Taman kembara

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Taman kembara udara hutan
Arah tantangan pertualangan luar ruangan unsur tali tinggi di Universitas Florida Tengah
Wisata kanopi di Kosta Rika

Taman kembara[1] atau taman petualangan (bahasa Inggris: Adventure park) adalah tempat yang digunakan untuk berbagai kegiatan, seperti latihan panjat tali (rope climbing), rintangan (obstacle course), panjat batu besar (bouldering), panjat tebing, kegiatan berorientasikan sasaran, dan luncur gantung (flying fox). Ini biasanya digunakan untuk tujuan rekreasi, mewujudkan semangat, dan kegiatan yang sering ditemukan di kamp luar ruangan dan kemudahan pendidikan, tanpa komponen pendidikan yang dipermudah.

Taman kembara "berorientasikan rekreasi" biasanya dirancang untuk jumlah pengunjung yang lebih besar. Taman ini tidak mengikuti konsep pendidikan tertentu, tetapi melihat tantangan individu, fisik, dan mental sebagai kegiatan yang didominasi rekreasi. Baik teknik pendakian maupun pengalaman kebugaran khusus/spesifik tidak diperlukan. Slogan-slogan yang khas di taman ini, misalnya Bersenang-senang, Uji Keberanian Anda, Atasi Ketakutan Anda Sendiri, Berada di Luar, Berada di Alam, Lakukan Beberapa Kegiatan Fisik, dan lain-lain.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Taman kembara Treetop di Bali

Tidak jelas di manakah dan kapankah kursus tali (rope course) pertama kalinya dibuat. Kursus tali dibangun di Prancis pada tahun 1875 dan digunakan khususnya sebagai kegiatan tantangan fisik bagi para peserta. Selama Perang Dunia Kedua, kursus tali digunakan sebagai program rintangan untuk meningkatkan kebugaran fisik tentara Inggris.

Pada pertengahan 1960-an, kursus tali menjadi komponen utama seminar luar ruangan di Amerika Serikat.

Dalam beberapa tahun terakhir,[per kapan?] taman kembara yang berorientasikan rekreasi dikembangkan. Pasar ini telah berkembang pesat khususnya di negara-negara Eropa dan Asia.[butuh rujukan]

Kegiatan luar ruangan yang berkaitan[sunting | sunting sumber]

Seperti yang telah disebutkan,Templat:What? kursus tali sering kali merupakan kegiatan untuk pengembangan pribadi luar ruangan dan pembinaan regu dengan jumlah peserta yang relatif sedikit.Templat:Or-inline Beberapa taman menawarkan keduanya yaitu bagian rekreasi dan bagian pembinaan regu.

Wisata kanopi ialah sejenis luncur gantung tempat seseorang memegang kabel baja dan didorong gravitasi dari suatu tempat ke tempat yang tinggi di pepohonan kanopi hutan yang lebat. Walaupun dimulai jauh ke dalam sejarah untuk keperluan sipil dan bahkan ilmiah, ini sekarang digunakan untuk rekreasi dan telah menciptakan kegiatan batu untuk industri pariwisata.[butuh rujukan]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]