Teori medan terpadu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Teori medan terpadu (bahasa Inggris: unified field theory) adalah teori yang diciptakan Albert Einstein yang menggambarkan upaya untuk menyatukan kekuatan-kekuatan fundamental fisika antara partikel-partikel dasar menjadi kerangka teoritis tunggal. Einstein meyakini pasti ada cara untuk menyatukan medan elektromagnetik dan medan gravitasi.

Dalam kuliah Nobel, Einstein menyampaikan kemungkinan dua medan dapat disatukan, "otak berjuang mengejar penyatuan yang tak terpuaskan bahwa dua medan harus mewujud dalam keadaan sangat saling bebas. Kita mencari teori medan yang menyatu secara matematis, yang menafsirkan medan gravitasi dan medan elektromagnetik hanya sebagai komponen atau manifestasi berbeda dari medan uniform yang sama."

Einstein berharap teori terpadu tsb mungkin akan membuat mekanika kuantum cocok dengan relativitas. Hingga akhir hayatnya Einstein tidak berhasil membuktikannya.

Teori Medan Terpadu sangat teoritis, sampai saat ini tidak ada bukti mutlak bahwa ada kemungkinan untuk menyatukan gravitasi dengan kekuatan lain.[1][2]

Pengantar[sunting | sunting sumber]

Gaya-gaya[sunting | sunting sumber]

Model Standar Partikel Dasar + Graviton Hipotetis

Keempat gaya dasar yang diketahui disampaikan melalui medan, yang dalam Model Standar fisika partikel berasal dari pertukaran boson kalibrasi. Secara khusus, empat interaksi dasar yang akan disatukan adalah:

Teori medan unifikasi modern berusaha menyatukan keempat gaya ini dan materi ke dalam suatu kerangka kerja tunggal.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Unified Field Theory - Albert Einstein". id.eferrit.com. Diakses tanggal 2023-11-08. 
  2. ^ Saleh, Era Jumiati M. (2020-11-17). "Perburuan Teori Medan Terpadu Einstein". Warung Sains Teknologi. Diakses tanggal 2023-11-08. 

Bacaan lanjutan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]