Teori perdagangan baru

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ekonomi

Kategori umum

Ekonomi mikro · Ekonomi makro
Sejarah pemikiran ekonomi
Metodologi  · Pendekatan heterodoks

Bidang dan subbidang

Perilaku  · Budaya  · Evolusi
Pertumbuhan  · Pengembangan  · Sejarah
Internasional · Sistem ekonomi
Keuangan dan Ekonomi keuangan
Masyarakat dan Ekonomi kesejahteraan
Kesehatan  · Buruh  · Manajerial
Bisnis Informasi  · Informasi · Teori permainan
Organisasi Industri  · Hukum
Pertanian  · Sumber daya alam
Lingkungan · Ekologis
Geografi Ekonomi  · Kota · Pedesaan  · Kawasan
Peta ekonomi

Teknik

Matematika  · Ekonometrika
Eksperimental · Neraca nasional

Daftar

Jurnal · Publikasi
Kategori · Topik · Ekonom

Portal Bisnis dan ekonomi

Teori perdagangan baru adalah kumpulan model ekonomi dalam perdagangan internasional yang berfokus pada peran peningkatan skala pengembalian dan eksternalitas jaringan, yang dikembangkan pada akhir 1970-an dan awal 1980-an.

Ahli teori perdagangan baru melonggarkan asumsi skala hasil konstan, dan beberapa berpendapat bahwa menggunakan langkah-langkah proteksionis untuk membangun basis industri besar di industri tertentu kemudian akan memungkinkan sektor-sektor tersebut mendominasi pasar dunia.

Bentuk-bentuk yang kurang kuantitatif dari argumen "industri bayi" serupa yang menentang perdagangan bebas total telah dikemukakan oleh para ahli teori perdagangan setidaknya sejak 1791 (lihat: Sejarah perdagangan bebas).

Dampak teori[sunting | sunting sumber]

Nilai proteksi "industri bayi" telah dipertahankan setidaknya sejak abad ke-18; misalnya, Alexander Hamilton mengusulkan pada tahun 1791 bahwa ini menjadi dasar bagi kebijakan perdagangan AS.[1] Apa yang "baru" dalam teori perdagangan baru adalah penggunaan ekonomi matematis untuk memodelkan skala pengembalian yang meningkat, dan terutama penggunaan eksternalitas jaringan untuk menyatakan bahwa pembentukan industri penting bergantung pada jalur dengan cara industri perencanaan dan bea yang bijaksana dapat dikendalikan.

Model-model yang dikembangkan memprediksikan spesialisasi nasional demi industri yang diamati di dunia industri (film di Hollywood, jam tangan di Swiss, dll.). Model tersebut juga menunjukkan bagaimana konsentrasi industri yang bergantung pada jalur terkadang dapat mengarah pada persaingan monopolistik atau bahkan situasi oligopoli.

Beberapa ekonom, seperti Ha-Joon Chang, berpendapat bahwa kebijakan proteksionis telah memfasilitasi pengembangan industri otomotif Jepang pada 1950-an, ketika kuota dan peraturan mencegah persaingan impor. Perusahaan Jepang didorong untuk mengimpor teknologi produksi asing tetapi diharuskan memproduksi 90% suku cadang di dalam negeri dalam waktu lima tahun. Konsumen Jepang menderita dalam jangka pendek karena tidak mampu membeli kendaraan superior yang diproduksi oleh pasar dunia, tetapi akhirnya memperoleh keuntungan dengan memiliki industri lokal yang dapat bersaing dengan pesaing internasional mereka.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Alexander Hamilton, REPORT ON MANUFACTURES, Communicated to the House of Representatives, December 5, 1791. www.constitution.org/ah/rpt_manufactures.pdf
  2. ^ MacEwan, Arthur (1999). Neo-liberalism or democracy?: economic strategy, markets, and alternatives for the 21st century. Zed Books. ISBN 1-85649-725-9. Diakses tanggal 2009-04-04The rapid post-war industrialization in Japan is documented in this book. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]