TempoTV

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
TempoTV
PT Media Inti Televisi Nusantara
Diluncurkan2006
15 Juli 2016 (siaran percobaan)
PemilikTempo Media Group
SloganEnak Ditonton dan Perlu
Negara Indonesia
BahasaBahasa Indonesia
Wilayah siarJabodetabek
Kantor pusatJl. Utan Kayu No. 68 H Jakarta, Indonesia
Situs webYouTube TVTempo
Ketersediaan
Terestrial
Jabodetabek42 UHF (digital DVB-T2)

TempoTV (sejak 2014 juga disebut TVTempo) adalah sebuah stasiun televisi swasta digital asal Jakarta, Indonesia. TempoTV dimiliki oleh Tempo Media Group, sebuah perusahaan penerbit yang menerbitkan Majalah Tempo dan Koran Tempo. Slogan yang diusung oleh stasiun televisi ini adalah Enak Ditonton dan Perlu.

Sejarah

Logo pertama TempoTV (2006-2011)
Logo pertama TempoTV (2008-2011)
Logo kedua TempoTV (2011-2014)
Logo kedua TempoTV (2011-2014)
Logo ketiga TempoTV (2014-2021)
Logo ketiga TempoTV (2014-2021)

TempoTV mulanya adalah penyedia konten berbasis jurnalisme. TempoTV dibangun oleh kelompok media terkemuka, Tempo Media Group dan kantor berita radio KBR68H, pada 2006.[1] Tempo memiliki sejarah dan pengalaman yang panjang dibidang jurnalisme di Indonesia, sedangkan KBR68H, meski tergolong media baru, telah berhasil membangun jaringan pemberitaan dengan lebih dari 900 radio di Indonesia, Australia, dan sejumlah negara Asia lainnya.

TempoTV berada dalam naungan PT Media Inti Televisi Nusantara. Para tokoh jurnalis senior yang menjadi komisaris ialah Goenawan Mohamad dan Bambang Harymurti; sedangkan sebagai direksi ialah Santoso, Toriq Hadad dan Teddy Wibisana. Sehari-hari, operasional televisi ini dilaksanakan para video jurnalis profesional.

Hingga saat ini, TempoTV telah memproduksi ratusan episode program yang disiarkan oleh berbagai stasiun televisi lokal. Selain membuat program televisi, TempoTV juga melayani pembuatan dokumentasi kegiatan baik perusahaan, lembaga pendidikan, maupun NGO. TempoTV juga pernah bekerjasama dengan Media Development Loan & Fund, sebuah NGO internasional, untuk membuat profil Radio Pikonane di Yahukimo, Papua. Selain itu, TempoTV juga pernah bekerjasama dengan Australia National University, juga pernah untuk membuat profil kegiatan mereka di Salatiga. Demikian pula beberapa lembaga bisnis lainnya di Jakarta pun telah memakai jasa TempoTV untuk membuat dokumentasi kegiatan mereka.

Awalnya, Tempo Media Group cukup optimis dalam mengembangkan media barunya ini. Walaupun demikian, karena pemiliknya tidak memiliki anggaran yang banyak dan mandeknya televisi digital di Indonesia, rencana untuk mengembangkan TempoTV menjadi sebuah stasiun televisi swasta dengan program-program reguler menjadi mandek. Akibatnya, sejak 2012 sampai sekarang, TempoTV hanya menjadi penyedia konten video semata, yang ditayangkan di YouTube maupun beberapa televisi lokal daerah.[1][2] Meskipun pada September 2014 TempoTV berhasil mendapat izin siaran untuk wilayah Jabodetabek, memulai siarannya secara digital pada 15 Juni 2016 di mux TVRI Jakarta dan Banten (42 UHF) dan sudah memiliki rencana untuk berekspansi ke berbagai kota,[3][4] sejauh ini nampak TempoTV belum menjadi suatu televisi berita yang berjalan cukup baik dengan hanya menayangkan video dalam siarannya.

Program

  • Green Talk
  • Agama dan Masyarakat
  • SAGA
  • Mutiara Indonesia
  • Teen Voice
  • Liputan Istimewa
  • Uang Kita
  • Bumi Kita
  • Asia Calling
  • Cover Tempo
  • Advertorial TempoTV

Jaringan

Anggota jaringan

Mantan jaringan

Saluran kerjasama di Indonesia

Lihat pula

Rujukan

Pranala luar