Beruang dan Para Pengembara

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Rancangan halaman karya John Tenniel untuk fabel tersebut dari edisi tahun 1848 dari fabel Aesop

Beruang dan Para Pengembara adalah sebuah fabel yang diatributkan kepada Aesop dan bernomor 65 dalam Perry Index.[1] Cerita tersebut diperluas dan diberi pengartuan baru pada Abad Pertengahan.

Fabel Klasik[sunting | sunting sumber]

Mula-mula dicatat dalam bait Latin karya Avianus, cerita tersebut adalah cerita yang direkomentasikan oleh para pengajar untuk mengajarkan anak-anak muda tentang nilai-nilai moral.[2] Cerita dasarnya adalah dua teman yang berjalan melewati desa yang mendadak menghadapi seekor beruang. Salah satu pengembara menyelamatkan diri dengan memanjat pohon sementara pengembara lainnya membaringkan diri sendiri ke tanah dan pura-pura mati. Hewan tersebut datang mendekat dan menciumnya namun kemudian pergi, karena beruang tak ingin menyentuh daging orang mati. Kemudian, pria di pohon mendatangi rekannya dan secara bercanda bertanya apa yang beruang tersebut katakan kepadanya, "Itu adalah beberapa nasihat baik" katanya; "ia berkata kepadaku untuk jangan pernah percaya kepada siapapun yang meninggalkanmu saat dibutuhkan."

Pura-pura sakit atau mati adalah unsur alur inti dalam beberapa fabel tersebut.[3] Penulis dan wartawan San Francisco Examiner Allen Kelly, yang menulis pada 1903, menguji gagasan 'pura-pura mati' untuk menghindari cedera saat menghadapi seekor beruang dan memberikan tanggapan bahwa terdapat beberapa kebenaran dalam fabel tersebut.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ http://mythfolklore.net/aesopica/perry/65.htm
  2. ^ Buck, Gertrude; Campbell, Jo Ann F. (1996). Toward a feminist rhetoric: the writing of Gertrude Buck. Univ. of Pittsburgh Press. hlm. 12. ISBN 978-0-8229-5573-3. 
  3. ^ Boone, Kyle Brauer (2007). Assessment of feigned cognitive impairment: a neuropsychological perspective. Guilford Press. hlm. 5. ISBN 978-1-59385-464-5. 
  4. ^ Allen, Kelly (2007) [First published 1903]. Bears I Have Met—And Others. BiblioBazaar, LLC. hlm. 15. ISBN 978-1-4264-8611-1. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

15th-20th century illustrations from books