Tegalan (bentang alam)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Tanah tegalan yang luas di Gurun Wales

Tegalan adalah jenis habitat yang ditemukan di daerah dataran tinggi di padang rumput beriklim sedang, sabana, dan semak belukar dan bioma padang rumput pegunungan dan semak belukar, ditandai dengan vegetasi tumbuh rendah di tanah masam . Tegalan, saat ini, umumnya berarti lahan perbukitan yang tidak digarap (seperti Dartmoor di Inggris Barat Daya ), tetapi juga mencakup lahan basah dataran rendah (seperti Sedgemoor, juga Inggris Barat Daya). Ini terkait erat dengan lahan kosong, meskipun para ahli tidak setuju tentang apa yang membedakan jenis vegetasi ini. Umumnya, tegalan mengacu pada zona dataran tinggi dan curah hujan tinggi, sedangkan lahan kosong mengacu pada zona dataran rendah yang lebih mungkin merupakan hasil aktivitas manusia. Habitat tegalan alami sebagian besar terjadi di Afrika tropis, Eropa utara dan barat, dan Amerika Selatan neotropis . Sebagian besar lahan tegalan di dunia merupakan ekosistem yang beragam. Di dataran luas di daerah tropis, keanekaragaman hayati bisa sangat tinggi. Tegalan juga memiliki hubungan dengan tundra (di mana tanah di bawahnya adalah ibun abadi atau tanah beku permanen), [1]  muncul sebagai tundra dan zona pohon alami. Batas antara tundra dan tegalan terus bergeser dengan perubahan iklim .

Tegalan kosong[sunting | sunting sumber]

Lahan kosong dan tegalan adalah area vegetasi semi-alami yang paling luas di Kepulauan Inggris . Tanah tegalan di Inggris bagian timur mirip dengan padang rumput tetapi dibedakan dengan memiliki tutupan gambut . Di tegalan barat, lapisan gambut mungkin setebal beberapa meter. "Muirs" Skotlandia umumnya adalah semak lahan kosong, tetapi juga memiliki tutupan rumput yang luas, rumput kapas, lumut, pakis dan semak belukar seperti crowberry, dengan tanah tegalan yang lebih basah memiliki lumut sphagnum yang menyatu dengan tanah rawa .

Ada ketidakpastian tentang berapa banyak tegalan yang diciptakan oleh aktivitas manusia. Oliver Rackham menulis bahwa analisis serbuk sari menunjukkan bahwa beberapa tegalan, seperti di pulau-pulau dan ujung utara Skotlandia, jelas alami, tidak pernah memiliki pohon, [2] sedangkan sebagian besar wilayah moorland Pennine berhutan pada zaman Mesolitikum .[3] Berapa banyak deforestasi disebabkan oleh perubahan iklim dan berapa banyak aktivitas manusia tidak pasti.

Ekologi[sunting | sunting sumber]

Berbagai jenis habitat yang berbeda ditemukan di berbagai wilayah dunia tegalan. Bentuk satwa liar dan vegetasi sering menyebabkan endemisme tinggi karena karakteristik tanah dan iklim mikro yang parah. Contohnya adalah Kuda Poni Exmoor, ras kuda langka yang telah beradaptasi dengan kondisi keras di Exmoor Inggris .

Di Eropa, fauna yang berasosiasi terdiri dari jenis burung seperti belibis merah, elang rawa kelabu, alap-alap utara, cerek emas, gajahan eurasia, <i>skylark</i>, pipit paang rumput, <i>whinchat</i>, ouzel cincin, dan <i>twite</i> . Spesies lain mendominasi di tanah tegalan di tempat lain. Reptil sedikit karena kondisi dingin. Di Eropa, hanya ular beludak biasa yang sering ditemukan, meskipun di daerah lain rawa-rawa biasanya menjadi rumah bagi puluhan spesies reptil . Amfibi seperti katak terwakili dengan baik di tanah tegalan. Ketika tanah tegalan digembalakan secara berlebihan, vegetasi kayu sering hilang, digantikan oleh rerumputan dan pakis yang kasar dan tidak enak, dengan fauna yang sangat berkurang.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Rackham_1986
  2. ^ Birks, H.J.B.; Madsen, Barbara J. (1979). "Flandrian Vegetational History of Little Loch Roag, Isle of Lewis, Scotland". Journal of Ecology. 67: 825–842. doi:10.2307/2259217. JSTOR 2259217. 
  3. ^ Turner, Judith; Hodgson, Joyce (1979). "Studies in the Vegetational History of the Northern Pennines: I. Variations in the Composition of the Early Flandrian Forests". Journal of Ecology. 67: 629–646. doi:10.2307/2259117. JSTOR 2259117.