Terlanjur Cinta

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Terlanjur Cinta
Format Drama
Pembuat MD Entertainment
Pemeran Ririn Dwi Ariyanti
Andrew Andika
Niken Anjani
Rama Michael
Zaskia Sungkar
Arthur Brotolaras
Leroy Osmani
Febby Lawrence
Rina Hasyim
Enno Lerian
Tri Budiman
Lagu tema Demi Cinta, Kerispatih
Lagu pembuka Demi Cinta, Kerispatih
Lagu penutup Demi Cinta, Kerispatih
Negara  Indonesia
Bahasa Bahasa Indonesia
Jumlah episode 250 Episode
Produksi
Durasi 60 menit
Rumah produksi MD Entertainment
Distributor MD Entertainment
Siaran
Stasiun televisi SCTV
Siaran perdana Senin, 16 Maret 2009
Siaran sejak Senin, 16 Maret 2009  Minggu, 29 November 2009
Kronologi
Diawali oleh Cucu Menantu
Dilanjutkan oleh Kesetiaan Cinta

Terlanjur Cinta adalah salah satu Sinetron yang ditayangkan stasiun siaran media televisi saluran asli di SCTV dan yang diproduksi studio video production house motion pictures di MD Entertainment pada tahun 2009 mulai perdana pertama kali mengudara diluncurkan sejak pada tanggal hari Senin, 16 Maret 2009 dan akhir penutup selesai kali berhenti siaran diubarkan tamat sejak pada tanggal hari Minggu, 29 November 2009 berapa jumlah oleh 250 Episode setiap hari pukul 21.30 WIB.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Pemeran Utama[sunting | sunting sumber]

Pemeran Pendukung[sunting | sunting sumber]

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Pernikahan Ridho dan Murni[sunting | sunting sumber]

Murni (Ririn Dwi Ariyanti) adalah gadis kampung yang lugu, polos, dan baik hati. Sebagai anak tunggal dari Arsyad, ia telah mempersiapkan pernikahannya dengan Ryan. Arsyad pun mengundang semua rekannya, termasuk Ridho (Andrew Andika), murid kesayangannya. Namun sayangnya, Ryan meninggal sebelum tiba di tempat pernikahan. Arsyad lalu syok dan sekarat.

Menjelang kematiannya, Arsyad memohon Ridho agar menikahi Murni. Ridho yang mengalami jatuh cinta pada pandangan pertama pun tidak menolak dan pernikahan berlangsung di depan Arsyad. Namun orang tua Ridho, Burhan (Leroy Osmani) dan Mutia (Febby Lawrence), jelas-jelas harus berpikir dua kali untuk menerima Murni.

Mutia bersama Shalimar (Niken Anjani), calon istri Ridho yang sesungguhnya, terus membuat Murni tidak betah dengan kondisi rumah keluarga. Namun ketulusan hati Murni untuk tinggal di rumah benar-benar nyata. Saat Mutia terancam maut, Murni menolongnya. Mutia pun berubah menjadi baik, namun Shalimar belum. Bersama Murni, ia terus menjebak Shalimar.

Kembalinya Ryan, munculnya Siska[sunting | sunting sumber]

Satu masalah selesai, masalah lain muncul. Ryan, mantan calon suami Murni (lihat bagian Pernikahan Ridho dan Murni), ternyata masih hidup. Shalimar memanfaatkannya agar bisa merebut Ridho, tetapi Ryan sadar bahwa hal yang dilakukannya salah. Ryan keluar dari skenario Shalimar.

Shalimar lalu merekrut Siska, seorang caddy golf, untuk mencoreng nama baik Burhan dengan cara pura-pura dihamili Burhan. Setelah Mutia tahu, Burhan diusirnya. Burhan dan Mutia pisah rumah. Burhan dengan Murni dan Siska, Mutia dengan Fachri dan Kanaya. Ditambah lagi, Shalimar memaksa Fachri menikahinya karena telah menghamilinya. Tentu saja hamil itu pura-pura.

Ridho dan Murni pisah rumah karena dua hal: ingin mengungkap persekongkolan Shalimar dan Siska, serta menyatukan Burhan dan Mutia perlahan-lahan. Setelah kasus berhasil terbongkar, Shalimar masuk penjara.

Laskar Antagonis[sunting | sunting sumber]

Seseorang mengundang Siska dan Shalimar ke suatu rumah. Ia juga merekrut Ernest, mantan pacar Fachri, untuk berbuat kejahatan. Dialah Ryan, dalang dari semua ini. Di sinilah Laskar Antagonis terbentuk.

Langkah penting mereka adalah mengambil harta Burhan dan menyiksa Ridho dan Murni. Siska menyiksa batin Murni dengan mengatakan soal perceraian. Sementara itu, Shalimar berpura-pura menjadi baik untuk mengambil harta Burhan. Namun Ernest yang ingin berkhianat akhirnya ditangkap Ryan dan akan dibunuh. Untungnya Adrian, dokter dari Ernest yang disuruh Shalimar membunuh, tidak tega.

Di sisi lain, seluruh harta Burhan berhasil dikuasai, namun Ridho dan Murni berhasil mengetahui tentang Laskar Antagonis dan ingin segera memberitahu Burhan dan Mutia. Sayangnya, mereka tidak percaya. Saat keluarga Burhan jatuh miskin, Ridho dan Murni menjadi tukang sate.

Sementara itu, Ryan jengkel dengan Shalimar dan segera ingin menyingkirkannya. Shalimar yang sedang naik mobil dengan Siska kemudian kecelakaan dan untungnya mereka ditolong Fachri. Di sinilah pertobatan Shalimar. Ia kembali ke jalan yang benar, menolong keluarga Burhan.

Pertemuan dan pertobatan[sunting | sunting sumber]

Kembali ke Murni, ketika ia sedang berjualan sate, seorang ibu melihatnya dan begitu terkesan dengan kegigihannya berjualan. Ketika tasnya dicopet, Murni berhasil mengembalikan tas itu. Ibu itu kemudian menawarkan pekerjaan kepada Murni, karena ibu itu melihat Murni kewalahan menjadi penjual sate, dan waktu itu juga menjadi tukang parkir. Murni kemudian mempertimbangkannya.

Ibu itu ternyata adalah ibu Murni, istri dari Arsyad (ayah Murni yang sudah meninggal, lihat bagian Pernikahan Ridho dan Murni) yang sudah lama berpisah dengan Arsyad dan Murni. Ibu itu bernama Andien.

Murni akhirnya dapat mengetahui bahwa Andien adalah ibunya dengan bantuan anak angkat Andien, Dirga. Dirga berjuang untuk menemukan anak kandung Andien, sementara Andien sakit gagal ginjal. Tipe ginjal yang sesuai dengannya susah dicari, namun Murni kemudian mau mendonorkan ginjalnya. Tipe ginjal Murni benar-benar cocok dengan tipe ginjalnya. Murni melakukan hal itu hanya karena butuh biaya untuk menolong suaminya. Ternyata, tidak hanya itu. Murni kemudian menemukan ibunya.

Di sisi lain, Shalimar kini telah menjadi baik dan akan membantu keluarga Burhan untuk mengambil kembali harta mereka dari tangan Ryan dan Siska. Selanjutnya, keluarga Burhan kemudian menemui Murni dan Ridho di sebuah panti asuhan bernama Muridh. Mereka mempunyai rencana untuk menghancurkan kejahatan Ryan dan Siska secepatnya.

Rencana pertama adalah Ridho mengunjungi Siska, Kanaya yang disiksa oleh Ryan Selama ini. Ridho menyuruhnya untuk bilang allahu akbar setiap Ryan menyiksanya, Yang kedua adalah meneror Siska dengan membayar orang. Orang-orang ini melakukan hal yang sama dilakukan Siska sebelumnya dan juga mendapatkan SMS dan kertas dari Shalimar dan Murni. Lalu mereka menerima kado yang isinya adalah majalah Muridh, Siska lalu melaporkan ke Ryan dan Ryan menaruh Kanaya di gudang karena sudah berani melawan Ryan.

Tak lama kemudian, Siska hampir saja kehilangan nyawanya dan nyawa bayinya. Ia tertabrak mobil dan segera ditolong keluarga Burhan. Di sinilah saat bertobatnya Siska. Ia sekarang membela keluarga Burhan untuk menyingkirkan Ryan. Kanaya dibawa ke luar dari gudang, walau sampai mengorbankan Shalimar yang tertusuk penjaga gudangnya. Intinya, semua selamat, Kanaya bebas.

Ryan yang mengetahui hal ini segera menyekap Murni. Beruntung seluruh keluarga segera tahu. Saat hanya ada Kanaya dan Ryan serta Murni, Kanaya menembak Ryan dua kali. Ryan segera dilarikan ke rumah sakit dan sidang kasus ini segera dilangsungkan. Intinya, Ryan bersalah dan dihukum tiga tahun penjara, sedang Shalimar dan Siska terkena hukuman ringan karena membantu Ryan.

Pembalasan Ridho dan Murni Terhadap Ryan dan Sheza[sunting | sunting sumber]

Kemudian Akbar disuruh Ryan untuk merusak mobil Ridho dan setelah jujur pada Ridho, akhirnya Ridho tahu. Kemudia Ridho menyamar menjadi seorang Preman yang bernama Bogi. Tetapi Murni sudah tahu bahwa preman itu Ridho.Kemudian Murni melihat Ryan di perempatan ketika Ryan membeli koran(kalau ndak salah). Kemudian ada percakapan antara Pak Darma dengan Sheza. Percakapannya sbg berikut : Sheza:"Kenapa kamu tidak menggunakan penyamaranmu?" Ryan :"Karena saya bosan menjadi kakek-kakek terus." Sheza:"Bodoh kamu!Murni itu melihatmu di jalan." ... Ryan :"Lalu saya harus bagaimana?" Sheza:"OK,begini saja *biar aku yang mengurus Bogi."

Kemudian Ryan membuat Murni kaget terus sampai dianggap orang lain stress. Yang pertama di rumah sakit, Yang kedua di mall, Yang ketiga di rumahnya Ridho. Kemudian Murni dalam hatinya berkata,”Aku harus bisa melawan Ryan (3x).”

Lalu Kanaya dan Stefani ingin memberi kue untuk Dirga. Kemudian mereka mengetuk pintu bareng. Setelah itu Bu Andin berkata,”E…Kanaya,Stefani ada apa ini?” Kemudian mereka menjawab secara bersamaan,”Ini kue untuk …” Mereka bilang lagi,”Tante.” Ternyata Dirga suka yang rasa coklat daripada keju. Murni dan Ridho mengadakan ulang tahun pernikahan mereka. Kemudian mereka langsung sms dengan seluruh keluarga Burhan Rihardjo .Kemudian Keluarga Burhan Rihardjo ingin sekali pergi ke sana dengan alasan yang macam-macam.

Sejak itu Pak Burhan datang ke tempatnya Ridho dan Murni. Kemudian ketika mengambil tumpeng, Mutia mengatakan,“Astafirllahalazim!”. Kemudian Fachri,Kanaya,Bu Mutia,Shalimar,dan Tania ngumpet. Dan Burhan mengatakan bahwa anaknya adalah Ridho,Kanaya,dan Fachri.

Kemudian Murni masuk ke dalam kamar Sheza untuk melihat bahwa Ryan itu masih hidup. Secara tidak sengaja Murni melihat fotonya Sheza,Ryan,beserta mamanya. Murni sudah tahu kalau Dharma itu Ryan. Dan Murni sudah tahu juga kalau antara Ryan dan Sheza ada persaudaraan. Pada saat Murni melihat foto itu Sheza kaget. Langsung Sheza berkata,”Murni!” Sheza menelepon Ryan. Ryan mengatakan bahwa Sheza disuruh Mengejar Murni,tetapi jangan membunuhnya. Kemudian Sheza menuruti omongan Ryan. Sheza mengejarnya dengan mobil. Murni sudah tidak kuat lagi untuk berlari. Maka,Murni pun hampir tertabrak.

Alhamdulillah,Sheza dan Ryan sudah dipenjara. Dan Murni beserta keluarga pun bebas dari gangguan mereka.

Munculnya Ega[sunting | sunting sumber]

Semua diawali dengan adanya Murni telepon seseorang yang nantinya bakal ketemu di suatu cafe. Setelah itu Murni mengajak Alisha untuk ikut ke cafe. Eeeee...rupanya Alisha dan Ridho bertemu dengan Ega. Ketika Murni dan Ridho sedang asyiknya ngobrol tiba-tiba ada suara. Yang membuat suara itu adalah Alisha.

Kecurigaan Murni terhadap Alisa[sunting | sunting sumber]

Alisha menikah dengan Ridho atas permintaan Murni sebelum dia koma. Murni koma setelah melahirkan anaknya yang kembar, secara prematur disebabkan oleh pendarahan yang dialami ketika terjatuh di dapur rumahnya. Keluarga Ridho menyujutui pernikahan tersebut kerana mengira bahawa itu ialah permintaan terakhirnya Murni. Murni dirawat dirumah kerana dokter berkata Murni tidak ada harapan lagi. Ternyata, Murni masih kuat bertahan. Dia bangun dari koma. Dia perlahan-lahan pulih. Akan tetapi, Murni lupa akan permintaannya kepada Ridho supaya menikahi Alisha. Alisha memang baik. Dia menjaga bayi kembar Murni selama dia koma. Akhirnya, Murni mendapat tahu yang sebenarnya. Murni sangat marah.

Alisha mengambil kesempatan ini untuk mendekati Ridho dengan pelbagai cara, termasuk berpura-pura menjadi buta. Murni mulai mencurigai gerak-geriknya Alisa. Tujuan Alisa adalah yang pertama, berpura-pura buta agar semua percaya padanya. Kedua, Alisa ingin dapat perhatian dari mas Ridho. Tetapi Murni berhasil menggagalkan rencananya Alisa, malah mengerjakan kembali Alisha bersama dengan Oma, neneknya Ridho. Alisha mengaku dia tidak buta dengan Murni. Murni dan Oma cuba membuat Alisha mengaku dengan cara operasi mata, tetapi gagal. Alisha tidak diam lagi bila dikerjakan Murni, dia melawan dan mendorong Murni. Murni terjatuh di tangga berguling dari lantai atas ke bawah. Murni dibawa ke rumah sakit. Setelah dperiksa, Murni mengalami kelumpuran dan tidak boleh berjalan. Ketika semua keluarga Ridho pergi makan siang di rumah sakit, Alisha masuk ke kamar Murni dan mengertawakan Murni. Apabila Alisha ingin keluar, Murni berdiri lalu menampar Alisha. Murni ternyata berpura-pura lumpur sama dengan Alisha yang berpura-pura buta. Kini, perhatian Ridho kembali kepada Murni. Dan sedikit demi sedikit Ridho pun tahu bahwa Alisa berpura-pura buta. Pada saat Ridho sedang emosi dengan Alisa, mobil Ridho masuk jurang yang dangkal. Akbar dan disusul keluarganya melihat bahwa Ridho sudah meninggal.

Ridho masih hidup. Sekarang Ridho tinggal bersama Eca (kakaknya Ega) dan Pak Sastro. Ridho hilang ingatan. Dia diberi naman Cahyo. Kemudian Ridho pun suka dengan nama tersebut. Ketika Ega datang ke rumah ayahnya, dia kaget melihat Ridho disana tetapi ridho tidak mengenalinya dan memperkenalkan diri sebagai Cahyo. Ega memberitahu Alisha tentang Ridho. Alisha pun ke rumah pak Sastro dan mengaku dirinya ialah istri kepada Cahyo. Alisha pula berkata bahawa nama sebenar Cahyo adalah Ihsan. Murni tidak tahu Ridho masih hidup. Alisha tidak mahu memberitahu Murni kerana ingin memiliki Ridho sepenuhnya. Alisha ingin mengadakan pernikahan ulang dengan Ridho kerana telah lama berpisah. Ibu Mutia, ibu kandung Ridho, diundang ke acara pernikahan itu oleh pak Sastro. Ibu Mutia mengajak Murni ikut sama. Di dalam perjalanan, Ibu Mutia memberi tahu bahawa pak Sastro itu adalah mantan suaminya dan Ridho itu adalah anak mereka berdua. Namun pak Sastro tidak tahu bahwa Ihsan itu adalah Ridho, anak kandungnya. Murni sangat shock mendengarkan ini. Pak Sastro malayani Mutia dan Murni. Alisha terdengar suara Murni dan cuba membawa Ridho kabur. Namun, Murni melihat Ridho dan memekik memanggil nama Ridho. Disitulah semuanya terungkap. Sayangny, Ridho tidak ingat apa2. Dia mengurung diri kerana terlalu kaget dengan kenyataan yang sebenarnya.

Murni berasa hampa. Dia ingin meninggalkan semua kenangannya dan bertekad untuk ke Autralia dan menetap disana. Oma sangat tidak setuju. Ketika sudah waktunya masuk ke bandara, anak kembarnya Murni tiba2 hilang.

Ridho yang sedang solat si rumah Pak Sastro, mendengar suara tangisan bayi. Ketika dia keluar untuk melihat, dia kaget melihat sepasang bayi kembar di ruang depan. Dengan kuasa Allah, tangisa bayi2 itu mengembalikan ingatan Ridho. Ridho berkata "Inikan anak-anak aku." Dia mengenali anaknya.

Ternayata, ini semua kerjaan Oma. Oma membawa cicitnya itu ke rumah Pak Sastro. Oma pun muncul di hadapan Ridho. Ridho berterimakasih kepada omanya kerana sudah mengembalikan ingatannya melalui anak2nya. Oma dan Ridho lalu berangkat ke bandara. Murni dan keluarga Ridho yang sedang nangis kerana anaknya Murni hilang, senyum ketika Ridho hadir dengar anak kembarnya dengan ingatannya yang sekarang menangis cengeng bersedih.

Sinetron ini berakhir tidak termasuk dari Murni, sekarang kakak berkandung Ridho pernikahan Alisha & Ega, Kanaya & Dirga. Semuanya berkumpul ngak boleh Murni lagi.

TAMAT