Burung dengan Bulu-bulu Pinjaman

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Burung dengan Bulu-bulu Pinjaman adalah sebuah fabel yang berasal dari zaman Yunani Klasik dan biasanya dianggap sebagai Fabel Aesop. Ceritanya memiliki sejumlah versi berbeda antara masa tersebut dan Abad Pertengahan, dengan beragam judul dan umumnya melibatkan para anggota keluarga burung gagak. Pelaharan yang diambil dari cerita tersebut juga beragam, tergantung pada konteks cerita tersebut dikisahkan. Beverapa idiom bermula dari fabel tersebut.

Ragam-ragam utama[sunting | sunting sumber]

Ilustrasi Harrison Weir dari The Vain Jackdaw, 1881

Meskipun penjelasan fabel tersbeut selalu beragam,[1] dua versi utama memasuki budaya-budaya Eropa pada zaman modern. Versi pertama kebanyakan ditemukan dalam sumber-sumber Yunani dan bernomor 101 dalam Perry Index.[2] Cerita tersebut mengisahkan seekor gagak yang merias diri sendiri dengan bulu-bulu dari burung-burung lain sebelum bersaing dengan mereka, hanya agar mereka diakui dan dicabuti oleh para pemilik mereka. Dalam beberapa versi, semua bulunya sendiri juga ikut tercabut. Pelajaran dari cerita tersebut adalah hiasan pinjaman menimbulkan penghinaan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Francisco Rodríguez Adrados, tr. Gert-Jan van Dijk, The History of the Graeco-Latin Fable III, Leiden NL 2003 pp.133-7
  2. ^ Aesopica

Pranala luar[sunting | sunting sumber]