Taman Laut Karaburun-Sazan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Taman Laut Karaburun-Sazan
IUCN Kategori II (Taman Nasional)
Peta memperlihatkan letak Taman Laut Karaburun-Sazan
Peta memperlihatkan letak Taman Laut Karaburun-Sazan
Peta memperlihatkan letak Taman Laut Karaburun-Sazan
Peta memperlihatkan letak Taman Laut Karaburun-Sazan
Lokasi di Albania
LetakCounty Vlorë
Kota terdekatVlorë, Orikum
Luas12,57082 hektare (0,1257082 km2)[1]
Didirikan28 April 2010[1]
Pihak pengelolaBadan Nasional Kawasan Lindung
www.karaburunsazanmpa.com
Peta

Taman Laut Karaburun-Sazan (bahasa Albania: Parku Detar Karaburun-Sazan) adalah sebuah taman laut di County Vlorë, barat daya Albania. Taman laut ini mencakup area seluas lebih dari 12.570 km2 (4.850 sq mi), dibatasi oleh Semenanjung Karaburun dan Pulau Sazan. Di taman ini terdapat berbagai bentang alam, termasuk gunung, gua, pulau, depresi, teluk, tebing, ngarai, dan pantai berbatu, semuanya berkontribusi pada keanekaragaman hayati yang berlimpah di taman ini.[1] Taman laut ini telah diidentifikasi sebagai Kawasan Burung dan Tumbuhan Penting, karena merupakan habitat penting dari sejumlah besar spesies burung dan tumbuhan.[2][3] Taman laut ini juga menjadi penyokong ekosistem dan habitat khusus Cekungan Mediterania, sehingga konvensi Barcelona telah mengklasifikasikan taman laut ini sebagai Kawasan Lindung Khusus Penting di Mediterania.[4]

Semenanjung Karaburun sebagian besar merupakan daerah berbukit yang secara geologis merupakan kelanjutan dari Pegunungan Ceraunia, barisan pegunungan yang menjulang tepat di sepanjang Laut Ionia. Puncaknya menggabungkan garis barat laut-tenggara dengan serangkaian puncak yang berbeda di sepanjang strukturnya yang tidak beraturan yang dipecah oleh lereng yang curam dan tidak beraturan. Lanskap pesisir ditandai dengan relief kasar dan tebing kapur, yang menjorok secara vertikal ke laut.[5] Pulau Sazan yang tidak berpenghuni terutama terdiri dari batuan kapur yang terbentuk selama periode Kapur. Perairan Mezokanal di selatan memisahkan pulau dari semenanjung. Fitur paling khas dari pulau ini adalah iklimnya yang unik. Pulau ini tidak beriklim mediterania melainkan subtropis dengan musim dingin yang hangat dan musim panas yang relatif panas, menyerupai iklim di selatan Kreta, Tunisia, dan Mesir.

Taman laut ini memiliki bentang alam beragam, dengan vegetasi dan keanekaragaman hayati yang besar.[6] Ratusan spesies mamalia, burung, ikan, dan reptil telah didokumentasikan, termasuk beberapa yang terancam punah atau terancam. Hampir 55 spesies mamalia, 105 spesies burung, 28 spesies reptil dan 10 spesies amfibi diketahui terdapat di semenanjung ini, sedangkan pulaunya merupakan habitat dari 15 spesies mamalia, 39 spesies burung, 8 spesies reptil, 1 spesies amfibi dan juga 122 spesies invertebrata.[7][8]

Galeri[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c "Management Plan for National Marine Park Karaburun-Sazan" (PDF). mcpa.iwlearn.org (dalam bahasa English). hlm. 10. 
  2. ^ BirdLife International. "Vlora Bay, Karaburun Peninsula and Cika mountain". datazone.birdlife.org (dalam bahasa English). 
  3. ^ IUCN, World Wide Fund for Nature, Plantlife. "Important Plant Areas of the south and east Mediterranean region" (PDF). portals.iucn.org (dalam bahasa English). hlm. 75. 
  4. ^ "Specially Protected Areas of Mediterranean Importance (SPAMIs)" (PDF). rac-spa.org (dalam bahasa English). 
  5. ^ "Management Plan for National Marine Park Karaburun-Sazan", mcpa.iwlearn.org (PDF) (dalam bahasa English), hlm. 28 
  6. ^ "Management Plan for National Marine Park Karaburun-Sazan" (PDF). mcpa.iwlearn.org (dalam bahasa English). hlm. 28 & 29. 
  7. ^ "Management Plan Llogora-Rreza e Kanalit-Dukat -Orikum-TragjasRadhime-Karaburun Complex Site" (PDF). vinc.s.free.fr (dalam bahasa English). hlm. 76. 
  8. ^ Agjencia Kombëtare e Bregdetit. "MANAGEMENT PLAN FOR SAZANI ISLAND, ALBANIA" (PDF). bregdeti.gov.al (dalam bahasa English). hlm. 27–35. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 40°26′0″N 19°18′0″E / 40.43333°N 19.30000°E / 40.43333; 19.30000