Tes psikologi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Tes psikologi atau psikotes adalah bidang yang ditandai dengan penggunaan sampel perilaku untuk menilai konstruksi psikologis, seperti fungsi kognitif dan emosional, tentang individu tertentu. Istilah teknis untuk ilmu di balik tes psikologis adalah Psikometrik. Dengan sampel perilaku, berarti pengamatan dari tugas melakukan individu yang biasanya telah ditentukan sebelumnya, yang sering berarti nilai pada ujian. Respon ini sering dikompilasi ke dalam tabel statistik yang memungkinkan evaluator untuk membandingkan perilaku individu yang diuji terhadap tanggapan kelompok norma.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Tes psikis berskala besar pertama mungkin berasal dari sistem ujian kenegaraan di Tiongkok. Tes tersebut, merupakan bentuk awal dari tes psikologis, yang mana tes ini digunakan untuk menilai kandidat berdasarkan kecakapan mereka dalam berbagai topik seperti hukum perdata dan kebijakan fiskal.[1] Tes kecerdasan di masa-masa awal pada umumnya hanya dibuat untuk hiburan daripada analisis psikologi.[2]

Jenis[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Finch, W. Holmes; French, Brian F. (2018-10-12). Educational and Psychological Measurement (dalam bahasa Inggris). Routledge. hlm. 2. ISBN 978-1-317-30859-1. 
  2. ^ Reed, Bev Lloyd & Mel (2018-11-17). Psychological testing (dalam bahasa Inggris). Scientific e-Resources. hlm. ix. ISBN 978-1-83947-415-6.