Milk (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Milk
Milkposter08.jpg
Poster film Milk
Sutradara Gus Van Sant
Produser Dan Jinks
Bruce Cohen
Skenario Dustin Lance Black
Pemeran Sean Penn
Emile Hirsch
Josh Brolin
Diego Luna
James Franco
Musik Danny Elfman
Sinematografi Harris Savides
Penyunting Elliot Graham
Perusahaan
produksi
Axon Films
Groundswell Productions
Jinks/Cohen Company
Distributor Focus Features
Tanggal rilis
  • 28 Oktober 2008 (2008-10-28) (San Francisco)
  • 26 November 2008 (2008-11-26) (terbatas di Amerika Serikat)
  • 30 Januari 2009 (2009-1-30) (secara luas di Amerika Serikat)
Durasi
128 menit[1]
Negara Amerika Serikat
Bahasa Inggris
Anggaran $20 juta[2]
Pendapatan kotor $54,586,584[2]

Milk adalah film biografi drama Amerika Serikat tahun 2008 yang disutradarai oleh Gus Van Sant dan diproduseri oleh Dan Jinks dan Bruce Cohen. Naskah film ini ditulis oleh Dustin Lance Black. Film ini dibintangi oleh Sean Penn, Emile Hirsch, Josh Brolin, Diego Luna dan James Franco.

Film Milk ditayangkan secara perdana di San Francisco pada tanggal 28 Oktober 2008[3] dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 26 November 2008 secara terbatas dan 30 Januari 2009 secara luas.[4] Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Film ini dibuka dengan rekaman arsip polisi yang menggerebek kedai berisi sekelompok pria gay dan menangkap para pelanggan selama tahun 1950-an dan 1960-an, diikuti oleh Dianne Feinstein (Ashlee Temple) pada tanggal 27 November 1978, yang mengumumkan kepada media bahwa Harvey Milk (Sean Penn) dan Walikota George Moscone (Victor Garber) telah dibunuh. Harvey terlihat merekam wasiatnya sepanjang film, sembilan hari (18 November 1978) sebelum terjadi pembunuhan. Film ini kemudian kembali ke New York pada tahun 1970, menjelang ulang tahun Harvey yang ke-40 dan pertemuan pertamanya dengan kekasihnya yang jauh lebih muda, Scott Smith (James Franco).

Tidak puas dengan hidupnya dan membutuhkan perubahan, Harvey dan Scott memutuskan untuk pindah ke San Francisco dengan harapan mendapatkan dukungan yang lebih besar dari hubungan mereka. Mereka membuka Castro Camera di pusat Eureka Valley, lingkungan buruh yang berkembang menjadi lingkungan gay yang dikenal sebagai Castro District. Frustrasi oleh perlawanan yang mereka temui di lingkungan Katolik-Irlandia, Harvey memanfaatkan latar belakangnya sebagai pengusaha untuk menjadi aktivis gay, yang akhirnya menjadi mentor Cleve Jones (Emile Hirsch). Sejak awal, Scott berperan sebagai manajer kampanye Harvey, namun ia menjadi frustrasi dengan ambisi Harvey terhadap politik, lalu ia meninggalkan Harvey. Harvey kemudian bertemu dengan Jack Lira (Diego Luna), seorang pria muda yang manis namun bermasalah. Seperti halnya Scott, Jack tidak dapat membiarkan ambisi Harvey terhadap aktivisme politik dan akhirnya bergantung pada dirinya sendiri. Harvey berselisih dengan "pendirian" gay lokal di mana Harvey merasa ia terlalu berhati-hati dan menghindari risiko.

Setelah dua kampanye politiknya yang gagal pada tahun 1973 dan 1975 untuk menjadi pengawas kota dan yang ketiga pada tahun 1976 untuk menjadi Majelis Negara Bagian California, Harvey akhirnya mendapatkan kursi Dewan Pengawas San Francisco pada tahun 1977 untuk Distrik 5. Kemenangannya membuat Harvey menjadi pria gay pertama yang secara terbuka dipilih masuk ke kantor publik utama di California dan politisi homoseksual ketiga yang secara terbuka di seluruh Amerika Serikat. Harvey kemudian bertemu dengan rekannya, Dan White (Josh Brolin), seorang veteran Perang Vietnam sekaligus mantan petugas kepolisian dan pemadam kebakaran. Dan, yang konservatif secara sosial dan politik, memiliki hubungan yang sulit dengan Harvey dan sangat membenci Harvey ketika ia menentang proyek yang diajukan oleh Dan.

Harvey dan Dan membuat hubungan kerja yang rumit. Harvey diundang dan menghadiri pembaptisan anak pertama Dan, lalu Dan meminta bantuan Harvey dalam mencegah rumah sakit jiwa dari peresmian di distrik Dan, kemungkinan sebagai imbalan atas dukungan Dan terhadap undang-undang hak tinggal gay di seluruh kota. Ketika Harvey gagal mendukung Dan karena permasalahannya saat ia muda yang berefek negatif, Dan merasa dikhianati dan akhirnya menjadi satu-satunya suara yang menentang undang-undang hak gay. Harvey juga berupaya untuk menggagalkan Proposition 6, sebuah inisiatif pemungutan suara negara bagian California pada bulan November 1978. Disponsori oleh John Briggs (Denis O'Hare), seorang legislator negara konservatif dari Orange County, Proposition 6 berusaha untuk melarang kaum gay dan lesbian (selain siapapun yang mendukung mereka) bekerja di sekolah umum California. Hal ini juga merupakan bagian dari gerakan konservatif nasional yang dimulai dengan kampanye sukses yang dipimpin oleh Anita Bryant dan organisasinya, Save Our Children di Dade County, Florida untuk mencabut undang-undang hak gay setempat.

Pada tanggal 7 November 1978, setelah bekerja tanpa lelah melawan Proposisi 6, Harvey dan pendukungnya gembira atas kekalahannya. Dan yang putus asa meminta kenaikan gajinya, namun ia tidak mendapatkan banyak dukungan, dan tak lama setelah mendukung proposisi, ia mengundurkan diri dari Dewan. Dan kemudian berubah pikiran dan meminta untuk dipulihkan. Walikota George Moscone menolak permintaan Dan setelah dipengaruhi oleh Harvey.

Pada pagi hari tanggal 27 November 1978, Dan memasuki Balai Kota melalui jendela ruang bawah tanah untuk menyembunyikan senjata dari detektor logam. Dan meminta pertemuan lain dengan George Moscone, yang menolak permintaannya untuk mendapatkan kursinya. Marah, Dan menembak George Moscone di kantornya dan kemudian pergi menemui Harvey, di mana Dan menembak Harvey. Film ini menunjukkan bahwa Harvey percaya bahwa Dan mungkin seorang pria gay yang tertutup. Film ini berakhir dengan nyala lilin malam yang dipegang oleh ribuan orang untuk Harvey dan George Moscone di sepanjang jalan kota.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Sean Penn sebagai Harvey Milk
  • Emile Hirsch sebagai Cleve Jones
  • Josh Brolin sebagai Dan White
  • Diego Luna sebagai Jack Lira
  • James Franco sebagai Scott Smith
  • Alison Pill sebagai Anne Kronenberg
  • Victor Garber sebagai Walikota George Moscone
  • Denis O'Hare sebagai Senator John Briggs
  • Joseph Michael Cross sebagai Dick Pabich
  • Stephen Spinella sebagai Rick Stokes
  • Lucas Grabeel sebagai Danny Nicoletta
  • Jeff Koons sebagai Art Agnos
  • Ashlee Temple sebagai Dianne Feinstein
  • Wendy Tremont King sebagai Carol Ruth Silver
  • Steven Wiig sebagai McConnely
  • Kelvin Han Yee sebagai Gordon Lau
  • Howard Rosenman sebagai David B. Goodstein
  • Ted Jan Roberts sebagai Dennis Peron
  • Robert Chimento sebagai Phillip Burton
  • Zachary Culbertson sebagai Bill Kraus
  • Mark Martinez sebagai Sylvester
  • Brent Corrigan sebagai operator telepon 3
  • Dave Franco sebagai operator telepon 5
  • Anita Bryant sebagai diri sendiri

Tanggapan Kritikus[sunting | sunting sumber]

Film Milk mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 94%, berdasarkan 235 ulasan, dengan rating rata-rata 8/10.[5] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 84 dari 100, berdasarkan 39 kritik, menunjukkan "pengakuan universal".[6]

Box Office[sunting | sunting sumber]

Film Milk mendapatkan $31,841,299 di Amerika Utara dan $22,745,285 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $54,586,584, melebihi anggaran produksi film $20 juta.[2]

Pada pembukaan akhir pekan secara terbatas, film ini mendapatkan $1,453,844, menempati posisi ke-10 di box office. Namun, pada pembukaan akhir pekan secara luas, film ini mendapatkan $1,481,155, menempati posisi ke-18 di box office.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Milk (15)". British Board of Film Classification. January 13, 2009. Diakses tanggal March 24, 2014. 
  2. ^ a b c d "Milk (2008)". Box Office Mojo. Diakses tanggal October 12, 2012. 
  3. ^ Cieply, Michael (October 15, 2008). "After 30 Years, a Film Returns to a Harrowing Time in San Francisco". The New York Times. Diakses tanggal March 22, 2018. 
  4. ^ Simpson, Mark (January 28, 2009). "There's just one problem with Milk: it castrates its hero". The Guardian. Diakses tanggal March 22, 2018. 
  5. ^ "Milk (2008)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal February 13, 2018. 
  6. ^ "Milk reviews". Metacritic. Diakses tanggal February 13, 2018. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]