Taman Wisata Perairan Kepulauan Anambas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Taman Wisata Perairan Kepulauan Anambas (TWP Kepulauan Anambas) adalah taman wisata perairan yang ada di Kepulauan Riau. Dasar hukum penetapannya yang pertama kali adalah Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan No 35/MEN/2011. Dasar hukum ini kemudian diperbaharui melalui Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan No 37 Tahun 2014. Sedangkan pengelolaan TWP Kepulauan Anamabas diatur dalam Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan No 53 Tahun 2014. Wilayah yang ditempati oleh TWP Kepulauan Anambas seluas 1.262.686,20 hektare.[1] Dalam pembagian administratif Indonesia, TWP Kepulauan Anambas masuk ke dalam wilayah Kabupaten Kepulauan Anambas. Letak TWP Kepulauan Anambas berbatasan langsung dengan negara Malaysia. TWP Kepulauan Anambas mempunyai ekosistem terumbu karang seluas 3.705,84 hektar. Kawasan TWP Kepulauan Anambas terdiri dari ratusan pulau berukuran kecil dengan status pulau berpenghuni maupun pulau tak berpenghuni. TWP Kepulauan Anambas mempunyai ekosistem terumbu karang seluas 3.705,84 hektare yang mengelilingi pulau-pulau kecil. Jenis-jenis terumbu karang dibedakan menjadi terumbu karang tepi, terumbu karang penghalang, dan terumbu karang cincin. TWP Kepulauan Anambas menjadi habitat bagi ikan terumbu karang dengan pusatnya di sekitar Pulau Dara, Pulau Penjalin Kecil, Pulau Sagudampar, Pulau Ujung, dan Tanjung Kuala Maras. Secara umum, ikan yang hidup dari jenis bentos yaitu kima, teripang, landak laut, dan bintang laut. Selain itu ada hewan endemik yaitu ikan Napoleon, penyu hijau dan penyu sisik, khususnya di pesisir pantai Pulau Durai dan Pulau Pahat. TWP Kepulauan Anambas juga menjadi tempat bertelur bagi penyu khususnya di Pulau Mangkai dan Pulau Keramut. Selain terumbu karang, di TWP Kepulauan Anambas juga ada ekosistem padang lamun dengan tiga jenis lamun serta hutan bakau dengan jenis api-api, bakau dan pidada.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Data Kawasan Konservasi Taman Wisata Kep. Anambas". kkji.kp3k.kkp.go.id. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-07-11. Diakses tanggal 11 Juli 2021. 
  2. ^ Loka Kawasan Konservasi Perairan Nasional Pekanbaru (2015). Profil Pengelolaan Taman Wisata Perairan Pieh dan Anambas (PDF). Pekanbaru: Loka Kawasan Konservasi Perairan Nasional Pekanbaru. hlm. 13–14.