Rubah dan Bangau

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Rubah dan Bangau, juga dikenal sebagai Rubah dan Burung Jenjang, adalah salah satu fabel Aesop dan mula-mula tercantum dalam kumpulan cerpen Faedrus. Cerita tersebut bernomor 426 dalam Perry Index.[1]

Fabel dan penggunaannya[sunting | sunting sumber]

Rancangan air mancur tahun 1884 karya pemahat Catalunya Eduard Batiste Alentorn [es] di Barcelona

Seekor rubah mengundang bangau untuk makan dengannya dan menyajikan sup dalam sebuah mangkuk, yang dapat dihabiskan rubah dengan mudahnya; namun, bangau tak dapat meminumnya dengan paruhnya. Bangau kemudian mengundang rubah untuk makan, yang disajikan dalam guci berleher kecil. Bangau dapat memakannya dengan mudah namun tidak dengan rubah. Pesan moralnya adalah penguji harus menerima balasan dari ujian yang diberikannya dan bahwa etika timbal balik untuk orang yang melakukannya ke orang lain juga akan menimpa pada dirinya sendiri.

Fabel tersebut telah muncul sejak Abad Pertengahan di Eropa. Salah satu pengisahan terawal adalah pada bagian atas dari sebuah kolom pada sisi utara dari klausura-klausura di Collegiata di Sant'Orso di Aosta. Dalam gaya Romanesque dari abad ke-12, trik-trik rubah[2] dan bangau[3] ditampilkan pada sisi-sisi yang berbeda.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Mythfolklore.net". Mythfolklore.net. Diakses tanggal 18 January 2012. 
  2. ^ Wikimedia
  3. ^ Wikimedia

Pranala luar[sunting | sunting sumber]