony D'Alessandro (December 8, 2017). "Portrait Of A 'Disaster Artist': James Franco Movie A Hot Ticket This Weekend At The B.O." Deadline.com. Diakses tanggal December 8, 2017. 
  5. ^ a b c "The Disaster Artist (2017)". Box Office Mojo. Diakses tanggal December 23, 2017. 
  6. ^ "The Disaster Artist (2017)". The Numbers. Diakses tanggal December 23, 2017. 
  7. ^ "The Disaster Artist". Diakses tanggal February 16, 2017. 
  8. ^ McNary, Dave (February 7, 2017). "James Franco's 'The Disaster Artist' to Premiere at SXSW". Variety. Diakses tanggal March 14, 2017. 
  9. ^ D'Alessandro, Anthony (February 7, 2017). "James Franco's 'The Disaster Artist' About Cult Pic 'The Room' Added To SXSW; Midnighters & More Announced". Deadline.com. Diakses tanggal February 7, 2017. 
  10. ^ Tartaglione, Nancy (May 15, 2017). "A24 & New Line To Release James Franco's 'The Disaster Artist' In December". Deadline.com. Diakses tanggal May 16, 2017. 
  11. ^ Kit, Borys (December 10, 2015). "Alison Brie Joining James Franco's 'The Disaster Artist'". Hollywood Reporter. Diakses tanggal December 12, 2015. 
  12. ^ Browzer, Sam (August 11, 2016). "The Disaster Artist: A Night with Greg Sestero". Browzer. Diakses tanggal August 21, 2016. 
  13. ^ Fearon, Alana (7 June 2016). "Nick Offerman and Megan Mullally bring their Summer of 69: No Apostrphe tour to Dublin". dublinlive.ie. MGN Limited. Diakses tanggal 21 December 2016. 
  14. ^ Thomas, Sarah (2 November 2016). "Bryan Cranston's surprise new cameo role harks back to Malcolm in the Middle". smh.com. The Sydney Morning Herald. Diakses tanggal 21 December 2016. 
  15. ^ Rosen, Christopher (March 13, 2017). "James Franco's 'The Room' Movie Receives Standing Ovation at SXSW". Entertainment Weekly (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal June 9, 2017. 
  16. ^ "The Story Behind Tommy Wiseau's Secret 'Disaster Artist' Cameo (One for Which He Wants a SAG Campaign)". 
  17. ^ Chitwood, Adam (March 22, 2016). "'The Disaster Artist': James Franco Reveals Tommy Wiseau Has a Contractually Obligated Cameo". collider.com. Complex Media. Diakses tanggal December 21, 2016. 
  18. ^ Wagmaster, Elizabeth. "'Freaks and Geeks' Reboot? Judd Apatow Teases 'Anything Can Happen'". Variety. Diakses tanggal February 2, 2016. 
  19. ^ "The Disaster Artist (2017)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal December 23, 2017. 
  20. ^ "The Disaster Artist reviews". Metacritic. Diakses tanggal December 23, 2017. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]