Taman Wisata Perairan Pulau Pieh

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Taman Wisata Perairan Pulau Pieh (TWP Pulau Pieh) adalah taman wisata perairan yang ada di Kota Pariaman, Provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Lahan yang ditempati oleh TWP Pulau Pieh seluas 39.900 hektare. Penetapan TWP Pulau Pieh diatur secara hukum berdasarkan Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan No 70/Men/2009. Pengelolaan TWP Pulau Pieh diatur dalam Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan No 38 Tahun 2014. Dalam sistem koordinat geografi, TWP Pulau Pieh berada di garis lintang 000 45’ 10” – 010 03’ 08” Lintang Selatan dan garis bujur 990 59’ 36”- 1000 59’ 28” Bujur Timur.[1] Ekosistem di TWP Pulau Pieh yang utama adalah terumbu karang. Di dalam TWP Pulau Pieh terdapat habitat dari biota laut. Jenis ikan yang hidup di TWP Pulau Pieh ada 53 spesies. Sebagian besar jenis ikan termasuk jenis bentos. Selain itu, ada pula bintang laut bulu seribu, lobster, udang karang kecil, bulu babi hitam, bulu babi pensil, teripang, kima, lola, siput karang dan karang jamur. TWP Pulau Pieh juga menjadi habitat alami bagi dua jenis penyu yang terancam mengalami kepunahan yaitu penyu hijau dan penyu sisik. Kawasan TWP Pulau Pieh terdiri dari beberapa pulau, yaitu Pulau Pieh, Pulau Toran, Pulau Pandan, Pulau Bando dan Pulau Air. Semua pulau ini merupakan pulau tak berpenghuni. Pengawasan dan penjagaan TWP Pulau Pieh dilakukan dengan mendirikan pos jaga dan menugaskan beberapa penjaga di masing-masing pulau. Lahan daratan di TWP Pulau Pieh dimanfaatkan oleh para pemilik pulau untuk menanam dan memanen komoditas berupa kelapa. Sedangkan perairan dimanfaatkan oleh para nelayan dari Kota Padang dan Kabupaten Padang Pariaman untuk melakukan perikanan tangkap. Permasalahan lingkungan di TWP Perairan Pulau Pieh adalah pengambilan telur dan penangkapan penyu serta adanya pemangsa penyu.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Data Kawasan Konservasi TWP Pulau Pieh". kkji.kp3k.kkp.go.id. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-07-11. Diakses tanggal 12 Juli 2021. 
  2. ^ Loka Kawasan Konservasi Perairan Nasional Pekanbaru (2015). Profil Pengelolaan Taman Wisata Perairan Pieh dan Anambas (PDF). Pekanbaru: Loka Kawasan Konservasi Perairan Nasional Pekanbaru. hlm. 13–14.