Terpaksa Menikahi Tuan Muda

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Terpaksa Menikahi Tuan Muda
Genre
PembuatVerona Pictures
SkenarioTeam Verona
Sutradara
Pemeran
Penggubah lagu temaAdy
Lagu pembuka"Terendap Laraku" oleh Naff
Lagu penutup"Terendap Laraku" oleh Naff
Penata musikAry Logam
Negara asalIndonesia
Bahasa asliBahasa Indonesia
Jmlh. musim1
Jmlh. episode320 (daftar episode)
Produksi
Produser eksekutifTitin Suryani
Produser
  • Titin Suryani [e]
  • Dwi Ilalang [f]
  • Dwi S. Lobo [g]
Lokasi produksiJakarta, Lumajang, Semarang dan Bogor, Indonesia
SinematografiMame Shulla
PenyuntingCutting Point Post
Pengaturan kameraMulti-kamera
Durasi150 menit
Rumah produksiVerona Pictures
Distributor
Rilis asli
Jaringanantv
Rilis9 Agustus 2021 (2021-08-09) –
26 Juni 2022 (2022-6-26)

Terpaksa Menikahi Tuan Muda adalah serial televisi Indonesia produksi Verona Pictures yang ditayangkan pada 9 Agustus 2021 di antv. Serial ini disutradarai oleh Sanjeev Kumar dan dibintangi oleh Christ Laurent dan Alisia Rininta dan Leo Consul.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Terpaksa Menikahi Tuan Muda bercerita tentang intrik-intrik yang terjadi di kalangan masyarakat kelas atas. Kinanti, gadis cantik jelita terpaksa harus menikahi Abhimana menggantikan adik tirinya, Sarah. Semua bermula dari Herman, Ayah Kinanti, yang membutuhkan dana cukup banyak untuk membayar hutang dan menyelesaikan proyek yang meledak dan terbakar. Herman bersepakat dengan Abhimana untuk memberikan salah satu putrinya untuk dinikahi. Sarah yang sudah mempunyai pacar dipaksa oleh Herman dan Marissa untuk menikah dengan Abhimana. Namun, saat akad pernikahannya sudah hampir tiba, Sarah memilih kabur bersama pacarnya, Bastian, sehingga Kinanti harus menggantikan posisinya.

Abhimana yang merasa telah ditipu mentah-mentah oleh Herman, langsung melampiaskan semua kekesalannya dengan menyiksa Kinanti. David yang menyaksikan kebengisan Abhimana menjadi iba dan jatuh cinta kepada Kinanti. Kebencian Abhimana surut setelah mengetahui bahwa Kinanti kerap kali diperlakukan tidak adil oleh keluarganya, bahkan ibu Kinanti tewas mengenaskan ketika ia masih kecil. Begitu juga dengan Kinanti, simpatinya terhadap Abhimana tumbuh seiring terungkapnya masa lalu Abhimana yang menyedihkan. Benci dan cinta pun menyatu di hati kedua pasangan suami istri tersebut.

Namun demikian, di lain sisi Anita dan Reno semakin tidak suka dengan kondisi tersebut, karena sikap Abhimana yang terus membela Kinanti dan menyudutkan posisi mereka berdua. Suatu ketika, Reno pun berusaha untuk menembak Abhimana dan justru Kinanti menjadikan tubuhnya sebagai tameng hidup. Akibatnya, Kinanti harus mengalami koma selama berhari-hari sehingga Abhimana merasa bersalah dan mengakui bahwa dia tidak ingin kehilangan Kinanti. Begitu juga dengan David, bahkan David membuat pengakuan di samping Kinanti yang terbaring lemah, bahwa dia sangat cinta kepada Kinanti.

Setelah Kinanti siuman dan sembuh, hubungan Kinanti dan Abhimana tak juga membaik, sering bertengkar dikarenakan hal-hal yang sepele. Namun, di lubuk hati keduanya ada rasa sayang yang tak terungkapkan dengan kata-kata. Ketika Abhimana mencoba menata ulang rumah tangganya, David menjadi iri mengenai hal tersebut. Di suatu pagi, David melukai perasaan Kinanti yang selama ini mengganggap David hanya sebatas sahabat. Ternyata Kinanti sudah mengetahui bahwa David menaruh hati padanya. David pun galau dan berniat kembali ke negara asalnya. Kinanti yang tak ingin kehilangan sahabatnya berhasil meyakinkan David untuk tidak pergi.

Sementara itu di tempat lain, Alya kekasih Abhimana datang dengan identitas baru sebagai Amanda. Ikatan cinta di masa lalu membuatnya semakin terobsesi kepada Abhimana, satu sisi melindungi Abhimana dan di sisi lain menghancurkan semua pihak yang berhubungan dengan Abhimana, khususnya Kinanti. Seiring dengan kehadiran Amanda, kehidupan rumah tangga Kinanti semakin lama semakin bermasalah. Tak hanya Amanda, ternyata ada pihak lain yang mempunyai ikatan dengan Abhimana. Adalah Raditya yang sangat menginginkan kehancuran Abhimana dan juga sangat terobsesi dengan kecantikan Kinanti.

Hingga suatu hari Kinanti mengetahui rahasia bahwa Amanda adalah Alya. Kinanti lantas menyadari bahwa ada motif selama ini Amanda berbuat jahat kepadanya, dan sengaja tidak memberitahu Abhimana dikarenakan takut jika suaminya berpaling kepada mantan tunangannya. Tak lama kemudian Abhimana mengetahui bahwa Amanda adalah Alya, Abhimana lantas meyakinkan Kinanti bahwa hubungan Abhimana dan Alya merupakan kisah kasih masa lalu yang tak bisa kembali. Namun, Kinanti tetap menyadari bahwa dirinya belum bisa menjadi sosok seperti Amanda yang sangat memahami Abhimana.

Tanpa sepengetahuan Abhimana, Raditya perlahan mulai mendekati Kinanti untuk merebutnya dari tangan Abhimana. Raditya pun merekayasa skandal yang justru membuat Amanda harus kehilangan pekerjaannya dan dipenjara. David akhirnya tergerak untuk mengantikan posisi Amanda yang seharusnya tidak dihukum untuk hal yang tidak pernah dilakukannya. Kinanti akhirnya menemukan fakta bahwa Raditya adalah Darma, saudara tiri Abhimana yang selama ini hilang. Kinanti tidak menyangka bahwa Raditya ternyata jahat, dan begitu pula Abhimana.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Pemeran Peran
Christ Laurent Abhimana Soedirja/Tuan Muda
Alisia Rininta Kinanti Lestari
Leo Consul[1] David
Shanice Margaretha Alexandra[h]
Agoye Mahendra Reno Soedirja[i]
Dame Aning Anna Silvia/Hanna
Lenny Charlotte Martha/Eyang
David Hoffman Herman Wijaya/Papa Herman
Shinta Bachir Marissa
Alessia Cestaro (Pameran Kedua) Anita Soerdirja (episode 36—254; setelah gangguan jiwa)[j]
Delia
Linda Nirin Juminten
Fendy Chow Andrew
Ahmad Affandy Satria
Rocky Jeff Vicky
Ryan Goutama Nico
Neezha Rais Friska
Gracia Marcilia Lusi
Erlina Sutansyah Mona
Usman Ali Nayaka Gagah Soedirja
Kayhan Pieter Vandennoort Arya Soedirja
Alex Rio Wily
Rheiny Octavia Bunga
Varisha Afsheen Tasya
Viola Khaireen Shazia Mika
Fath Bayyinah Della
Melly Bunbun Susan
Darren Ronaldy Bobby
Vanny Meisella Tracy
Tiansyah Panjaitan Stenly
Assila Corina Nathalie
Rebecca Tamara (Sesudah Operasi Wajah) Amanda Aulia[k]/Alya
Titha Rendriana (Sebelum Operasi Wajah) Alya
Puy Brahmantya (Pameran Pertama) Anita Soedirja (episode 1–35; sebelum gangguan jiwa)
Elina Joerg Sarah Amelia[l]
Hud Filbert Bastian
Andrew Andika Kevin
Ikhsan Saleh
Ayu Dyah Pasha Rima/Oma
Dafina Jamasir Karina[m]
Reza Levi Raditya "Darma" Soedirja[n]
Annisa Hasim Keisha[o]
Farahdiba Ferreira Claudia[p]
Adi Sastro Roland[q]
Eno TB Ella
Darren Rafid Khairan Bobi
Sonya Pandarmawan Natassha
Faradina Tika Sandra
Ferdiyan Ariyadi Danny
Claudio Andy
Krisna Murti Wibowo Kuncoro
Guntur Nugraha Rendra
Tidak diketahui Bowo
Tidak diketahui Rani
Clara Freya
Ananda Nathalie Sindy
Aliyah Faizah Marina
Feby Fristya Winda
Celine Laila Panza Yasmin
Joverel Assauqi Baby Nayaka
Aqila Zhufairah Azzuhro Melati
Rachel Mikhayla Bella
Tyara Vanesha Ditha
Dian Utomo Carla
Maya Yuniar Ratih
Evelyn Aurora Veronica
Fizzabella Bee Susi
Maharani Asmara Dewi Maharani
Kenny Mayang Sari Dinda
Metta Permadi Fitri
Christian Loho Dodi
Imam Farisyah Angga
Guntur Saputra Evan
Alodya Desi Amel
Ismi Iskandar Ingleton Tania
Oland Tri Johan
Shakira Sheldrick Shakir
Afo Nasis Pasha
Izhar Bima Bima
Alex Virky Akbar
Bobbi Teguh Bobbi
Teuku Reka Teuku
Yudi Permana Khan Broto
Ali Rozza Tedjo
Sukrie Dudung
Gita Ginezza Desi Lestari
Adinda Yudistira Kinanti Kecil
Yuwani Yuwani
Dessy Octora Wulandari
Elkie Kwee Hendra
Sanjeev Kumar Bintang Tamu [r]

Struktur Karakter[sunting | sunting sumber]

Awal-awal episode Christ Laurent dan Alisia Rininta menjadi pemeran utama kunci dalam sinetron ini dengan pemeran pendamping Leo Consul dan Rebecca Tamara. Didukung oleh Ayu Dyah Pasha, Titha Rendriana, Puy Brahmantya, Alessia Cestaro, Agoye Mahendra, David Hoffman, Shinta Bachir dan Elina Joerg. Fase awal ini Christ Laurent, Rebecca Tamara, Puy Brahmantya, Alessia Cestaro, dan Agoye Mahendra sebagai pemain kunci tokoh antagonis.

Setelah Abhimana (Christ Laurent) berubah menjadi protagonis. Sarah (Elina) diculik, disusul dengan pertobatan Amanda (Rebecca) dan Oma (Ayu Dyah) yang meninggal dibunuh oleh Anita (Alessia). Dan pada akhirnya keberadaan Amanda menghilang bersamaan dengan menghilangnya Darma (Reza Levi).

Setelah mengambil lompatan waktu 5 tahun, Satria (Ahmad Affandy) dan Andrew (Fendy Chow) berperan antagonis utama dalam sinetron ini, dan masing-masing memerankan karakter pengusaha licik. Dan karakter Kinanti dan Abhimana dihadapkan dengan karakter musuh yang benar-benar berbahaya.

Soundtrack[sunting | sunting sumber]

Lagu tema dari serial ini adalah "Teredap Laraku" dari Naff. Untuk lagu latar dinyanyikan oleh Bona, Syafira Febriana, 3 Composers, Indah Edrea, Naff dan Indrianti Sri Lestari.

Lagu tema[sunting | sunting sumber]

Judul lagu Penyanyi Pencipta Produksi
Terendap Laraku Naff Ady Trinity Optima Production

Lagu latar[sunting | sunting sumber]

Judul lagu Penyanyi Pencipta Produksi
Jagalah Jodohku Sebentar Bona Yonggi Mikama Afe Records
Ku Berikan Bahuku Tengku Shafick
Biar Aku Yang Rasakan Syafira Febrina
Biar Cinta Mengerti 3 Composers Bemby Noor
Karena Kamu Indah Edrea
Kau Masih Kekasihku Naff Ady Trinity Optima Production
Akhirnya Ku Menemukanmu
Kenanglah Aku Odeu Wijaya
Alasan[‡ 1][‡ 2][ket. 1] Indrianti Sri Lestari Indrianti Sri Lestari,
Aditia Praioga,
Ichsan Nuur Fatiha
Moving Class Music

Produksi[sunting | sunting sumber]

Promosi[sunting | sunting sumber]

Promo pertama dari sinetron ini dirilis pada 4 Agustus 2021.[2] ANTV juga memberikan kuis berhadiah bagi penggemar setia sinetron ini pada awal Oktober 2021.[3] Serta kuis berhadiah di akhir tahun pada awal Desember 2021.[4]

Casting[sunting | sunting sumber]

Christ Laurent dan Alisia Rininta dipilih untuk pemeran utama. Ayu Dyah Pasha, Elina Joerg, Agoye Mahendra, Hud Filbert, David Hoffman, Shinta Bachir, Leo Consul, Titha Rendriana dan Puy Brahmantya ditempatkan untuk peran pendukung.[5] Pada Agustus 2021, Titha Rendriana keluar dari sinetron ini. Pada bulan yang sama, Rebecca Tamara menggantikan Titha Rendriana sebagai peran baru dari Alya yaitu Amanda (setelah operasi wajah).[6] Pada awal September 2021, Dafina Jamasir terpilih untuk memerankan Karina. Pada pertengahan September 2021, aktris Puy Brahmantya memilih keluar dari sinetron ini karena terdapat konflik di lokasi syuting[7] dan digantikan oleh Alessia Cestaro sebagai Anita Soedirja.[8] Pada akhir Oktober 2021, Reza Levi terpilih untuk memerankan Raditya.[9][10] Pada awal November 2021, Adi Sastro terpilih untuk memerankan Roland.[11]

Proses syuting[sunting | sunting sumber]

Selama proses syuting berjalan, Alisia Rininta dan Christ Laurent mengaku semakin menjaga protokol kesehatan. Begitu pula dengan Leo Consul yang mengatakan syuting dengan protokol kesehatan yang ketat dan mengaku sedikit banyak mengalami kesulitan, dan juga Elina Joerg yang mengungkapkan hal serupa. Hal-hal tersebut terjadi dikarenakan mereka semua harus menjalani proses syuting pada saat pandemi COVID-19.[12][13][‡ 3][14] Alisia Rininta sebagai protagonis mengatakan bahwa dirinya sempat mengalami kesulitan dalam proses syuting awal. Hal senada juga disampaikan oleh Christ Laurent, bahwa proses syuting awal sinetron ini menjadi tantangan dan dianggap menguras energi dikarenakan adegan-adegan yang sangat emosional.[‡ 4][‡ 5][15] Sementara itu, Leo Consul mengungkapkan salah satu kesulitan utama dalam menjalani syuting sinetron ini adalah logat bahasa, dikarenakan latar belakang Leo yang merupakan aktor asal Filipina.[16] Agak berbeda dengan yang lain, Elina Joerg mengungkapkan tantangan menjadi seorang ibu muda yang ia temui pada saat berperan sebagai Sarah.[17] Di dalam unggahan behind the scenes, terungkap bahwa para aktor yang berperan, rela tidur di lokasi selama syuting berlangsung, atau juga menjalani proses syuting di tengah laut.[‡ 6][‡ 7]

Sebagian besar proses syuting di dalam sinetron ini, khususnya untuk adegan-adegan dalam lingkup rumah keluarga Soedirja, dilakukan di Jimmers Mountain Resort, Puncak, Bogor, yang merupakan bagian dari perusahaan Jimmers Group.[18] Sinetron ini juga pernah mengambil lokasi syuting di tengah lautan dengan menggunakan KLM (Kapal Layar Motor) Radhia Nitya milik perusahaan Radhiacruise.[‡ 7][‡ 8][19]

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

TV Rating[sunting | sunting sumber]

Pada 20 September 2021, sinetron ini untuk kali pertama kalinya tembus 10 besar program televisi. Berada di posisi kesepuluh dengan TVR 2,0 dan audience share 12,7 persen,[20] sehingga menjadi acara yang paling banyak ditonton di ANTV. Bersamaan dengan capaian episode ke-50, sinetron ini berhasil meraih prestasi sebagai sinetron nomor satu di daerah luar Jakarta.[21][22] Pada 29 Oktober 2021, sinetron ini untuk kali pertama kalinya tembus 5 besar program televisi.[23]

Pujian penggemar terkait alur cerita dan penokohan[sunting | sunting sumber]

Sinetron ini menuai respons positif hingga muncul pujian daring karena alur cerita dan konflik-konflik di dalamnya yang dianggap menarik.[24][25] Begitu pula dengan penokohannya, seperti Tuan Muda yang berhasil mendapatkan penghargaan Festival Film Bandung 2021, Reno, atau juga Papa Herman.[26][27][28][29][30] Bahkan, salah seorang pencipta lagu sekaligus penggemar sinetron ini yang bernama Indrianti Lestari bersama teman-temannya dalam grup Moving Class tergerak untuk menciptakan lagu khusus yang bertajuk Kinanti Lestari dikarenakan sangat terinspirasi oleh penokohan Kinanti. Dan lagu tersebut kemudian menjadi salah satu lagu latar sinetron ini.[‡ 9][‡ 10][‡ 2] Bersamaan dengan gelaran acara syukuran atas capaian episode ke-100,[31][32] sejumlah penggemar memberikan apresiasi kepada Abhimana, Kinanti dan sinetron ini melalui media digital billboard.[‡ 11]

Sederet fesyen yang digunakan dalam penokohan juga tak luput dari pujian, seperti fesyen Abhimana dan Kinanti yang dipandang memiliki kemiripan dengan fesyen Pangeran dan Putri Kerajaan Inggris.[33] Juga dengan beberapa mode fast fashion yang dikenakan oleh Alisia Rininta selama proses syuting sinetron ini yang diarsipkan dalam sebuah akun Instagram.[34][35]

Dalam budaya populer[sunting | sunting sumber]

Sinetron ini menjadi perbincangan di kalangan masyarakat Indonesia dan juga masyarakat negeri jiran. Adegan-adegan yang tayang maupun adegan-adegan di balik layar, serta tokoh-tokoh pada sinetron ini banyak dibahas masyarakat melalui beragam media sosial, khususnya TikTok.[‡ 12][‡ 13][‡ 14][36] Beragam aksesoris selama proses produksi menjadi viral sehubungan dengan sinetron ini, seperti viralnya telur dadar, rantang makanan, gelas, dan juga payung.[37][38][39][40] Sinetron ini juga berkontribusi besar terhadap popularitas Christ Laurent dan Alisia Rininta.[26][41][42][43][44] Dengan cepat sinetron ini telah menjadikan mereka berdua sebagai ikon pop.[45][46][47][48][49][50] Mereka berdua juga pernah dijadikan topik dalam program gelar wicara dalam berbagai kanal YouTube, dari kanal umum seperti Tabloid Bintang,[‡ 15] sampai dengan kanal khusus seperti Pretty Women ID yang membahas tentang fenomenalnya sinetron ini, peran yang dibawakan dan dampaknya.[‡ 4][‡ 5][‡ 16] Begitu pula dengan aktor David Hoffman, Leo Consul, Reza Levi, Agoye Mahendra, Dame Aning, Titha Rendriana, Elina Joerg, Alessia Cestaro, dan juga Rebecca Tamara yang namanya ikut melejit berkat sinetron ini.[30][51][52][‡ 3][9][53][54][55][56][57][58][59] Lagu lawas Terendap Laraku pun kembali tenar setelah menjadi lagu tema sinetron ini.[60]

Kata "Tuan Muda" yang sering diucapkan oleh para pemeran juga telah menjadi kata kerja yang akurat untuk mesin pencari Google, merujuk kepada video-video, berita-berita, artikel-artikel serta para pemeran yang terkait dengan sinetron ini. Tercatat sekitar 92% pengguna mesin pencari Google menyukai sinetron ini sejak penayangan perdana.[61][62] Sinetron ini juga tak jarang menyelipkan kata-kata bijak yang sering menjadi bahan perbincangan masyarakat, terutama untuk kata-kata bijak yang kerap diucapkan oleh sosok Abhimana.[27][63] Begitu pula kata-kata lainnya, seperti yang dikatakan oleh Marissa kepada Sarah ketika sinetron ini baru menginjak episode pertama. Sarah menangis mendengar kata-kata Marissa yang memintanya menikah dengan Abhimana. "Lebih baik kamu itu menangis tetapi di atas mobil mewah, daripada kamu tertawa tetapi di atas angkot!" Kata-kata tersebut kemudian menjadi tren di masyarakat, dan juga memiliki hubungan asosiasif dengan kata-kata legendaris sosialita Italia, Patrizia Reggiani.[‡ 17][64]

Mengambil keuntungan dari melejitnya popularitas Terpaksa Menikahi Tuan Muda, ANTV dan Verona Pictures pada pertengahan November 2021 akhirnya merilis sinetron Cinta di dalam Perjodohan.[65][66]

Kontroversi[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Desember 2021, ANTV beserta pemeran dari sinetron ini, Rebecca Tamara dan Leo Consul, terlibat langsung memberikan bantuan di lokasi pengungsian korban terdampak erupsi Gunung Semeru. Keduanya juga ikut serta membantu para relawan di pos komando pengungsian serta menghibur para korban terdampak erupsi Gunung Semeru.[67][68] Namun demikian, atas aktivitas tersebut membuat sinetron ini menuai protes dari sejumlah relawan yang menangani bencana alam erupsi Gunung Semeru dan juga dari sebagian warga Lumajang karena diasumsikan tidak etis telah melakukan proses syuting di lokasi pengungsian korban terdampak erupsi. Kejadian ini kemudian menjadi polemik terkait izin yang berhasil didapatkan untuk melakukan proses syuting tersebut.[69][70][71][72][73][74] Manajer Komunikasi Perusahaan ANTV, Riyandri Tjahjadi memastikan pihaknya akan melakukan koreksi dengan adanya pro kontra yang terjadi.[75] Rebecca Tamara dan Leo Consul pun telah menyampaikan permohonan maaf mereka kepada masyarakat luas. Leo Consul secara khusus berharap satu kesalahan yang dibuat tidak menghapus kebaikan yang telah dilakukannya.[68][76][77]

Distribusi daring[sunting | sunting sumber]

Secara resmi episode-episode dari sinetron ini juga diunggah dalam kanal YouTube ANTV Official (ANTV Klik).[‡ 18] Di samping itu, untuk behind the scenes dan potongan tayangan penuh diunggah dalam kanal YouTube Verona The Series,[‡ 19] serta untuk live streaming didistribusikan melalui Vision+ dan Vidio.com.[78]

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Tahun Penghargaan Kategori Nominasi Hasil Ref
2021 Festival Film Bandung 2021 Pemeran Pria Terpuji Serial Televisi Christ Laurent Menang
[79]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Sutradara
  2. ^ Ko-sutradara
  3. ^ Ko-sutradara
  4. ^ Ko-sutradara
  5. ^ Produser
  6. ^ Ko-produser
  7. ^ Produser lini
  8. ^ Awalnya Alexandra dan David hendak menikah, akan tetapi digagalkan oleh ayahnya yang lebih memilih Andrew. Dan kehidupan Alexandra berubah penuh derita pasca ayahnya meninggal, dikarenakan Andrew yang terlalu pencemburu..
  9. ^ Awalnya Reno menyukai Kinanti sejak pandangan pertama. Dendam kesumatnya kepada Abhimana bermula ketika Abhimana menikahi Kinanti dan semakin menjadi setelah kemunculan Satria.
  10. ^ Kondisi fisik dan kejiwaan Anita memburuk setelah diteror oleh Amanda. Tubuhnya tak lagi terawat, bahkan hasrat untuk membunuh Kinanti dengan tangannya sendiri kadang muncul tiba-tiba. Hal serupa juga terjadi ketika Anita berhasrat untuk membunuh Hanna, lantaran tidak menyetujui Reno yang berniat menikahi Hanna.
  11. ^ Amanda Aulia merupakan identitas baru Alya setelah operasi wajah. Pada dasarnya dia sangat membenci wajah barunya, yang juga identik dengan wajah dari mendiang istri Roland.
  12. ^ Kondisi Sarah berubah 180 derajat dan masih menjadi misteri apa yang sebenarnya terjadi setelah diculik Johan.
  13. ^ Karina terlahir dari ibu yang sama dengan Marissa. Namun demikian, ayah mereka berbeda. Nama ayahnya adalah Kurniawan. Meski pada awalnya dia hanya ingin memanfaatkan harta Herman akan tetapi pada akhirnya dia benar-benar jatuh cinta kepada Herman.
  14. ^ Raditya semasa kecil sering kali dipanggil Darma oleh Rima.
  15. ^ Keisha pada awalnya ditugaskan Abhimana untuk menghancurkan rumah tangga Herman, dan juga sempat hamil anak Herman. Setelah dia mengalami keguguran, Abhimana memerintahkannya untuk pergi dari kehidupan Herman.
  16. ^ Claudia pada awalnya hanya karyawan biasa yang disukai oleh Herman, sampai akhirnya dia berubah jahat dikarenakan dendam kepada Marissa dan Karina, yang telah menyebabkan dia kehilangan kekasih hati dan ibunya (meninggal dunia).
  17. ^ Roland merupakan sosok dengan gangguan jiwa yang bertanggung jawab penuh atas operasi wajah Alya. Dengan tidak adanya referensi atas gambaran wajah asli Alya, justru dia manfaatkan untuk menjadikan wajah Alya benar-benar identik dengan wajah mendiang Istrinya..
  18. ^ Terkadang dia muncul di warung makan, di restoran, atau juga di rumah sakit.
  1. ^ Versi rilis penuh dari lagu bertajuk Kinanti Lestari.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Kutipan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Pamit dari Love Story The Series, Leo Consul Gabung di Terpaksa Menikahi Tuan Muda". Tabloid Bintang. Diakses tanggal 4 Agustus 2021. 
  2. ^ "TERPAKSA MENIKAHI TUAN MUDA • SEGERA • DI ANTV". ANTV Official. 
  3. ^ "Ayo Buruan Lengkapi Syaratnya, ANTV Sedang Berbagi Hadiah Khusus Penggemar Terpaksa Menikahi Tuan Muda - Jurnal Medan". Jurnal Medan. Diakses tanggal 10 Oktober 2021. 
  4. ^ "HADIAH AKHIR TAHUN UNTUK ANTV LOVERS! Nonton tayangan serial Terpaksa Menikahi Tuan Muda dan Cinta di Dalam Perjodohan kamu bisa dapetin Grand Prize dan uang tunai total jutaan rupiah dari ANTV loh.. keren banget kan!!! Mulai 1 Desember 2021 kamu bisa jawab pertanyaan seputar serial kesayangan kamu dengan Scan QR Code yang muncul di layar kaca saat serial berlangsung. Jangan ketinggalan buat nonton dan dapetin hadiahnya ya!". ANTV Official. 
  5. ^ "Nama Pemain Sinetron Terpaksa Menikahi Tuan Muda ANTV - Updatebanget!". updatebanget.info. 7 Agustus 2021. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-11-07. Diakses tanggal 6 November 2021. 
  6. ^ "Rebecca Tamara Jadi Amanda di Terpaksa Menikahi Tuan Muda". popmagz. Diakses tanggal 19 September 2021. 
  7. ^ Ode, M. Fauzi. "Alasan Mundur dari Terpaksa Menikahi Tuan Muda Tuai Sorotan, Puy Brahmantya: Tolong Jangan Dihujat - Portal Maluku". portalmaluku.pikiran-rakyat.com. Diakses tanggal 2021-09-27. 
  8. ^ "Pemeran Anita di Terpaksa Menikahi Tuan Muda Diganti, Sutradara Beri Penjelasan". seputarcibubur.pikiran-rakyat. Diakses tanggal 15 September 2021. 
  9. ^ a b "Perankan Sosok Antagonis Musuh Abhimana, Reza Levi Curi Perhatian penonton - Cerita Depok". Cerita Depok. Diakses tanggal 28 Oktober 2021. 
  10. ^ "Lengkap! Riwayat Kehidupan Reza Levi, Pemeran Raditya Musuh Dari Abhimana TMTM ANTV, Cek Profilnya! - Tipologi". www.tipologi.com. Diakses tanggal 28 Oktober 2021. 
  11. ^ "Mantan Glenca Chysara, Adi Sastro Gabung di Terpaksa Menikahi Tuan Muda, Komentar Arya Saloka Disorot - Jurnal Medan". Jurnal Medan. Diakses tanggal 10 November 2021. 
  12. ^ Paramitha, Tasya. "Cerita Alisia Rininta Syuting Serial ANTV Terpaksa Menikahi Tuan Muda". VIVA.co.id. Diakses tanggal 8 Oktober 2021. 
  13. ^ "Syuting Saat Pandemi Covid-19, Leo Consul Ngaku Kesulitan - ANTVKLIK". ANTV Klik. Diakses tanggal 4 Desember 2021. 
  14. ^ "Elina Joerg Beberkan Syuting Terpaksa Menikahi Tuan Muda saat Pandemi Covid-19, Lumayan Jauh Banget - ANTVKLIK". ANTV Klik. Diakses tanggal 6 Desember 2021. 
  15. ^ "Memerankan Tuan Muda Abhimana, Energi Christ Laurent Terkuras - Tabloidbintang.com". Tabloid Bintang. Diakses tanggal 6 Oktober 2021. 
  16. ^ "Cerita Leo Consul Perankan David Terpaksa Menikahi Tuan Muda". popmagz. Diakses tanggal 10 Oktober 2021. 
  17. ^ Suhendra, Ichsan. "Tantangan Elina Joerg di Sinetron Terpaksa Menikahi Tuan Muda". VIVA.co.id. Diakses tanggal 14 Oktober 2021. 
  18. ^ "Jimmers". Jimmers Group. Diakses tanggal 13 Oktober 2021. 
  19. ^ "KLM Radhia Nitya". www.radhiacruise.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 11 November 2021. 
  20. ^ "10 Besar Rating Senin, 20 September : Terpaksa Menikahi Tuan Muda dan Love Story The Series Mengejutkan - Tabloidbintang.com". Tabloid Bintang. Diakses tanggal 21 September 2021. 
  21. ^ Suhendra, Ichsan. "Terpaksa Menikahi Tuan Muda Jadi Nomor 1, Ini Kebahagiaan Pemain". VIVA.co.id. Diakses tanggal 30 September 2021. 
  22. ^ "Kuasai Luar Jakarta, Terpaksa Menikahi Tuan Muda ANTV Raih Posisi Pertama - Tabloidbintang.com". Tabloid Bintang. Diakses tanggal 8 Oktober 2021. 
  23. ^ "Rating Terpaksa Menikahi Tuan Muda Tembus 5 Besar, Christ Laurent, Alisia Rininta, dan Leo Consul Diminta Bikin TikTok - Tabloidbintang.com". Tabloid Bintang. Diakses tanggal 2 November 2021. 
  24. ^ "Intrik percintaan yang semakin menarik hati pemirsa membuat serial Terpaksa Menikahi Tuan Muda mendapatkan performa yang baik". ANTV Official. 
  25. ^ "Jadi Nomor 1, Sinetron Terpaksa Menikahi Tuan Muda Banjir Pujian Pemirsa Setia - ANTVKLIK". ANTV Klik. Diakses tanggal 5 Oktober 2021. 
  26. ^ a b "Christ Laurent Sukses Perankan Tuan Muda Berhati Dingin, Kini Diam-Diam Bucin - Tabloidbintang.com". Tabloid Bintang. Diakses tanggal 26 September 2021. 
  27. ^ a b "Quotes Romantis Abhimana Kepada Kinanti di Sinetron Terpaksa Menikahi Tuan Muda - Tipologi". www.tipologi.com. Diakses tanggal 28 Oktober 2021. 
  28. ^ "Tuan Muda Chris Laurent Raih Penghargaan Festival Film Bandung, Kalahkan Dua Aktor Pemeran Ikatan Cinta - Seputar Cibubur". Seputar Cibubur. Diakses tanggal 24 Oktober 2021. 
  29. ^ "Gara-Gara Peran Antagonis, Agoye Mahendra Dapat Pujian dari Penggemar Sinetron Terpaksa Menikahi Tuan Muda - Tipologi". www.tipologi.com. Diakses tanggal 31 Oktober 2021. 
  30. ^ a b "David Hoffman, Pemeran Papa Herman di Terpaksa Menikahi Tuan Muda, Biodata dan Profil - DeskJabar". DeskJabar. Diakses tanggal 20 Oktober 2021. 
  31. ^ "Tembus 100 Episode, Terpaksa Menikahi Tuan Muda Gelar Syukuran - Tabloidbintang.com". Tabloid Bintang. Diakses tanggal 18 November 2021. 
  32. ^ "Serial Terpaksa Menikahi Tuan Muda ANTV Rayakan Episode ke-100, Gokil!". IntipSeleb. Diakses tanggal 19 November 2021. 
  33. ^ "Vibes Christ Laurent dan Alisia Rininta Mirip Pangeran William dan Kate Middleton, Alisia Langsung Ngakak - Jurnal Medan". Jurnal Medan. Diakses tanggal 5 November 2021. 
  34. ^ "alisia rininta fashion (@alisiarininta_fashion) • Instagram photos and videos". alisia rininta fashion. 
  35. ^ "Cantik dan Elegan, Ini Harga Outfit Alisia Rininta Sebagai Kinanti di Terpaksa Menikahi Tuan Muda, Fantastis! - Jurnal Medan". Jurnal Medan. Diakses tanggal 30 November 2021. 
  36. ^ "Perdana! Christ Laurent Joget TikTok Demi Penonton Terpaksa Menikahi Tuan Muda, Penggemar Malah Ngakak - Jurnal Medan". Jurnal Medan. Diakses tanggal 22 September 2021. 
  37. ^ "Rantang Kinanti dan Telur Dadar Tuan Muda Viral, Christ Laurent Abadikan Momen - Portal Maluku". Portal Maluku. Diakses tanggal 20 September 2021. 
  38. ^ "Dari Rantang, Telur Dadar, hingga Gelas Tuan Muda Disorot, Alisia Rininta Tebar Senyum - Portal Maluku". Portal Maluku. Diakses tanggal 20 September 2021. 
  39. ^ "Gelas Si Kuda Hitam Tuan Muda Viral, Christ Laurent Abadikan Momen - Portal Maluku". Portal Maluku. Diakses tanggal 18 Oktober 2021. 
  40. ^ "Christ Laurent Foto Pakai Payung, Langsung Viral di Kalangan Emak-emak 'Terpaksa Menikahi Tuan Muda' - Jurnal Medan". Jurnal Medan. Diakses tanggal 20 September 2021. 
  41. ^ "Sukses Bikin Baper, Christ Laurent - Alisia Rininta Ternyata Sudah Lama Berteman - Tabloidbintang.com". Tabloid Bintang. Diakses tanggal 26 September 2021. 
  42. ^ "Vakum 5 Tahun, Ini yang Dilakukan Alisia Rininta Terpaksa Menikahi Tuan Muda - Tabloidbintang.com". Tabloid Bintang. Diakses tanggal 26 September 2021. 
  43. ^ "Sosok Alisia Rininta, Pemeran Kinanti 'Terpaksa Menikahi Tuan Muda' yang Ternyata Bukan Orang Sembarangan - Rembang Bicara". Rembang Bicara. Diakses tanggal 21 Oktober 2021. 
  44. ^ "Alisia Rininta Si Kinanti di 'Terpaksa Menikahi Tuan Muda' Berulang Tahun Ke-30, Ini Doa Dari Christ Laurent - Jurnal Medan". Jurnal Medan. Diakses tanggal 22 November 2021. 
  45. ^ "Alisia Rininta Memakai Pakaian Olahraga di Syuting 'Terpaksa Menikahi Tuan Muda', Bentuk Tubuhnya Jadi Sorotan - Jurnal Medan". Jurnal Medan. Diakses tanggal 4 November 2021. 
  46. ^ "Alisia Rininta 'Kinanti' TMTM Unggah Foto di Akun Medsosnya, Netizen Heboh Sebut Wajahnya Mirip Artis Ini - Warta Lombok". Warta Lombok. Diakses tanggal 4 November 2021. 
  47. ^ "Tiba tiba Christ Laurent Bikin Quotes Di Instagram, Netizen Kepoin Pemeran Abhimana di Terpaksa Menikahi Tuan - DeskJabar". DeskJabar. Diakses tanggal 4 November 2021. 
  48. ^ "Pekerjaan Christ Laurent Selain Menjadi Aktor di Terpaksa Menikahi Tuan Muda, Warganet Meminta Dijadikan Suami - Jurnal Medan". Jurnal Medan. Diakses tanggal 4 November 2021. 
  49. ^ "10 Potret Mesra Chris Laurent dan Alisia Rinata di Sinetron". www.idntimes.com. Diakses tanggal 4 November 2021. 
  50. ^ "Tampilkan Chemistry dengan Alisia Rininta, Postingan Terbaru Chris Laurent Jadi Sorotan Netizen: Cocok Banget - Rembang Bicara". Rembang Bicara. Diakses tanggal 9 November 2021. 
  51. ^ "6 Fakta Leo Consul, Aktor Filipina yang Kini Melejit Berkat Terpaksa Menikahi Tuan Muda - Tabloidbintang.com". Tabloid Bintang. Diakses tanggal 13 Oktober 2021. 
  52. ^ "Makin Populer! Leo Consul Dijuluki Pria Idaman di Terpaksa Menikahi Tuan Muda, Dari Hobi Masak Hingga Host - Jurnal Medan". Jurnal Medan. Diakses tanggal 14 Oktober 2021. 
  53. ^ "Agoye Mahendra Sosok Tampan dalam TMTM yang Menyedot Perhatian Penggemar Perempuan, Berikut Profil Singkatnya - Warta Lombok". Warta Lombok. Diakses tanggal 31 Oktober 2021. 
  54. ^ "Profil dan Biodata Dame Aning, Pemeran Hanna di Terpaksa Menikahi Tuan Muda ANTV - Portal Maluku". Portal Maluku. Diakses tanggal 26 Oktober 2021. 
  55. ^ "Pemeran Alya Terpaksa Menikahi Tuan Muda Titha Rendriana Lengkap Biodata IG, Agama, Umur, Tanggal Lahir, ANTV - Metro Lampung News". Metro Lampung News. Diakses tanggal 13 November 2021. 
  56. ^ "Biodata Elina Joerg Pemeran Sarah 'Terpaksa Menikahi Tuan Muda, dari Agama, Usia, hingga Perjalanan Karier - Utara Times". Utara Times. Diakses tanggal 16 November 2021. 
  57. ^ "Lengkap! Riwayat Kehidupan Alessia Cestaro Pemeran Anita Pada Sinetron Terpaksa Menikahi Tuan Muda di ANTV - Tipologi". www.tipologi.com. Diakses tanggal 3 November 2021. 
  58. ^ "8 Fakta dan Biodata Rebecca Tamara, Pemeran Amanda di Terpaksa Menikahi Tuan Muda ANTV - Portal Maluku". Portal Maluku. Diakses tanggal 16 Oktober 2021. 
  59. ^ "Mengenal dekat Rebecca Tamara pemeran Amanda dalam 'Terpaksa Menikahi Tuan Muda' - Warta Bulukumba". Warta Bulukumba. Diakses tanggal 16 Oktober 2021. 
  60. ^ "Chord Lagu Terendap Laraku - Naff Dicari, Setelah Jadi OST Sinetron Terpaksa Menikahi Tuan Muda di ANTV - DeskJabar". DeskJabar. Diakses tanggal 20 Oktober 2021. 
  61. ^ "Tuan Muda - Penelusuran Google". www.google.co.id. Diakses tanggal 29 Oktober 2021. 
  62. ^ "Terpaksa Menikahi Tuan Muda (drama) - Penelusuran Google". www.google.co.id. Diakses tanggal 12 November 2021. 
  63. ^ "Kumpulan Kata-kata Bijak Abhimana di Sinetron Terpaksa Menikahi Tuan Muda - Tipologi". www.tipologi.com. Diakses tanggal 12 November 2021. 
  64. ^ "Sosok Patrizia Reggiani Gucci yang Diperankan Lady Gaga di Film House of Gucci - Lifestyle Liputan6.com". Liputan6.com. Diakses tanggal 1 Desember 2021. 
  65. ^ "Angelica Simperler Adu Peran dengan Bryan Andrew di Cinta dalam Perjodohan". akurat.co. Diakses tanggal 13 November 2021. 
  66. ^ "Cinta di Dalam Perjodohan ANTV: Adaptasi Noveltoon Kayak TMTM?". popmagz. Diakses tanggal 17 November 2021. 
  67. ^ "Rebecca Tamara dan Leo Consul Kunjungi Lokasi Pengungsian Erupsi Semeru". duta.co. Diakses tanggal 24 Desember 2021. 
  68. ^ a b "Rebecca Tamara dan Leo Consul Hibur Warga di Pengungsian Erupsi Gunung Semeru - Tabloidbintang.com". Tabloid Bintang. Diakses tanggal 25 Desember 2021. 
  69. ^ Istiqomatul Hayati, Istiqomatul, ed. (22 Desember 2021). "Relawan Protes Syuting Sinetron Terpaksa Menikahi Tuan Muda di Tenda Pengungsian". Tempo.co. Diakses tanggal 23 Desember 2021. 
  70. ^ Gunadha, Reza; Nofiana, Fita (22 Desember 2021). "Syuting di Pengungsian, Warga Lumajang Boikot Sinetron 'Terpaksa Menikahi Tuan Muda'". Suara.com. Diakses tanggal 23 Desember 2021. 
  71. ^ Syaifullah, Asep. "Viral Warga Lumajang Protes Gunung Semeru Dijadikan Lokasi Syuting Sinetron". detikcom. Diakses tanggal 24 Desember 2021. 
  72. ^ "DPR Minta Pemkab Lumajang Klarifikasi Izin Syuting Sinetron di Semeru". CNN Indonesia. Diakses tanggal 24 Desember 2021. 
  73. ^ Falah, Muhammad Naufal. "SYUTING Sinetron Terpaksa Menikahi Tuan Muda Dapat Izin Pemerintah Lumajang, Warga Kesal!". Tribunnews.com. Diakses tanggal 24 Desember 2021. 
  74. ^ Hermawan, Tony. "Polemik Syuting Sinetron TMTM di Lokasi Pengungsian Erupsi Semeru Kian Berbuntut Panjang". Tribunnews.com. Diakses tanggal 24 Desember 2021. 
  75. ^ "ANTV Pasang Badan untuk PH yang Syuting di Lokasi Bencana Semeru – SUMEKS.CO". SUMEKS.CO. Diakses tanggal 25 Desember 2021. 
  76. ^ "Rebecca Tamara Terpaksa Menikahi Tuan Muda Minta Maaf Usai Dikritik, Begini Katanya - radarcirebon.com". radarcirebon.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-12-24. Diakses tanggal 25 Desember 2021. 
  77. ^ Nadhiroh, Rifatun. "Dihujat Gara-gara Syuting di Semeru, Leo Consul Bagikan Potret Para Pengungsi yang Merasa Terhibur". Tribunnews.com. Diakses tanggal 25 Desember 2021. 
  78. ^ "Live Streaming ANTV - Situs Streaming Terlengkap". www.visionplus.id. Diakses tanggal 8 November 2021. 
  79. ^ "Amanda Manopo dan Christ Laurent Sabet Penghargaan di Festival Film Bandung 2021". Tabloid Bintang. Diakses tanggal 24 Oktober 2021. 

Sumber video dan daftar putar[sunting | sunting sumber]

Dalam teks referensi ini didahului oleh belati ganda (‡):

  1. ^ Moving Class (2021-10-31). Moving Class - Alasan (Official Audio) - YouTube. youtube.com. Diakses tanggal 2021-11-01. 
  2. ^ a b SATU LENSA LOBO (2021-10-31). INILAH FANS YG BIKIN LAGU BUAT TMTM @indrianti_lestarii @ichsannuur @aditiainc Lagu judul Alasan yg akan di tayangkan hari ini Minggu 31 Oktober Jam 17.30 wib di ANTV. instagram.com. Diakses tanggal 2021-10-31. 
  3. ^ a b CNN Philippines (2021-12-06). Pinoy actor Leo Consul making it big in Indonesia. cnnphilippines.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-12-07. 
  4. ^ a b Pretty Women ID (2021-09-04). Chris Laurent: Tuan muda ini nyari jodoh yang sepaham, sejalan, dan seiman! - YouTube. youtube.com. Diakses tanggal 2021-09-30. 
  5. ^ a b Pretty Women ID (2021-09-11). Alisia "Kinanti" Rininta: Kalau mau adegan kasar, Chris Laurent minta maaf dulu.. - YouTube. youtube.com. Diakses tanggal 2021-09-30. 
  6. ^ Devan AL Sumarlin (2021-09-13). Buat pecinta TMTM mereka rela tidur di set. instagram.com. Diakses tanggal 2021-10-06. 
  7. ^ a b SATU LENSA LOBO (2021-11-06). BTS KAPAL PINISI TMTM #terpaksamenikahituanmuda. instagram.com. Diakses tanggal 2021-11-07. 
  8. ^ radhiacruise (2021-11-06). We are extremely overwhelmed to be part of @veronapictures TV drama filming "Terpaksa Menikahi Tuan Muda" starring @christlaurent @alisiarininta22 @consulleo and @rebeccatamara! Our wonderful Phinisi boat will be seen in weekend special episode of this highly anticipated TV drama. instagram.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-11-11. 
  9. ^ SATU LENSA LOBO (2021-10-26). Lagu dibuat oleh Fans TMTM @indrianti_lestarii Makasih ya❤ #terpaksamenikahituanmuda. instagram.com. Diakses tanggal 2021-10-28. 
  10. ^ Indrianti sri Lestari (2021-10-26). Alhamdulillah ... 🤍🤍🤍 Terima kasih banyak❤️❤️❤️ @shulla011mame @lobo.satulensa @akang_bawang_ @sumarlin_27 @alisiarininta22 @consulleo @agoyemahendra @dwiilalang. instagram.com. Diakses tanggal 2021-10-28. 
  11. ^ ANTV Official (2021-11-17). Wuaaaw keren banget apresiasi dari para ANTV Lovers dan TMTM Lovers untuk serial Terpaksa Menikahi Tuan Muda, lihat billboard ini di jalanan?. instagram.com. Diakses tanggal 2021-11-18. 
  12. ^ #terpaksamenikahituanmuda - YouTube. youtube.com. Diakses tanggal 21 November 2021. 
  13. ^ #terpaksamenikahituanmuda tagar di Instagram • Foto dan Video. instagram.com. Diakses tanggal 21 November 2021. 
  14. ^ Video Tagar #terpaksamenikahituanmuda di TikTok. TikTok.com. Diakses tanggal 13 Oktober 2021. 
  15. ^ Tabloid Bintang (2021-11-19). SUKA DUKA CHRIST LAURENT & ALISIA RININTA JALANI PERAN DI SINETRON TERPAKSA MENIKAHI TUAN MUDA - YouTube. youtube.com. Diakses tanggal 2021-11-21. 
  16. ^ Pretty Women ID (2021-11-26). Christ Laurent:Terhipnotis pesona Tuan Muda - YouTube. youtube.com. Diakses tanggal 2021-11-29. 
  17. ^ Verona The Series (2021-08-25). SARAH HARUS MENIKAH DENGAN TUAN MUDA YG KEJAM & AROGAN TERPAKSA MENIKAHI TUAN NUDA ANTV EPS 1 PART 5 - YouTube. youtube.com. Diakses tanggal 2021-11-03. 
  18. ^ ANTV Klik. Terpaksa Menikahi Tuan Muda - YouTube. youtube.com. Diakses tanggal 2021-09-30. 
  19. ^ Verona The Series. TERPAKSA MENIKAHI TUAN MUDA - YouTube. youtube.com. Diakses tanggal 2021-09-30. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]