Graviton

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Graviton
Komposisi: Partikel elementer
Kelompok: Boson tolok
Interaksi: Gravitasi
Status: Hipotetis
Simbol: G[1]
Antipartikel: Diri sendiri
Penggagas: 1930s[2]
Partikel ini dinamai oleh Dmitrii Blokhintsev dan F. M. Gal'perin pada 1934[3]
Massa: 0
Jangka hidup: Stabil
Muatan listrik: e
Spin: 2

Dalam teori gravitasi kuantum, graviton adalah kuantum dari gravitasi yang masih hipotetis, sebuah partikel elementer yang memediasi gaya gravitasi. Tidak ada teori medan kuantum yang lengkap tentang graviton karena masalah matematika yang luar biasa dengan renormalisasi dalam relativitas umum. Dalam teori dawai, yang diyakini sebagai teori gravitasi kuantum yang konsisten, graviton adalah keadaan tak bermassa dari dawai fundamental.

Jika ada, graviton diperkirakan tidak bermassa karena jangkauan gaya gravitasi sangat jauh dan tampak merambat dengan laju cahaya. Graviton harus berupa boson dengan spin-2 karena sumber gravitasi adalah tensor energi–tegangan, sebuah tensor orde kedua (berbeda dengan foton dari elektromagnetisme dengan spin-1, yang sumbernya adalah tensor empat-arus, sebuah tensor orde pertama). Selain itu, dapat ditunjukkan bahwa medan spin-2 tanpa massa apa pun akan menimbulkan gaya yang tidak dapat dibedakan dari gravitasi, karena medan spin-2 tanpa massa akan berkopel dengan tensor energi–tegangan dengan cara yang sama seperti interaksi gravitasi. Hasil ini menunjukkan bahwa, jika partikel spin-2 tanpa massa ditemukan, pasti itu adalah graviton.[4]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ G digunakan untuk membedakan dari gluon (simbol g)
  2. ^ Rovelli, C. (2001). "Notes for a brief history of quantum gravity". arΧiv:gr-qc/0006061. 
  3. ^ Blokhintsev, D. I.; Gal'perin, F. M. (1934). "Гипотеза нейтрино и закон сохранения энергии" [Neutrino hypothesis and conservation of energy]. Pod Znamenem Marxisma (dalam bahasa Rusia). 6: 147–157. 
  4. ^ For a comparison of the geometric derivation and the (non-geometric) spin-2 field derivation of general relativity, refer to box 18.1 (and also 17.2.5) of Misner, C. W.; Thorne, K. S.; Wheeler, J. A. (1973). Gravitation. W. H. Freeman. ISBN 0-7167-0344-0. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]