Speedy (Telkom)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari TelkomSpeedy)
Lompat ke: navigasi, cari
Speedy (Telkom)
Nama sebelumnya TelkomNet Instan
Jenis Penyelenggara jasa Internet
Moto Akses Internet Cepat (2004–2008)
Speed That You Can Trust (2008–2010)
Lead your life (2010–2012)
True Broadband (2012–2013)
Negara Bendera Indonesia Indonesia
Ketersediaan Nasional
Situs web www.telkomspeedy.com

Speedy adalah penyelenggara jasa Internet yang dimiliki oleh Telkom Indonesia. Speedy berbasis teknologi akses asymmetric digital subscriber line (ADSL) dan gigabit passive optical network (GPON)[1] dengan menggunakan jaringan fiber optik sampai ke rumah atau Fiber to the home (FTTH). Berbeda dengan layanan Internet dengan koneksi akses Internet putar-nomor seperti TelkomNet Instan, Speedy menggunakan saluran telepon yang dapat dipergunakan untuk menelepon bersamaan dengan mengakses Internet. Untuk dapat menikmati fasilitas menelepon dan internet secara simultan, pelanggan Speedy harus menggunakan splitter yang dapat memisahkan saluran telepon dan saluran modem. Selain itu, menyepakati ketentuan yang berlaku di Plasa Telkom setempat. Telkom Indonesia menghadirkan layanan IndiHome berbasis triple-play[2]. IndiHome menghadirkan layanan akses internet melalui jalur telepon dan fiber optik, VoIP sebagai layanan telepon berbasis internet, dan IPTV sebagai layanan televisi digital.

Kecepatan[sunting | sunting sumber]

Speedy menyediakan kecepatan berdasarkan paket berlanggganan mulai dari 1 mbps hingga 100 mbps (sedang direncanakan untuk paket berlangganan hingga 10 gbps).[1] Kecepatan rata-rata tersebut berubah-ubah dan berbeda-beda tergantung kondisi jaringan yang disesuaikan kondisi dan situasi setempat (terjadi pada Speedy ADSL), dan teknologi jaringan.

Modem[sunting | sunting sumber]

Modem bermerek TP-LINK model TD-W8951ND yang diberikan setelah berlangganan Speedy.

Speedy menyediakan modem ADSL bagi pelanggannya. Modem tersebut berbeda-beda model ataupun bentuknya. Disesuaikan dengan stok yang tersedia, namun pada kemasannya tetap tertera logo Telkom beserta logo Speedy. Dan untuk modem itu sendiri gratis

ONT[sunting | sunting sumber]

Salah satu ONT (Optical Network Terminal) yang diberikan Telkom saat berlangganan produk Telkom (Telepon Rumah, Speedy, UseeTV). bermerek Huawei model HG8245A

Selain modem ADSL, Telkom Speedy juga menyediakan ONT khusus untuk pengguna Speedy GPON. ONT ini diberikan oleh Telkom ke pelanggannya apabila jaringan pelanggan sudah menggunakan teknologi GPON.

Koneksi[sunting | sunting sumber]

Karena teknologi yang digunakan hanya dapat menerima jaringan telepon tertentu saja, maka untuk dapat melakukan koneksi ADSL diperlukan kualitas jaringan telepon yang baik dan stabil serta memiliki alat digital subscriber line access multiplexer (DSLAM) yang diperoleh di Sentra Telepon Otomatis (STO) seluruh Indonesia dan Optical Line Terminal yang akan diperoleh di STO seluruh Indonesia.

Proses koneksi Internet dengan modem ADSL memerlukan 2 tahap:

  • Koneksi ADSL dari modem ke DSLAM di STO terdekat.
  • Koneksi Internet melalui broadband remote access server yang terlebih dahulu melalui proses otentikasi di remote authentication dial in user rerver untuk verifikasi Nomor Speedy dan kata sandi pelanggan Speedy. Lembaran kertas yang berisi nomor berlangganan Speedy dan kata sandi yang diberikan harap disimpan baik-baik atau langsung dicatat sebagai cadangan demi mencegah kehilangan data penting tersebut.

Proses koneksi Internet dengan ONT GPON juga memerlukan 2 tahap:

  • Koneksi GPON dari ONT ke ODP (Optical Distribution Point), kemudian dari ODP ke ODC (Optical Distribution Cabinet), dan dari ODC ke OLT (Optical Light Terminal) di STO Terdekat
  • Di dalam OLT. sudah tersimpan data pelanggan. Sehingga OLT hanya perlu mencocokkan ONT yang terkoneksi di dalam jaringan GPON dengan data pelanggan. Jika cocok, maka dari OLT dialihkan ke jaringan Internet Telkom

Paket internet berkecepatan 512 kbps hingga 5 mbps menggunakan jaringan telepon (ADSL) sebagai akses internet, sedangkan paket berkecepatan 10 mbps hingga 100 mbps menggunakan teknologi GPON.

Penutupan layanan Telkom Speedy[sunting | sunting sumber]

Pelayanan di bawah nama Speedy telah dihentikan oleh Telkom, selaku induk perusahaan sejak awal tahun 2015. Kemudian Telkom merubahnya menjadi Indihome.[3] Semua pelanggan lama dipindahkan ke layanan ini. Selain menyediakan layanan internet melalui jaringan FTTH , Indihome juga menyediakan layanan IPTV dan menyatukan saluran telepon melalui perangkatnya. Tetapi hingga saat ini Indihome masih tetap menjaga jaringan kabel tembaga yang sudah ada, bagi pelanggan yang belum pindah menggunakan kabel fiber optik.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]