Telefunken

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Telefunken
IndustriElektronik
Didirikan1903
DitutupDigabung dengan perusahaan induknya, AEG pada tahun 1967 untuk membentuk AEG-Telefunken (digabung dengan Daimler-Benz pada tahun 1996, dan sejumlah divisinya dijual/dibubarkan)
Kantor
pusat
Berlin, Jerman
Situs webtelefunken.com

Telefunken dulu adalah sebuah produsen radio dan televisi asal Jerman, yang didirikan di Berlin pada tahun 1903, sebagai sebuah joint venture antara Siemens & Halske dan Allgemeine Elektricitäts-Gesellschaft (AEG).

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Telefunken REN 904. Sebuah tabung vakum buatan tahun 1930, digunakan di sejumlah radio awal buatan Jerman.
Jam alarm Telefunken buatan tahun 1995, dirancang oleh Philippe Starck.
Sebuah kaset, pemutar CD, dan radio modern Telefunken RC 881.
Ketel listrik Telefunken buatan tahun 2011

Pada awal abad ke-20, dua kelompok periset Jerman sedang mengerjakan pengembangan teknik untuk komunikasi nirkabel. Satu kelompok di AEG, yang dipimpin oleh Adolf Slaby dan Georg Graf von Arco, mengembangkan sistem untuk Kaiserliche Marine; sementara satu kelompok lain, yang dipimpin oleh Karl Ferdinand Braun, di Siemens, mengembangkan sistem untuk Angkatan Darat Jerman. Kompetitor utama mereka adalah Marconi Company asal Britania Raya.

Saat perselisihan mengenai paten muncul di antara kedua perusahaan tersebut, Kaisar Wilhelm II pun mendorong keduanya untuk bekerja sama, sehingga akhirnya terbentuklah joint venture dengan nama Gesellschaft für drahtlose Telegraphie System Telefunken pada tanggal 27 Mei 1903, dengan paten dan teknik yang dipermasalahkan diinvestasikan ke dalamnya. Pada tanggal 17 April 1923, nama perusahaan ini diubah menjadi Telefunken, The Company for Wireless Telegraphy. Telefunken sebelumnya merupakan alamat telegraf dari perusahaan ini. Direktur teknik pertama dari Telefunken adalah Count Georg von Arco.

Telefunken kemudian menjadi pemain besar di bisnis elektronik dan radio, baik untuk keperluan sipil maupun militer. Selama Perang Dunia I, perusahaan ini memasok radio dan peralatan telegraf untuk militer, serta membangun salah satu sistem navigasi radio pertama untuk pasukan Zeppelin. Telefunken Kompass Sender yang beroperasi mulai tahun 1908 hingga 1918, memungkinkan Zeppelin untuk terbang di seantero Laut Utara dalam cuaca apapun.

Mulai tahun 1923, Telefunken memproduksi pemancar siaran dan radio. Pada tahun 1928, Telefunken merancang penguat V-41 untuk Jaringan Radio Jerman. Penguat tersebut merupakan penguat "Hi-Fi" dua tahap pertama. Lambat laun, Telefunken menyempurnakan rancangannya dan pada tahun 1950, penguat V-72 dikembangkan. TAB (subkontraktor dari Telefunken) V-72 kemudian juga banyak digunakan oleh stasiun radio lain dan fasilitas perekaman. V-72S pun menjadi satu-satunya penguat yang ditemukan di konsol REDD.37 yang digunakan oleh the Beatles di Abbey Road Studios pada sejumlah rekaman awalnya. Pada tahun 1932, perusahaan ini mulai memproduksi pemutar rekaman.

Pada tahun 1941, Siemens menyerahkan semua saham Telefunken yang dipegangnya ke AEG, sebagai bagian dari sebuah perjanjian yang dikenal sebagai "perdamaian Telefunken", sehingga AEG menjadi pemegang saham tunggal Telefunken. Pada tahun 1955, status perusahaan ini diubah menjadi "Telefunken GmbH" dan pada tahun 1963, kembali diubah menjadi "Telefunken AG".

Selama Perang Dunia II, Telefunken merupakan pemasok tabung vakum, pemancar, dan sistem relai radio, serta mengembangkan fasilitas Funkmess (disebut sebagai perangkat radar oleh Angkatan Laut Amerika Serikat) dan pelacak sinyal, sebagai bagian dari pertahanan udara Jerman untuk melawan pengeboman dari udara. Selama perang, pabrik perusahaan ini digeser dan dikembangkan di bagian barat Jerman. Sehingga, Telefunken, di bawah AEG, berubah menjadi perusahaan yang lebih kecil, dengan tiga divisi yang masing-masing menangani teknologi penyelarasan dan pemrosesan data, elemen, serta penyiaran, televisi, dan fonograf. Telefunken juga merupakan pencipta sistem penyiaran radio FM. Telefunken, melalui anak usahanya, Teldec (sebuah joint venture dengan Decca Records), selama beberapa dekade merupakan salah satu perusahaan rekaman terbesar di Jerman, hingga Teldec dijual ke WEA pada tahun 1988.

Pada tahun 1959, Telefunken mendirikan sebuah pabrik semikonduktor modern di Heilbronn, yang mulai beroperasi pada bulan April 1960. Pabrik tersebut kemudian dikembangkan sebanyak beberapa kali, dan pada tahun 1970, sebuah gedung berlantai enam dibangun di tepi utara kawasan pabrik. Pada awal dekade 1970-an, gedung tersebut menampung sekitar 2.500 orang pekerja.

Pada tahun 1967, Telefunken digabung dengan AEG, yang kemudian mengubah namanya menjadi AEG-Telefunken. Pada awal dekade 1960-an, Walter Bruch mengembangkan sistem televisi berwarna PAL untuk perusahaan ini, yang kemudian digunakan di sebagian besar negara di belahan bumi barat (kecuali Amerika Serikat, Kanada, Meksiko, dan bagian barat Amerika Selatan).

Komputer bingkai utama TR 4[1] dikembangkan oleh Telefunken di Backnang, dan model TR 440 [de] dikembangkan oleh Telefunken di Konstanz, termasuk tetikus berbasis bola pertama yang diberi nama Rollkugel pada tahun 1968.[2] Komputer tersebut pun digunakan di sejumlah pusat komputasi universitas di Jerman mulai dekade 1970-an hingga sekitar tahun 1985. Pada tahun 1974, pengembangan dan produksi komputer besar dipisah ke Konstanz Computer Company (CGK). Sementara produksi komputer mini dan komputer proses diintegrasikan ke divisi rekayasa kendali otomatis dari AEG. Saat AEG dìbeli oleh Daimler pada tahun 1985, nama "Telefunken" dihapus.

Pada tahun 1995, Telefunken dijual ke Tech Sym Corporation (pemilik Continental Electronics Corporation asal Dallas) dengan harga $9 juta. Namun, Telefunken tetap menjadi perusahaan yang didaftarkan di Jerman.[3]

Pada dekade 1970-an dan awal dekade 1980-an, Telefunken juga memainkan peran penting dalam pengembangan sistem pengurangan derau audio berkualitas tinggi, termasuk telcom c4 [de] (dipasarkan sejak tahun 1975), High Com (dipasarkan sejak tahun 1978), High Com II, High Com III, High Com FM, dan CX (1982).

Pada tahun 2005, Telefunken Sender Systeme Berlin diubah namanya menjadi Transradio SenderSysteme Berlin AG. Nama "Transradio" telah ada sejak tahun 1918, saat Transradio didirikan sebagai anak usaha dari Telefunken. Setahun kemudian, Transradio memperkenalkan transmisi dupleks. Transradio kemudian fokus pada riset, pengembangan, dan perancangan sistem penyiaran AM, VHF/FM, dan DRM modern.

Pada bulan Agustus 2006, Telefunken diakuisisi oleh Profilo Telra asal Turki, salah satu produsen televisi terbesar di Eropa, dengan pemilik merek Telefunken, Telefunken Licenses GmbH juga memberi lisensi kepada Profilo Telra untuk dapat menggunakan merek Telefunken pada produk televisinya.

Pada tahun 2000, Toni Roger Fishman mengakuisisi logo dan nama Telefunken dari Telefunken Licenses untuk digunakan di Amerika Utara. "Telefunken USA" [1] kemudian didirikan pada awal tahun 2001 untuk menyediakan jasa perbaikan dan mereproduksi mikrofon Telefunken antik. Pada tahun 2003, Telefunken USA memenangkan TEC Award pada kategori Teknologi Mikrofon Studio atas reproduksi dari sistem Mikrofon Ela M 250 / 251. Telefunken USA kemudian menerima sejumlah nominasi TEC Awards atas sejumlah sistem mikrofon buatannya, yakni Telefunken USA M12 atau C12 (awalnya dikembangkan oleh AKG), R-F-T M16 MkII, dan AK47. Sistem mikrofon Telefunken Ela M251 kemudian dimasukkan ke dalam Hall of Fame milik MIX Foundation pada tahun 2006. Pada tahun 2008, Telefunken USA memenangkan TEC Award kedua atas mikrofon Ela M 260 buatannya.

Sebagai hasil dari konferensi yang digelar di Frankfurt pada bulan Mei 2009, Telefunken USA diubah namanya menjadi Divisi Telefunken Elektroakustik dari Telefunken dan mendapat hak eksklusif untuk memproduksi berbagai macam produk audio profesional dan tabung vakum dengan merek Telefunken di lebih dari 27 negara. Telefunken Elektroakustik kini menggunakan merek Telefunken untuk peralatan audio profesional dan elektronik berbasis komponen, seperti kapasitor, transformator, dan tabung vakum di Asia, Eropa, Amerika Utara, Oseania, dan Amerika Selatan.

Bisnis[sunting | sunting sumber]

Telefunken dulu memproduksi berbagai macam perangkat dan sistem mulai tahun 1903 hingga 1996, terutama teknologi komunikasi dan frekuensi tinggi, serta teknologi infrastruktur yang diperlukan. Antara lain:

  • Teknologi pencahayaan hemat energi
  • Komputer analog
  • Pengenalan voucher, pengenalan pola, dan penyortiran surat
  • Jaringan komunikasi data
  • Komputer digital untuk teknik pertukaran, pemanduan lalu lintas udara, untuk keperluan ilmiah dan militer
  • Elemen listrik
  • Pabrik elektroakustik dan peralatan studio
  • Sistem pemanduan penerbangan
  • Sistem pemanduan dan peluncuran senjata
  • Komunikasi data dan radio untuk keperluan militer
  • Radio untuk otoritas dan radio operasi
  • Semikonduktor, sirkuit, sel surya, modul inframerah
  • Rekayasa radio bergerak
  • Pendeteksi dan pencari arah
  • Fonograf dan dek rekaman, cakram video
  • Peralatan listrik
  • Fasilitas radar untuk pemantauan tanah, penerbangan, dan kapal
  • Radio dan TV rumahan
  • Tabung vakum
  • Teknologi satelit dan tautan relai radio
  • Rekaman
  • Tabung pengirim dan penerima, tabung gelombang berjalan, tabung citra berwarna
  • Pemancar untuk penyiaran dan televisi, pemancar DAB
  • Pengenalan suara
  • Teknologi kabel, lalu lintas jarak jauh, dan telepon.

Lokasi dan pabrik[sunting | sunting sumber]

FE I – televisi pertama buatan Telefunken menggunakan CRT (buatan tahun 1932)[4]

Kantor pusat Telefunken terletak di Berlin Kreuzberg, Hallesches Ufer 30 (1918–37).

Televisi eletronik dengan CRT pertama yang dijual secara komersial, diproduksi oleh Telefunken di Berlin pada tahun 1932.[4]

Mulai tahun 1938, pabrik produksi dan pengembangan dipusatkan di kantor pusat baru (hingga tahun 1945) di Berlin Zehlendorf, Goerzallee.

Selama Perang Dunia II, Telefunken juga memiliki sejumlah pabrik di Berlin, tepatnya di Thuringia, Saxonia, Moravia, Silesia, di Rügen. Selain itu, di negara-negara Baltik, tepatnya di Tallinn dan Riga, serta di Polandia, tepatnya di Kraków dan Łódź. Pabrik tabung vakum Łódź dipindah pada bulan Agustus 1944 ke Ulm (Fortress Wilhelmsburg).

Pasca Perang Dunia II, Telefunken mendirikan lokasi pengembangan dan produksi baru. Telefunken awalnya berlokasi di Berlin-Schöneberg (1945–48), kemudian di Berlin-Kreuzberg (1948–52), lalu di Berlin-Moabit (1952–60), dan du Berlin-Charlottenburg (1960–67).

Sementara pabrik terletak di:

Hanover, Göttinger Chaussee 76: Gedung administrasi (1959/1960) dari Telefunken Fernseh und Rundfunk GmbH (di bawah manajemen peninggalan budaya), tepat di samping Huth Apparatefabrik (1940/1941)
  • Backnang: Teknologi kabel dan komunikasi jarak jauh (kini Tesat-Spacecom)
  • Berlin-Moabit, Sickingenstr. 20-26: Pemancar siaran dan televisi, komunikasi seluler (sejak tahun 2005 menjadi Transradio SenderSysteme Berlin AG, kemudian dikenal sebagai Transradio)
  • Berlin-Moabit, Sickingenstr. 71: Tabung (sejak tahun 2005: JobCenter Berlin Mitte, agen pencari kerja)
  • Berlin-Wedding (saat ini: Gesundbrunnen), Schwedenstr.: Peralatan penyiaran, Fonograf, dek rekaman, perekam kaset video, pemutar kaset video
  • Celle: Televisi berwarna (1966–1997), bangunannya telah dihancurkan pada tahun 2001/2002
  • Eiweiler: Rekayasa berfrekuensi tinggi
  • Hanover, Göttinger Chaussee 76: Peralatan penyiaran dan televisi, rekayasa akustik (hingga tahun 1973)
  • Heilbronn: Semikonduktor, sirkuit, sel surya, modul inframerah (1998–2008 Atmel; sejak tahun 2009 menjadi Telefunken Semiconductors GmbH & Co. KG (anak usaha Tejas Silicon Holdings, Britania Raya; Telefunken Semiconductors menjalani insolvensi pada bulan April 2013)
  • Konstanz: Teknologi komputer, sistem penyortiran surat, teknologi pengenalan karakter, sistem pemanduan lalu lintas udara, dek rekaman studio, mesin ATM
  • Offenburg: Teknologi komunikasi jarak jauh
  • Osterode am Harz (bekas pabrik Kuba-Imperial): Perekam kaset video
  • Ulm, lembah Danube: Tabung gambar televisi
  • Ulm, Elisabethenstrasse: Radar, radiolokasi, peralatan deteksi, sistem transmisi data radio dan suara, Pusat Riset (2000: EADS Racoms – Radio Communication Systems; kemudian Cassidian, bagian dari EADS Defence & Security, kini Airbus Defence and Space)
  • Ulm, Söflinger Strasse: Tabung
  • Wolfenbüttel: Elektroakustik (dari tahun 1973)

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "A SURVEY OF NEW WEST-EUROPEAN DIGITAL COMPUTERS (Part 1): GERMANY" (PDF). Computers and Automation. XII (9): 24. Sep 1963. 
  2. ^ "The first rolling-ball mouse · e-basteln". www.e-basteln.de (dalam bahasa Inggris). 
  3. ^ Wood, James (2000). History of International Broadcasting (dalam bahasa Inggris). IET. ISBN 9780852969205. 
  4. ^ a b Telefunken, Early Electronic TV Gallery, Early Television Foundation.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • M. Friedewald: Telefunken und der deutsche Schiffsfunk 1903–1914. In: Zeitschrift für Unternehmensgeschichte 46. Nr. 1, 2001, S. 27–57
  • M. Fuchs: Georg von Arco (1869–1940) – Ingenieur, Pazifist, Technischer Direktor von Telefunken. Eine Erfinderbiographie. Verlag für Geschichte der Naturwissenschaften und der Technik, Berlin & München: Diepholz 2003
  • L. U. Scholl: Marconi versus Telefunken: Drahtlose Telegraphie und ihre Bedeutung für die Schiffahrt. In: G. Bayerl, W. Weber (ed.): Sozialgeschichte der Technik. Ulrich Troitzsche zum 60. Geburtstag. Waxmann, Münster 1997 (Cottbuser Studien zur Geschichte von Technik, Arbeit und Umwelt, 7)
  • Telefunken Sendertechnik GmbH: 90 Jahre Telefunken. Berlin 1993
  • Erdmann Thiele (ed.): Telefunken nach 100 Jahren – Das Erbe einer deutschen Weltmarke. Nicolaische Verlagsbuchhandlung, Berlin 2003, ISBN 3-87584-961-2

Pranala luar[sunting | sunting sumber]